Tips Membersihkan Throttle Body Sendiri Motor Injeksi

Perawatan motor injeksi memang memerlukan kriteria khusus. Terutama pada bagian injeksinya. Anda perlu tahu bagaimana tips membersihkan throttle body sendiri pada motor injeksi. Bagian tersebut haruslah dibersihkan untuk memaksimalkan peforma mesin.

Sebenarnya setiap servis Anda tidak selalu membongkar komponen injektornya. Hal ini bisa menimbulkan rawan kerusakan. Selain itu, jika sering dibongkar juga akan membuat umur pakainya lebih singkat. Maka dari itu, ini dia beberapa tips membersihkan throttle body sendiri yang bisa Anda coba.

Tips Membersihkan Throttle Body Sendiri

Bagian satu ini haruslah dibersihkan. Kaitannya dengan injektor memang begitu erat. Adanya penumpukan di area karbonnya harus segera bersih agar mesin menjadi lebih awet dan melaju sempurna. Ini dia tips selengkapnya.

  1. Mengenal Throttle Body

Throttle body merupakan bagian yang ada pada sistem asupan udara. Fungsinya adalah untuk mengontrol udara yang masuk dan mengalir ke mesin motor. Letak dari komponen ini ada di saringan udara serta intake. Posisinya ada diantara kedua fitur motor tersebut.

Bagian terbesar dari komponen ini adalah pelat throttle. Pelat tersebut merupakan katup kupu-kupu yang berguna untuk mengatur proses masuk serta debit udaranya. Untuk membersihkannya, Anda harus tahu terlebih dahulu pengertian, fungsi dan cara kerjanya terlebih dahulu.

  1. Lepas Bagian Tersebut

Setelah tahu apa itu throttle pada body motor injeksi, kemudian lanjut ke proses pembersihannya. Jika ingin melakukannya sendiri, pertama-tama Anda harus melepas bagian yang menutupi bagian throttle body tersebut.

Viral :   Harga Mobil Honda Jazz Bekas Serta Aspek Pentingnya

Misalnya untuk motor injeksi seperti Vixion, sebaiknya cukup lepas bodi sebelah samping. Cari tahu letak throttle body pada kendaraan Anda. Pastikan Anda sudah mengidentifikasi letaknya secara tepat, kemudian lanjut untuk proses lainnya.

  1. Lepas Baut

Setelah melepas bagiannya, lepas baut di pengaturan langsam. Dalam tahapan ini, sebaiknya lepas baut beserta per yang ada di dalamnya. Simpan baut serta per di tempat yang aman. Jangan sampai keduanya hilang karena akan menyulitkan Anda untuk pemasangan berikutnya.

Setelah itu, semprotkan komponen tersebut dengan pembersih injeksi. Lakukan secara berhati-hati dan pastikan tuntas. Setelah melakukan penyemprotan, kemudian keringkan dengan lap bersih. Pastikan proses satu ini dilakukan penuh kehati-hatian agar tidak salah dan berdampak buruk pada mesin.

  1. Pasang Kembali

Lanjut proses berikutnya. Setelah proses pembersihan dengan cairan injeksi, pastikan semua komponennya kering. Ketika sudah kering, pasang kembali baut langsam. Lakukan pemasangan secara hati-hati dan pastikan sesuai prosedur.

Sebagai tips, putar baut searah jarum jam sampai benar-benar mentok. Kemudian putarlah berlawanan dengan arah jarum jam sampai 3-4 putaran. Lakukan secara perlahan-lahan dan penuh kehati-hatian.

  1. Sambungkan

Setelah proses tersebut, lepaskan sambungan pada filter dan throttle body. Pastikan proses pelepasan dilakukan secara hati-hati. Ketika sudah dilepas, bersihkan dengan cairan injector cleaner. Cairan tersebut dapat Anda semprotkan di area lubang throttle body.

Viral :   Keuntungan Gojek Daftar Menjadi Driver yang Wajib Diketahui

Lakukan proses penyemprotan secara berhasi-hati sembari menghidupkan mesin. Anda bisa juga memainkan handdle gas untuk membantu memanaskan mesin motor. Usahakan jangan sampai motor dalam keadaan mesin mati.

  1. Bengkel Servis

Tips membersihkan throttle body sendiri ini memang cukup memakan waktu. Jika memang tidak begitu yakin akan kemampuan atau masih awam dengan dunia permesinan, sebaiknya lakukan hal tersebut ke bengkel servis.

Pilih bengkel yang terpercaya agar proses perawatan lebih maksimal. Pastikan servis di satu bengkel langganan dengan tujuan mendapatkan riwayat perbaikan secara lengkap dan kontinyu.

Nah itu dia tips membersihkan throttle body sendiri untuk motor injeksi. Peran injector cleaner pada proses ini memang cukup penting. Pastikan memilih produk pembersih yang terpercaya untuk peforma motor handal.

Kata Pencarianthrottle body bisa di service