knalpot srigala

Cara Mudah Membuat Knalpot Srigala di Rumah

Akhir-akhir ini knalpot srigala sedang ramai dibicarakan di sosial media. Peminat knalpot ini mendadak naik dikarenakan knalpot jenis ini memiliki karakter suara yang berbeda dari suara knalpot pada umumnya.

Seperti nama yang diberikan, karakter suara yang keluar dari knalpot kendaraan roda empat atau lebih ini memang terdengar seperti suara srigala.

Knalpot model yang satu ini memiliki beberapa variasi yang berbeda. Namun, secara keseluruhan, suara yang dihasilkan tidak jauh berbeda. Hal itu dikarenakan material dan struktur knalpot dari masing-masing variasi knalpot tidak jauh berbeda. Satu-satunya yang membedakan biasanya hanyalah ukuran dari knalpot tersebut.

Cara Mudah Membuat Knalpot Srigala di Rumah

Belum banyak produsen knalpot yang mengeluarkan knalpot jenis yang satu ini. Namun, untuk dapat menemukan toko yang menjual knalpot jenis ini bukanlah hal yang susah.

Tersedia berbagai jenis dengan rentang harga yang beragam di toko online dan offline. Namun, bagi yang penasaran ingin membuatnya sendiri, bisa mengikuti cara berikut ini.

  • Menyiapkan Bahan

Sebelum memulai untuk membuat knalpot srigala, ada beberapa bahan yang harus terlebih dahulu disiapkan. Bahan yang dipersiapkan ini tidak mutlak harus persis. Namun akan lebih baik jika memilih bahan yang berbeda, bahan tersebut tidak memiliki perbedaan yang terlalu jauh dengan material berikut ini :

  • Plat besi dengan tebal 1,2 mm.
  • Tabung besi dari pipa. Jika tidak, bisa menggunakan plat setebal 1,2 mm yang dibentuk menjadi tabung. Buatlah dengan panjang 12 cm dan diameter 20 cm.
  • Kerucut atas yang terbuat dari plat besi dengan tebal 1,2 mm. Diameter 15 cm dan tinggi 3,5 cm.
  • Kerucut bawah dengan diameter 25 cm.
  • Sarangan dengan panjang 12 cm dan lubang 7 mm.
Viral :   Cara Mematikan Lampu ABS Pada Mobil

Pastikan semua bahan sudah lengkap. Jika menginginkan hasil maksimal, pastikan juga bahan dalam keadaan bagus. Sebab selama proses pembuatan nantinya, ketahanan dari bahan juga berpengaruh. Bahan yang jelek akan membuat kesulitan dalam proses pembentukan dan pengelasan.

  • Proses Pembuatan

Setelah bahan-bahan lengkap, hal yang perlu dilakukan selanjutnya hanyalah merangkai. Ada beberapa langkah yang harus diikuti supaya knalpot dapat berfungsi dengan baik. Salah dalam melakukannya, dapat membuat karakter suara dari knalpot srigala ini tidak keluar.

Langkah-langkah yang sebaiknya diikuti sebagai berikut :

  • Lengkungkan sedikit ujung pipa yang berbentuk tabung pada bagian atas dan juga bawahnya.
  • Lengkungkan ujung kerucut bawah pada bagian dalam dan luarnya.
  • Lengkungkan ujung kerucut atas pada bagian dalam dan luaarnya.
  • Buat lempengan besi menjadi berbentuk tabung dengan ujung yang terbuka. Buat tabung tersebut dengan ukuran lebih kecil dari pipa tabung tapi dengan ukuran lebih panjang. Lempengan ini nanti akan menjadi bagian yang tersambung dengan knalpot kendaraan.
  • Satukan semua bagian tersebut dengan cara mengelasnya.
  • Setelah semuanya tersusun, masukkanlah sarangan ke dalam tabung.
  • Untuk hasil yang maksimal bisa dilakukan proses penghalusan dan pengecatan.
Viral :   Sebelum Memilih Bus Primajasa, Ketahui Fasilitasnya Berikut Ini

Setelah semuanya selesai, yang perlu dilakukan selanjutnya adalah memasangnya. Namun, sebelum memasang knalpot tersebut, pastikan terlebih dahulu ukuran ujung knalpot. Jika ukurannya belum cocok, lakukan terlebih dahulu penyesuaian terhadap ukuran ujung knalpot.

Jika sudah cocok ukurannya, satukanlah ujung knalpot dengan cara mengelasnya. Pastikan sambungan tidak bocor sehingga suara yang keluar menjadi maksimal. Hal itu bisa dites dengan cara menghidupkan mesin. Jika semuanya sudah beres, knalpot srigala sudah bisa dicoba untuk berkeliling di jalan raya