Bus Primajasa

Sebelum Memilih Bus Primajasa, Ketahui Fasilitasnya Berikut Ini!

Bus Primajasa merupakan salah satu angkutan yang dapat Anda pilih ketika ingin bepergian ke Bogor dan Tangerang melalui Jakarta. Ketika baru berdiri pada tahun 1991, perusahaan otobus (PO) Primajasa hanya bergerak pada bidang pariwisata. Armada busnya pun hanya berjumlah 25 buah.

Namun, seiring berkembangnya perusahaan ini, mereka tidak hanya menyediakan bus untuk keperluan wisata saja, tetapi juga untuk angkutan umum penumpang.

Primajasa memiliki berbagai sub bisnis yaitu angkutan antar kota, antar provinsi, taksi, bus wisata dan layanan bus antar jemput. Sebagai angkutan yang telah berpengalaman selama 30 tahun, perusahaan ini sudah terpercaya dan memiliki berbagai fasilitas penunjang yang membuat penumpang mereka merasa nyaman dan aman.

Fasilitas Bus Primajasa

Jenis angkutan bus yang disediakan oleh Primajasa sendiri dibagi dalam berbagai kelas. Hal ini dilakukan untuk memberikan pilihan dan kemudahan kepada konsumen yang ingin menggunakan sehingga diharapkan dapat sesuai dengan keinginan mereka.

Dengan adanya berbagai kelas pilihan, tentu fasilitas yang didapatkan pun juga berbeda, tergantung dari yang dipilih.

  1. Bus Super Eksekutif

Sebagai bus super eksekutif, Primajasa hanya memberikan kapasitas penumpang maksimal 39 kursi dengan konfigurasi 2-2 sehingga ruangan menjadi lebih lega.

Kombinasi ruangan yang lega dan AC membuat kabin akan terasa cukup sejuk. Anda tidak perlu lagi khawatir akan kepanasan saat perjalanan. Selain itu, juga tersedia toilet dan smoking area.

Kursi penumpang dapat diatur sesuai dengan tingkat kenyamanan (reclining seat). Selain itu, pada setiap kursinya juga dilengkapi dengan arm rest yang dapat digunakan untuk menyandarkan tangan.

Selama perjalanan, Anda juga akan mendapatkan air minum sebagai fasilitas yang mereka berikan. Untuk sisi hiburan, tersedia televisi yang dapat menemani Anda selama perjalanan.

  1. Bus AC Bisnis

Tidak hanya memberikan pilihan kelas yang super eksekutif saja, bus Primajasa juga menyediakan kelas AC Bisnis yang dapat dipilih. Untuk kelas ini, penumpang akan mendapatkan fasilitas kabin ber-AC.

Kapasitas maksimal yaitu 45 kursi dengan konfigurasi 2-2. Selain itu, kursi penumpang juga dapat diatur sesuai dengan tingkat kenyamanan.

Pada sisi hiburan, bus ini juga dilengkapi dengan televisi yang menemani Anda selama perjalanan sehingga tidak bosan. Selain itu, pada bus ini juga tersedia toilet dan smoking area. Untuk bus kelas AC Bisnis ini, tarif yang berlaku yaitu sesuai dengan kawasan yang dituju.

  1. Bus AC Ekonomi

Primajasa juga memberikan pilihan bus AC ekonomi untuk konsumen mereka yang tidak ingin menumpang di kelas eksekutif dan bisnis.

Untuk menjamin kenyamanan selama di perjalanan, kelas ekonomi ini dilengkapi dengan kabin yang ber-AC sehingga ruang menjadi sejuk. Kapasitas penumpangnya yaitu hingga 59 kursi dengan konfigurasi 2-3.

Meskipun memiliki kapasitasnya banyak, bus ini tetap mengutamakan kenyamanan. Sedangkan untuk tarifnya sendiri adalah menyesuaikan dengan tarif kawasan, artinya tergantung dari jarak yang Anda tempuh.

