travel bus

Tips Memilih Travel Bus yang Aman dan Nyaman

Menggunakan travel bus sama seperti halnya naik angkutan perjalanan lainnya, di mana sisi keamanan dan kenyamanan merupakan hal penting. Tidak seperti bus penumpang yang bisa Anda hentikan di tengah jalan, travel ini biasanya memerlukan pemesanan tiket terlebih dahulu.

Selain itu, tidak semua bus menyediakan layanan rute perjalanan yang jauh. Hanya PO tertentu yang akan memberikan layanan tersebut. Namun begitu, saat ini telah banyak pilihannya.

Berwisata ataupun melakukan perjalanan dengan menggunakan bus bukanlah hal yang baru, tentunya. Ketika Anda masih sekolah, saat ada liburan bersama pun biasanya sudah menggunakan angkutan bus ini.

Namun begitu, waktu di sekolah dengan kehidupan yang sekarang tentu akan berbeda. Kalau dulu tinggal naik saja, maka sekarang untuk memilihnya pun harus Anda lakukan sendiri.

Tips Memilih Travel Bus

Memilih bus sebagai teman perjalanan memanglah bukan pilihan satu-satunya karena saat ini, banyak sekali moda transportasi yang  bisa dipilih. Namun begitu, bus juga masih banyak digunakan, bahkan untuk keperluan perjalanan antar provinsi.

Untuk itu, tetap aman dan nyaman selama perjalanan akan memberikan pengalaman yang menyenangkan. Apalagi, Anda juga dapat bercengkerama dengan kenalan baru dan menikmati pemandangan di perjalanan.

  1. Beli Tiket di Tempat Resmi

Membeli tiket di tempat resmi akan memberikan jaminan keamanan dibandingkan Anda mendapatkannya dari calo. Untuk dapat membeli tiketnya, saat ini sudah banyak pilihan, mulai dari website hingga mendatangi perusahaan otobus (PO) nya.

Viral :   Sudah Teruji ! Inilah Trik Cara Menghilangkan Bekas Noda Cover Mobil

Memesannya terlebih dahulu akan memberikan kepastian mendapatkan armada dan tempat duduk yang sesuai dengan pilihan Anda.

Pada dasarnya, pembelian tiket travel bus juga dapat dibeli saat di dalam kendaraan. Namun, alangkah lebih baik untuk melakukan pemesanan untuk menjamin keberangkatan Anda.

  1. Hindari Harga yang Terlalu Murah

Harga tiket bus biasanya ditawarkan dengan besaran yang bervariasi. Apalagi jika banyak calo yang bertebaran, tentu harganya akan dimainkan oleh mereka. Untuk itu, ketahuilah terlebih dahulu kisaran harga tiket yang akan dibeli sesuai dengan tujuan perjalanan Anda. Cara ini akan melindungi Anda dari penipuan saat membeli tiket bus.

Selain itu, tidak hanya harga yang terlalu mahal, harga yang kelewat murah juga perlu dicurigai. Jika Anda menggunakan travel bus untuk melakukan perjalanan yang jauh, tidak mungkin harga yang ditawarkan akan murah sekali.

Jika ada yang menawarkan harga super murah, bisa-bisa keamanan Anda dipertaruhkan karena kondisi bus yang tidak layak beroperasi lagi. Untuk itu, jangan mudah tertipu harga yang ditawarkan.

  1. Ketahui Pengalaman PO

Sebagai moda transportasi umum, perusahaan yang menaungi bus tentu saja memiliki pengalaman yang mumpuni untuk dapat melakukan perjalanan ke berbagai daerah.

Viral :   Tips Memilih Speaker Mobil Bagus dan Berkualitas

Namun begitu, tidak ada kendaraan umum yang benar-benar memberikan keamanan 100 persen. Oleh karena itu, carilah informasi tentang pengalaman bus yang akan Anda naiki.

Bagaimana riwayat perjalanan mereka, apakah pernah mengalami kecelakaan atau tidak perlu diketahui. Hal ini berhubungan keselamatan dan keamanan Anda selama perjalanan.

Selain itu, ketahui juga fasilitas yang diberikan kepada penumpang mereka saat di perjalanan. Apalagi jika perjalanan Anda memakan waktu yang lama. Biasanya, busa akan berhenti di tempat tertentu untuk beristirahat atau makan.

  1. Pilih Posisi Tempat yang Nyaman

Mendapatkan posisi tempat duduk yang tepat akan membuat perjalanan Anda semakin nyaman. Tempat duduk yang berada di atas roda bagi sebagian orang membuat tidak nyaman, apalagi jika sering mabuk darat.

Menghindari tempat tersebut adalah solusinya. Namun, ada sebagian yang lain juga menyukai posisi kursi ini karena memberikan kenyamanan bagi mereka, apalagi jika dekat dengan jendela.

Tempat duduk yang dekat dengan jendela akan memberikan Anda pengalaman yang seru karena dapat menikmati pemandangan atau lalu lalang kendaraan lain dan mengetahui kondisi selama perjalanan.

Selain itu, jika travel bus yang Anda tumpangi dilengkapi dengan toilet, pilihlah tempat duduk yang jauh dari bagian tersebut. Hal itu agar Anda tidak terganggu bau akibat seringnya toilet tersebut digunakan.

Kata Pencariancara memilih transportasi travel yang amn