ukuran garasi mobil.

Berapa Standar Ukuran Garasi Mobil? Berikut Ulasannya!

Bagi Anda yang ingin berencana membangun rumah maka perhatikan ukuran garasi mobil. Terlebih jika hunian rumah yang akan Anda usung adalah hunian dengan konsep minimalis.

Rumah dengan konsep minimalis umumnya memiliki lahan yang cukup sempit sehingga hal tersebut tidak memungkinkan Anda memiliki bagian garasi yang lapang. Dengan ukuran garasi yang pas maka rumah terasa leluasa dan kendaraan dapat terparkir dengan baik.

Fungsi garasi juga penting bagi mobil ataupun kendaraan lainnya. Dengan adanya garasi maka akan kerusakan akibat air hujan yang dapat membasahi langsung body mobil bisa diminimalkan.

Dengan demikian, mobil tidak akan mudah berkarat sehingga dapat menjaga tampilan sekaligus performa mesin. Sedangkan jika dilihat dari sisi lain, garasi sebenarnya sangat tergantung dari ukuran mobil itu sendiri.

Meskipun mobil Anda berukuran kecil seperti jenis city car, garasi yang dibutuhkan memang tidak terlalu besar. Dengan ukuran panjang dan lebar garasi sekitar 2,5-3 m saja sudah cukup.

Namun, berbeda halnya dengan mobil dengan body yang besar seperti mobil sport Pajero dan Fortuner. Garasi yang dibutuhkan memang harus disesuaikan dengan body mobil yang besar. Lalu, seperti apa standar ukuran garasi mobil?

Daftar Isi

Viral :   Tips Menjaga dan Merawat Motor Trail

Standar Ukuran Garasi Mobil yang Ideal

Seperti apa ya ukuran garasi yang idel untuk diterapkan pada suatu hunian rumah. Sebelum membuat garasi pada rumah Anda maka ketahui terlebih dahulu tipe garasi yang akan digunakan.

  1. Garasi Satu Mobil

Garasi untuk satu mobil adalah garasi yang umum diterapkan oleh hunian rumah di Indonesia. Yang terpenting dalam membuat garasi satu mobil adalah memperhatikan dimensi mobil yang Anda miliki.

Apabila kendaraan Anda merupakan city car ataupun MPV seperti Agya, Ayla, Yaris, Avanza, Brio, atau Honda Jazz, ukuran garasi yang dibutuhkan adalah dengan panjang dan lebar 3 x 5 meter.

Namun, jika digunakan untuk jenis mobil SUV, lahan yang Anda butuhkan untuk garasi adalah 3 x 6 meter. Sedangkan untuk tinggi garasi, Anda bisa menerapkan ukuran 2,8 hingga 3 meter.

  1. Garasi Dua Mobil

Garasi dua mobil pada umumnya dimiliki hunian rumah dengan lahan yang cukup besar. Umumnya, ukuran garasi adalah muat untuk menyimpan dua mobil berbentuk persegi empat dengan ukuran yang hampir sama. Anda bisa menerapkan ukuran 5 x 5,5 meter atau 6 x 6,5 meter.

Viral :   Harga Mobil Toyota 2021 Terbaru Jenis MPV

Yang perlu diperhatikan untuk garasi dengan dua mobil adalah jarak antar mobil yang diberikan. Setidaknya, Anda harus memberikan jarak antar mobil tersebut sekitar 50-80 cm.

Yang Perlu Diperhatikan Selain Ukuran Garasi Mobil

Menerapkan garasi mobil dengan ukuran yang tepat memang tergolong tidak mudah. Pertimbangkan kembali ukuran body mobil yang Anda miliki jika menginginkan ruang pada garasi tampak lega.

Terlebih jika garasi mobil tersebut digunakan juga untuk memarkir kendaraan lain, seperti sepeda, motor, dan lainnya. Jika demikian, ukuran garasi pun harus Anda sesuaikan sehingga tercipta ruangan garasi yang nyaman untuk menyimpan mobil dan kendaraan lainnya.

Selain ukuran garasi, hal-hal lain yang perlu Anda pertimbangkan untuk membuat garasi adalah pemilihan material lantai, ventilasi udara, jenis pintu yang digunakan, serta ruang yang cukup lega agar dapat digunakan untuk menyimpan spare part kendaraan dan peralatan. Jadi, Anda akan mudah menemukannya ketika dibutuhkan.

Dengan memperhatikan ukuran garasi mobil dan beberapa hal yang telah disebutkan diatas maka garasi akan terasa lebih lega. Kendaraan Anda dapat tertata dengan rapi serta bersih sehingga tidak memicu adanya tikus dan lain-lain yang bisa merusak kendaraan atau bagian-bagiannya.