Cek Plat Nomor Kendaraan

Cara Cek Plat Nomor Kendaraan dan Identitas Pemiliknya

Kemajuan teknologi rupanya tak hanya dimanfaatkan di dunia bisnis, pendidikan, atau rumah tangga. Kini, aktivitas hukum juga turut memanfaatkan kemudahan yang ditawarkan saat ini. Salah satunya Anda bisa mengetahui identitas pemilik dengan cek plat nomor kendaraan.

Plat nomor merupakan alat identifikasi sebuah kendaraan yang berisi informasi kendaraan hingga identitas pemiliknya. Pada plat nomor juga terdapat kode untuk mengetahui daerah pemilik kendaraan. Pengecekan ini biasanya dilakukan jika ada tindakan kriminal di jalanan, baik pelanggaran lalu lintas maupun peristiwa tabrak lari.

Di era yang canggih ini Anda sangat dipermudah dalam melakukan cek plat nomor kendaraan, apalagi semua data sudah dibukukan secara terpusat. Tak perlu lagi ke samsat, kini Anda bisa melakukan pengecekan plat nomor kendaraan secara online. Untuk mengetahui caranya, simak artikel ini hingga tuntas.

Cara Cek Plat Nomor Kendaraan

Tak perlu berlama-lama, berikut beberapa alternatif yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui identitas pemilik kendaraan dari plat nomornya.

  • Aplikasi

Sebagai masyarakat modern, tentu Anda memiliki dan menggunakan smartphone untuk beraktivitas. Manfaatkan gawai yang Anda miliki untuk sesuatu yang bermanfaat, tidak hanya sekadar untuk berselancar di sosial media hingga berjam-jam lamanya.

Nah, Anda bisa mengunduh aplikasi e-Samsat, baik melalui Android maupun iOS. Cara kerjanya pun cukup mudah. Setelah mengunduh aplikasi, Anda bisa membuka aplikasi tersebut.

Viral :   Inilah Fungsi Carbon Cleaner dan Tips Menggunakannya

Masukkan data nomor kendaraan dengan lengkap, misalnya B 2021 TZY. Pada aplikasi itu, akan tertera data komplet berupa merek, warna, hingga nama pemilik kendaraan.

Bahkan, pihak kepolisian juga menyediakan aplikasi berbeda untuk tiap wilayah berdasarkan plat nomor kendaraan. Berikut ini daftar aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk mengecek plat nomor berdasarkan wilayah:

Wilayah Nama Aplikasi
Jakarta Cek Ranmor & Pajak DKI Jakarta
Jawa Tengah SAKPOLE e-SAMSAT JATENG
Jawa Barat SAMBARA
Jawa Timur E-Smart Samsat Jatim
Yogyakarta Pajak Kendaraan Jogjakarta
Kalimantan Utara eSAMSAT Kalimantan Utara
Kalimantan Tengah RC POLDA Kalimantan Tengah
Sulawesi Utara Info Pajak Kendaraan Sulut
Sulawesi Selatan e-Dempo Samsat Online Sumsel
Riau ESamsat KEPRI
Lampung Info Pajak Kendaraan Bermotor Bapenda Lampung
NTB SAMSAT DELIVERY
Pontianak Samsat Pontianak

 

  • Website

Selain menggunakan aplikasi, cek plat nomor kendaraan juga bisa dilakukan melalui website resmi. Seperti halnya aplikasi yang disediakan pihak kepolisian, website yang digunakan masing-masing samsat juga berbeda tiap daerah.

Caranya juga cukup mudah. Siapkan laptop atau komputer untuk membuka alamat website. Setelah website terbuka, Anda bisa langsung memasukkan plat nomor kendaraan yang ingin diketahui. Pada laman tersebut akan tertera informasi mengenai merek kendaraan, warna, tahun pembuatan, dan nama pemiliknya.

Viral :   Urus Pajak Anti Repot dengan Biro Jasa STNK

Untuk mengetahui alamat website daerah yang ingin Anda cari, berikut daftarnya.

Wilayah Alamat Website
Jawa Tengah http://dppad.jatengprov.go.id/info-pajak-kendaraan/
Jawa Barat https://bapenda.jabarprov.go.id/sipolin-samsat-jabar/
Jawa Timur https://esamsat.jatimprov.go.id/
Yogyakarta http://infojkbdiy.com/
Banten http://ditlantas.banten.polri.go.id/e-samsat-naional/
Aceh http://esamsat.acehprov.go.id/

 

  • SMS Kepolisian

Jika masih kesulitan dengan cara di atas, Anda juga bisa mengetahui pemilik kendaraan dengan mengirim SMS kepada pihak kepolisian. Cara ini cukup mudah dan membantu, terutama untuk orang-orang yang tidak terbiasa menggunakan internet. Biaya yang dibutuhkan juga tidak mahal, senilai tarif SMS reguler sesuai operator.

Untuk pengiriman SMS, tiap daerah juga memiliki format dan nomor tujuan berbeda-beda. Berikut ini daftar format SMS untuk melakukan pengecekan identitas pemilik kendaraan.

Wilayah Format
Jakarta KETIK: METRO <spasi> Nopol Kirim ke: 1717

Contoh: METRO B312ISR

Jawa Tengah KETIK: JATENG <spasi> Nopol Kirim ke: 9600

Contoh: JATENG AA9090BH

Jawa Timur KETIK: JATIM <spasi> Nopol Kirim ke: 7070

Contoh: JATIM AE2021RJ

Jawa Barat KETIK: poldajbr <spasi> Nopol Kirim ke: 3977

Contoh: poldajbr D1444KM

Cara-cara di atas akan sangat membantu Anda melakukan cek plat nomor kendaraan untuk mengidentifikasi pemilik kendaraannya. Namun, jika terpaksa, Anda bisa mengunjungi samsat terdekat di wilayah Anda dengan mempersiapkan biaya dan persyaratan yang harus dibawa.