Tiket bus

Bebas Antrean, Begini Cara Beli Tiket Bus secara Online

Tiket bus merupakan hal penting yang harus didapatkan sebelum Anda naik kendaraan tersebut. Pemesanan tiket sebelum bepergian akan menentukan kenyamanan tempat duduk Anda. Hal ini tidak hanya berlaku pada bus saja, tetapi juga pada alat transportasi yang lainnya juga.

Seiring perkembangan zaman, pembelian tiket moda transportasi semakin dipermudah dengan melalui teknologi. Pemesanan tiket tidak lagi perlu menunggu antrean di terminal lagi.

Meskipun cara ini sampai sekarang juga masih disediakan, sudah banyak agen-agen penyedia tiket yang juga menyediakan tiket untuk bus. Selain itu, perkembangan aplikasi-aplikasi pembelian tiket juga semakin maju sehingga telah dapat digunakan untuk memesan tiket perjalanan menggunakan bus.

Cara Beli Tiket Bus secara Online

Segala kebutuhan perjalanan, seperti tiket moda transportasi, saat ini telah mudah untuk didapatkan. Bahkan, tanpa perlu keluar rumah, Anda sudah dapat membelinya.

Berkat kemajuan teknologi terkini, pembelian tiket dapat dilakukan secara online yang membuatnya semakin mudah. Untuk pembelian tiket secara online, setelah sampai di terminal, Anda perlu untuk menukarkan tiket elektronik terlebih dahulu.

  1. Melalui Aplikasi

Aplikasi pemesanan tiket saat ini banyak sekali pilihannya. Namun, yang telah menyediakan pemesanan tiket untuk bus masih terbatas. Aplikasi yang menyediakan layanan ini antara lain Traveloka, RedBus dan Easybook.

Viral :   Begini Cara Mudah Memilih Kaca Film Mobil Berkualitas

Untuk mendapatkan aplikasi-aplikasi tersebut, Anda dapat mengunduhnya di Play Store jika menggunakan smartphone berbasis Android dan di App Store jika menggunakan iOS.

Pada setiap aplikasi, akan ada pilihan menu untuk melakukan pembelian tiket bus sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cara pembeliannya pun hampir sama. Hal pertama yang dilakukan adalah memasukkan informasi dasar seperti lokasi dan tanggal keberangkatan, kota tujuan, dan jumlah penumpang. Kemudian, Anda akan dibawa ke halaman selanjutnya yang menunjukkan pilihan bus dan harga. Selanjutnya, tinggal klik dan bayar.

  1. Melalui Website Resmi Perusahaan Otobus

Beberapa perusahaan otobus (PO) besar telah memiliki website resmi mereka agar informasi mudah didapatkan oleh konsumen. Selain itu, pada website resmi ini juga diberikan layanan pembelian tiket secara online yang mudah dilakukan.

Tidak hanya perusahaan PO, pembelian tiket secara online ini juga disediakan oleh website khusus yang menyediakan tiket untuk bus, misalnya Ayobis dan Bosbis. Kedua website tersebut memberikan layanan pembelian tiket yang dapat diakses dengan mudah.

Cara pembeliannya juga hampir sama. Anda cukup masuk ke salah satu website tersebut. Kemudian, masukkan informasi dasar yang diminta, seperti tempat dan tanggal keberangkatan.

Anda akan dibawa ke halaman daftar PO yang bekerja sama dengan website tersebut. Tinggal pilih PO-nya, jadwal dan harga, kemudian lakukan pembayaran.

Viral :   Cara Memeriksa Radiator Sepeda Motor dan Tips Merawatnya

Sedangkan PO yang mempunyai website resmi, misalnya Harapan Jaya, Primadona, Borlindo, Lorena, Rosalia Indah, dan masih banyak lainnya. Cara pembeliannya sama dengan website pembelian tiket lainnya.

Tinggal Anda masuk ke website PO yang telah ditentukan, kemudian lakukan pemesanan dan pembayaran, maka Anda akan mendapatkan tiket elektronik.

  1. Melalui WhatsApp

Pemesanan tiket bus yang paling mudah yaitu melalui aplikasi WhatsApp. Namun, sayangnya tidak semua PO memberikan layanan melalui aplikasi ini. Alasannya yaitu demi keamanan dan kenyamanan kedua belah pihak.

Meskipun begitu, tidak ada salahnya untuk melakukan pemesanan tiket melalui WhatsApp karena memang paling mudah dan cepat.

Untuk mendapatkan nomor WhatsApp ini, biasanya Anda bisa melihatnya di media sosial PO tersebut. Nomor yang disertakan dapat Anda hubungi untuk membantu dalam pemesanan tiket.

Caranya adalah hubungi nomor tersebut, kemudian ikuti instruksinya. Biasanya, Anda perlu memasukkan informasi tanggal keberangkatan dan tujuan Anda pergi. Untuk tempat keberangkatan, biasanya PO ini telah menentukan poin-poin start mereka.

Selain melalui ketiga cara di atas, Anda juga dapat melakukan pemesanan tiket bus melalui media sosial secara langsung. Saat ini, media sosial telah memiliki sistem pembelian yang terintegrasi dengan baik sehingga dapat melayani pembelian tiket.