cek plat nomor online

Cara Mudah Cek Plat Nomor Online

Di era digital ini, semua bisa dilakukan dengan cara online, mulai dari berbisnis, komunikasi, hingga cek plat nomor online. Betapa mudahnya saat ini untuk mengurus segala keperluan, termasuk hal-hal yang berhubungan dengan hukum. Kini, pihak kepolisian sudah menyediakan platform yang bisa digunakan di mana saja.

Plat nomor sendiri merupakan sebuah identitas dari kendaraan yang ada di bagian depan dan belakang. Biasanya, plat nomor kendaraan berbentuk persegi panjang dan pipih. Pada plat nomor kendaraan, terdapat kode yang menunjukkan identitas asal pemilik kendaraan.

Aturan penggunaan plat nomor setiap negara pun berbeda-beda. Namun, bisa dipastikan semua jenis plat nomor mengandung identitas pemilik dan daerah asalnya. Biasanya, plat nomor berisi huruf dan angka.

Namun, hanya dengan melihat plat nomor saja tidak bisa membuat Anda mengetahui siapa pemilik kendaraan tersebut. Anda tetap harus mengeceknya melalui kantor samsat terdekat.

Pengecekan plat nomor kendaraan ini biasanya digunakan pada kasus kejahatan, baik itu kecelakaan lalu lintas maupun pelanggaran lalu lintas. Berbekal nomor plat yang sudah dihafal, Anda bisa mengetahui identitas pengendara yang dicari.

Cara Cek Plat Nomor Online

Seperti yang sudah disebutkan di atas, di tengah kemajuan teknologi, Anda bisa melakukan cek plat nomor online. Tak perlu lagi repot-repot pergi ke samsat, Anda bisa melakukan identifikasi dari mana saja. Apa saja platform yang bisa Anda akses untuk mengecek plat nomor secara online?

  • Website Resmi Kepolisian

Pihak kepolisian menyediakan website resmi yang bisa diakses sesuai dengan daerah masing-masing. Artinya, tiap daerah memiliki link yang berbeda. Namun, tidak semua daerah memiliki link website resmi untuk diakses.

Viral :   Ini Dia Tips Aman Menyetir untuk Pemula yang Baru Belajar

Beberapa daerah yang memiliki akses ini adalah Jakarta, Aceh, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Yogyakarta, dan Banten. Sementara itu, daerah lain belum memiliki akses pengecekan plat nomor kendaraan secara online.

  • Apliaksi Resmi

Sebagai masyarakat modern, Anda pasti memiliki gadget yang dilengkapi dengan fasilitas komplet. Daripada hanya digunakan untuk bersosial media atau mengakses hal-hal negatif, alangkah baiknya memanfaatkan gadget Anda untuk mengakses aplikasi resmi milik pihak kepolisian.

Caranya cukup mudah, unduh aplikasi secara gratis baik melalui HP Android maupun iOS. Setelah itu, buka aplikasi dan masukkan data nomor kendaraan dengan lengkap, misalnya B 2021 TZY. Pada aplikasi itu akan tertera data komplet berupa merek, warna, hingga nama pemilik kendaraan.

Sama seperti website resmi, aplikasi milik pihak kepolisian untuk cek plat nomor online ini juga berbeda-beda setiap daerah.

Wilayah Nama Aplikasi
Jakarta Cek Ranmor & Pajak DKI Jakarta
Jawa Tengah SAKPOLE e-SAMSAT JATENG
Jawa Barat SAMBARA
Jawa Timur E-Smart Samsat Jatim
Yogyakarta Pajak Kendaraan Jogjakarta
Kalimantan Utara eSAMSAT Kalimantan Utara
Kalimantan Tengah RC POLDA Kalimantan Tengah
Sulawesi Utara Info Pajak Kendaraan Sulut
Sulawesi Selatan e-Dempo Samsat Online Sumsel
Riau ESamsat KEPRI
Lampung Info Pajak Kendaraan Bermotor Bapenda Lampung
NTB SAMSAT DELIVERY
Pontianak Samsat Pontianak
Viral :   Awas Kecelakaan. Pahami Area Blind Spot Kendaraan!

 

  • SMS

Untuk orang tua atau kerabat Anda yang mungkin tidak memiliki gadget dengan akses internet, Anda bisa membantunya dengan mengirim SMS kepada pihak kepolisian. Jangan khawatir soal tarif, SMS yang dikirimkan akan dikenakan biaya reguler sesuai operator yang digunakan.

Untuk format pengiriman SMS juga berbeda setiap daerah. Berikut ini format dan contoh yang bisa Anda jadikan panduan.

Wilayah Format
Jakarta KETIK: METRO <spasi> Nopol Kirim ke: 1717

Contoh: METRO B312ISR

Jawa Tengah KETIK: JATENG <spasi> Nopol Kirim ke: 9600

Contoh: JATENG AA9090BH

Jawa Timur KETIK: JATIM <spasi> Nopol Kirim ke: 7070

Contoh: JATIM AE2021RJ

Jawa Barat KETIK: poldajbr <spasi> Nopol Kirim ke: 3977

Contoh: poldajbr D1444KM

Nah, itu tadi beberapa cara yang bisa digunakan untuk cek plat nomor online. Jika masih merasa kesulitan, Anda bisa langsung datang ke samsat terdekat. Selamat mencoba.