Cat Velg Motor

Cat Velg Motor Sendiri? Kenapa Tidak, Ini Tipsnya

Cat velg motor ternyata tidak hanya bisa dilakukan salon motor atau bengkel saja. Hal ini ternyata juga bisa dilakukan sendiri di rumah. Mengubah warna pada velg motor merupakan salah satu modifikasi yang paling banyak dilakukan karena biaya yang dikeluarkan tergolong murah. Sedangkan efeknya terlihat berbeda dan lebih keren.

Karena hal inilah, tren mengecat velg motor menjadi banyak dilakukan. Untuk melakukan pengecatan pada velg sepeda motor, biasanya disesuaikan dengan warna motor atau setidaknya memilih warna yang matching.

Meskipun pengecatan ini dapat dilakukan sendiri secara mandiri, namun mengecat velg ini ternyata tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Ada teknik-teknik khusus agar hasil pengecatannya bagus dan tahan lama.

Tips Cat Velg Motor

Velg motor yang akan dicat sebaiknya dalam keadaan bersih. Jika perlu cucilah motor Anda terlebih dahulu. Terpenting adalah memilih warna yang tepat dan mempersiapkan keperluan pengecatan sebelum mewarnai velg.

  1. Persiapkan Alat dan Bahan

Sebelum memulai mengecat velg motor, yang harus Anda lakukan pertama kali adalah mempersiapkan alat dan bahan yang akan digunakan. Peralatan dan bahan yang digunakan pada dasarnya cukup sederhara dan mudah ditemukan.

Bahannya antara lain cat warna dasar warna putih atau silver, warna velg dan pernis.  Selain itu, juga dapat disediakan koran dan lakban serta sabun cuci. Alat yang perlu disiapkan hanya amplas.

  1. Membersihkan Permukaan Velg

Sebelum dilakukan pengecatan, pastikan velg dalam kondisi bersih. Velg motor Anda, sebenarnya sudah dilakukan pengecatan dari perusahaannya.

Jadi, sebelum dicat maka hilangkanlah warna bawaannya terlebih dahulu dengan cara mengamplas permukaannya. Hal ini dilakukan agar cat baru dapat menempel dengan sempurna dan tidak mudah mengelupas sehingga dapat lebih tahan lama.

Setelah warna bawaan pada permukaan velg motor benar-benar hilang, langkah selanjutnya adalah mencucinya terlebih dahulu untuk membersihkan kotoran sisa pengamplasan hilang. Kemudian keringkan velg motor.

  1. Lapisi dengan Proxy

Permukaan velg motor yang telah diamplas hingga sisa cat lama habis, maka langkah berikutnya adalah memberikan warna dasarannya terlebih dahulu.

Agar seluruh permukaan velg dapat rata saat dilakukan pengecatan nanti, maka Anda dapat mengaplikasikan Proxy. Proxy sendiri merupakan dasaran awal sebelum mengecat dan untuk meratakan seluruh permukaan velg yang akan dicat.

Setelah diberikan dasaran Proxy, langkah berikutnya adalah memberikan warna dasarnya agar warna catnya nanti dapat merata. Untuk memberikan warna dasar, Anda dapat menggunakan warna putih ataupun silver.

Penyemprotan warna dasar cat velg motor dilakukan berlapis, setidaknya dua kali. Tujuannya agar pewarnaan dapat benar-benar merata. Untuk mengeringkannya, Anda dapat menjemurnya di bawah sinar matahari secara langsung.

  1. Pelindung Cat

Setelah memberikan warna dasaran dan memastikan mengering, langkah berikutnya adalah mengecat sesuai dengan warna yang Anda pilih.

Untuk pengecatannya pun lakukan berlapis dengan jarak penyemprotan 40 cm. Tujuannya agar warna dapat lebih merata dan tidak menggumpal. Selanjutnya keringkan di bawah sinar matahari. Ulangilah pada lapisan cat yang kedua.

Viral :   10 Tips Memilih Bengkel Motor Terdekat yang Bagus

Setelah cat velg motor benar-benar kering dan warnanya telah merata, langkah berikutnya adalah dengan memberikan pelindung cat, biasanya menggunakan vernis.

Saat velg motor yang dicat kemudian diberi vernis, maka akan terlihat lebih mengkilap seperti baru lagi. Selain dapat meningkatkan tampilannya, pernis juga menjaga warna cat agar tidak mudah kusam dan terkelupas.

Satu tips terakhir, ketika Anda sulit membersihkan cat velg bawaan pabrik, dapat dibantu dengan menggunakan soda api akan terkelupas secara sempurna.

Penggunaan lakban dan koran sifatnya kondisional. Apabila Anda melepas ban, maka kedua bahan tersebut tidak perlu digunakan, namun jika tidak, lakban dan koran dapat menutupi permukaan ban agar tidak terkena cat velg motor. Usahakan saat mengecat, velg terhindar dari debu.

Tips memilih velg racing motor, jangan salah pilih !

Tips dalam memilih velg racing motor wajib dan penting untuk diketahui karena ini bukan perkara yang mudah dilakukan. Pada setiap daerah bisanya banyak pernjual yang menawrkan  berbagai jenis velg dengan harga yang cukup beragam. Untuk membeli velg anda harus mengetahui dan bisa memilih mana jenis velg yang berkualitas dan  mana yang tidak supaya tidak kecewa di kemudian hari.