  1. Redwhite Star Shuttle

Selain menyediakan angkutan dengan kapasitas penumpang yang besar, bus Primajasa juga menyediakan shuttle untuk kapasitas yang terbatas, yaitu Redwhite Star Shuttle. Sebagai kendaraan /shuttle, mobil yang digunakan yaitu jenis Toyota Hi Ace.

Viral :   Cara Membeli Mobil Lelang Yang Mudah & Terpercaya

Fasilitas yang didapatkan oleh penumpang selama di perjalanan yaitu ruangan yang ber-AC. Selain itu, juga mendapatkan air minum.

Mobil juga dilengkapi dengan USB charger yang memudahkan Anda untuk mengisi daya smartphone jika habis selama perjalanan. Tidak hanya itu, mobil ini juga dilengkapi dengan captain seat. Layanannya sendiri yaitu menghubungkan antar kota di dalam wilayah Banten, Jabodetabek, dan Jawa Barat.

Bus primajasa sendiri saat ini telah melayani lebih dari 20 rute perjalanan. Tidak hanya Jakarta saja, tetapi juga untuk tujuan Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Banten, dan kawasan sekitar Jawa Barat. Selain sebagai angkutan penumpang umum, Primajasa juga melayani penyewaan.

Tips perjalanan jauh dengan bus Primajasa ketika traveling

Jika anda ingin liburan dengan bus namun takut mabuk darat, anda bisa menerapkan beberapa tips yang sudah kami sediakan. Dengan menerapkan tips sederhana ini maka liburan anda dijamin akan berjalan lancar tanpa kendala kesehatan. Anda pun bisa sampai d lokasi dalam kondisi prima sehingga bisa menikmati setiap sudut destinasi wisata. Liburan menggunakan bus umumnya menjadi andalan banyak wisatawan. Selain harganya yang juga relatif murah daripada kereta api dan pesawat, perjalanan naik bus ternyata sangat menyenangkan bagi sebagian kalangan. Ketika naik bus, tentunya anda dapat menikmati pemandangan di sekitar dengan cukuo leluasa. Akan tetapi naik busa juga memiliki resiko badan pegal-pegal, masuk angin sampai mabuk darat sebab waktu tempuhnya yang lumayan lama.

Nah untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan, anda bisa menerapkan beberapa tips liburan dengan bus supaya perjalanan anda terasa nyaman sampai ke tujuan. Yuk simak ulasannya sampai tuntas!

  • Berdoa sebelum berangkat

Tips pertama yang perjalanan jauh ketika naik bus ialah membaca doa menurut keyakinan masing-masing. Sebagi orang yang berimana, tentu kita percaya bahwa segala sesuatu kejadian di muka bumi ini sudah di atur oleh Tuhan,. Maka dari itu sebeum berangkat sebaiknya berdoa kepada Tuhan meminta keselamatan serta kelancaran selama perjalanan mudik naik bus.

  • Pilih armada bus yang nyaman sesuai dengan selera

Ada cukup banyak pilihan jenis armada bus yang dapat anda jadikan oilihan, mulai dari kelas ekonomi, bisnis sampai eksekutif dengan berbagai fasilitas yang juga berbeda-beda. Pilihan tempat duduknya pun cukup beragam yakni 2-2 atau 2-3. Nah demi kenyamanan saat perjalanan, sebiaknya pilih bus yang sesuai dengan selera dan budget anda.

Kami menyerankan, jika anda ingin melakukan perjalanan yang jauh antar pulau misalnya, lebih baik memilih bus yang eksekutif dengan fasilitas TV, AC, WIFI, toilet, set tempat duduk 2-2 dan lain sebagianya. Akan tetapi, kembali lagi pada selera masing-masing sebab biasnya ada sebagian orang yang justru kurang suka dengan naik bus yang ber-AC. Hal terpenting yang perlu digaris bawahi ialag pilihlah bus yang membuat perjalanan anda menjadi nyaman dan juga menyenangkan.

  • Cari informasi rute perjalanan bus Primajasa dengan lengkap

Sebelum anda membeli tiket, tanykanlah secara lengkap terkait seluk beluk rute perjalanan bus yang akan anda naiki, misalnya jadwal keberangkatan, lokasi naik dan turun, rute perjalanan dan berapa kali bus akan berhenti selama perjalanan nanti. Tentu berbeda dengan kereta api ataupun pesawat, dimana naik bus umum biasanya akan lebih fleksibel ingin tuun dimana. Ana dapat memilih lokasi turun yang dekat denan objek wisata tujuan ataupun titik jemput.

  • Beli tiket resmi Bus Primajasa

Tips perjalanan jauh dengan bus selanjutnya adalah membeli tiket secara resmi dan hindarilah membeli tiket melalui calo. Periksa kredibilitas armada bus yang anda pilih, minimal melalui google, apakah layak jalan ataukah sebaliknya, serta supirnya ugal-ugalan ataukah tidak. Ingat, keselamatan anda adalah hal yang penting dan utama. Tidak mengapa perjalana pelan dan membayar lebih mahal asalkan keselamatan. Samoai tujuan terjamin.

  • Persiapkan tenaga serta fisik sebelum keberangkatan

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa perjalan jauh dengan bus memiliki tantangan ataupun resiko tersendiri yakni kelelahan fisik sebab waktu serta jarak tempu yang tidak sebentar. Contohnya saja, jika anda akan berlibur ke jogja dari jakarata berarti anda akan menempuh perjalanan kurang lebih 12 hingga 15 jam an di dalam bus. Lama bukan? Maka dari itu persiapkan kondisi tubuh dalam kondisi yang prima dengan tidur cukup serta mengkonsumsi makanan yng bergizi sebelum keberangkatan.

Viral :   Cara Mengatasi Karburator Banjir Tanpa Bongkar

Jika jadwal keberangkatan anda pagi, pastikan anda sudah packing jauh-jauh hari supaya malamnya bisa tidur atau istirahat dengan. Cukup. Dengan istirahat yang cukup maka badan akan terasa lebih segar sehingga mengurangi pusing ataupun mabuk darat saat naik bus. Namun sebalinya jik akurang tidur maka justru dapat memicu pusing, mual bahkan muntah.

  • Makan secukupnya dan jangan sampai kekenyangan

Dan yang tidak kalah penting adalah mengisi perut dengan makanan secukupnya saja sebelum berangkat maupun dalam perjalanan. Maka sangat penting untuk menambah energi tubuh anda. Namun ingat, hindarilah makanan yang berlemak supaya tidak mual dalam perjalanan. Anda juga tidak boleh makan terlalu kekenyangan, maka makan secukupnya saja. Selama perjalanan, tentu anda akan merasa haus maupun lapaar bukan? Nah anda bisa membawa cemian ataupun minuman yang ringan dan tidak bikin mual, misalnya seperti buah-buahan, air putih selera masing-masing dan juga puding. Oh ya, jangan lupa untuk menghindari makanan yang berbau menyengah ya, misalnya seprti durian. Selain baunya menyengat durian juga menyimpan gas sehingga bisa memicu mabuk ataupun mual  dalam perjalanan.

  • Hindari membaca buku atau bermain gadget terlalu lama

Ketika anda melakukan perjalanan jauh menggunakan bus, sebaiknya jangan terlalu lama bermain atau membaca gadget karena justru bukan bosan yang hilang malah kepala menjadi using dan perut menjadi mual yang akhirnya bisa menimbulkan mabuk darat. Pasalnya radiasi dari gadget memang punya pengaruh buruk pada tubuh jika terlalu lama. Namun, tidak semua orang mengalami hal ini, jika anda sudah merasa pusing, sebalinya hentikan aktivitas tersebut.