Tidak hanya bentuk body maupun warna nya saja yang mampu membuat kendaraan roda dua milik anda telihat lebih keren. Karena warna dan body ini hanya dapat memperindah bentuk kendaraan kesayanagn anda untuk bagian atasnya saja, dan untuk bagian bawah, maka velg adalah salah satu komponen yang dimodifikasi supaya mendapatkan tampilan motor yag jauh lebih gagah dan menawan.

Tips dalam memilih velg racing yang pertama ialah dengan memilih spesifikasi yang lebih dari velg original atau aslinya, misalnya seperti palangnya yang lebih banyan dan ukurannya yang jauh lebih besar. Karena hal  yang seperti demikian tidak mudah peyang bahkan akan lebih stabill meskipun beberapakali menghajar lintasan yang  berlubang dalam. Anda dapat memlih velg yang berkuallitas dan aluminiumny lebih banyak, pasalnya kini sudah banyak velg lokal yang mudah retak bahkan pecah sekalipun.

  • Periksa bagian bibir velg

Anda bisa memeriksa pada bagian bibir velg karena bagian ini menjadi hal penting yang wajib anda lakuakn. Mengingat bahwa ketahanan velg bisa dilihat dari bibir velg itu sendiri. Perhatikan dengan teliti bagaiaman kondisi bibir velg tersebur supaya tidak dalah pilih. Terlbih jika anda membeli velg berkas maka bagian yang satu ini harus betul-betul diperhatikan.

  • Pilih velg yang sesuai spek motor

Ukuran velg motor memang bermacam-macam, sehingga anda perlu memlih ukurannya yang sesuai dengan spek kendaraan anda dan juga ban yang akan anda gunakan nantinya. Hal ini sangat pernting untuk diperhatikan, pasalnya jika anda salah ukuran maka velg pun tidak bisa masuk ke dalam ban tersebut. Jadi, pilihlah ukuran yang sesuai dengan spek  sepeda motor kesayangan anda.

Cara merawat velg motor yang benar dan tepat

Seperti yang kita ketahui bahwa velg pada sebuah kendaraan adalah salah satu komponen yang penitng dan perlu dirawat secara rutin kondisinya. Terutama sebelum anda berkendara untuk jarak yang cukup jauh. Hal ini karena velg sangat berhubungan dengan ban kendaraan bermotor secara langsung. Kondisi velg yang kurang prima pasti akan berpengaruh pada pengamalan berkendara di jalnana nantinya. Selain itu, hal-hal yang tidak diingnikan juga bisa terjadi jika anda memaksakan diri untuk tetap berkendara dengan kondisi velg yang bengkok, rusak ataupun sudah retak. Seperti ban motor yang oleg atau bahkan bisa memicu bocor halus. Maka dari itu, untuk mengindari hal tersebut, sebiaknya anda harus melakukan perawatan terhadap velg kendaraan anda. Setidaknya beberapa cara dibawah ini perlu anda lakukan dengan rutin. Berikut ulasannya!

  • Jaga kebersihan velg motor

Menjaga kebersihan motor termasuk pada bagian velg adalah tugas wajib bagi para pepmilik kendaraan bermotor. Walaupun tidak banyak yag memperhatikan, namun velg menjadi salah satu yang terlihat jelas ketika sebuah kendaraan itu berjalan di jalan raya, maka kebersihannya pun perlu anda perhatikan. Kondisi velg yang bersih tidak. Hanya akan membuat tampilan kendaran anda jauh lebih menyita mata, tetapi juga supaya terhindar dari korosi atau karatan. Apalgi jika anda sering menggunakan motor tersebut saat kondisi hujan. Perlu diingat, air hujan yang mengenai velg motpr dapat menyebabkan berkarat. Jadi anda perlu membilasnya atau membersihkannya dengan air bersih.

  • Hindari jalanan berlubang

Menghindari jalanan yang berlubang juga termasuk merawat velg motor anda supaya senantiasa awet. Pasalnya ketika melewati jalanan yang berlubang, akan terjadi benturan antara ban motor dengan permukaan aspal. Jika benturan ini terlalu keras maka dapat memicu velg menjadi retak atau bahkan bengkok. Tentu hal ini tidak ingin terjadi pada anda bukan? Maka hindarilah jalanan yang berlubang. Jika ternyata harus terpaksa melewatinya pun pstikan anda lewati dengan perlahan dan menurunkan kecepatan.

  • Rutin setel velg motor

Apabila kendaraan anda memakai jenis velg motor berjari, maka perlu disetel secara berkala supaya jari-jari velg tetap kokoh dan terasa nyaman ketika digunakan berkendara. Sebab bisanya yang terjadi, kekokohan jari-jari velg akan menurun seiring dengan pengunaan kendaraan. Dan waktu yang paling ideal untuk menyetel jari-jari velg ini adalah 6 bulan sekali. Akan tetapi tidak ada slahnya jika anda ingin melakukannya setiap satu bulan sekali. Apalagi jika kendaraan anda sering melintasi jalananyang berlubang atau yang sejenisnya.

  • Pastikan tekanan ban kendaraan ideal

Hal ini serong kali diabaikan oleh sebgaian kalangan. Dimana tekanan angin pada ban kendaraan juga menjadi slah satu faktor yang dapat mempengaruhi kondisi velg. Tekanan ban motor yang terlalu rendah akan menyebabkan kurang nyaman saat berkendara dan velg motor dapat merusak bagian dalam ban sehingga menimbulkan bocor halus. Selain itu, velg motor anda juga penyok jika dipaksa berkendara dengan kondisi tekanan ban rendah secara terus menerus.

Viral :   Periksa Tekanan Ban Mobil secara Berkala, Sangat Penting