Cat Velg Motor

Cat Velg Motor Sendiri? Kenapa Tidak, Ini Tipsnya

Cat velg motor ternyata tidak hanya bisa dilakukan salon motor atau bengkel saja. Hal ini ternyata juga bisa dilakukan sendiri di rumah. Mengubah warna pada velg motor merupakan salah satu modifikasi yang paling banyak dilakukan karena biaya yang dikeluarkan tergolong murah. Sedangkan efeknya terlihat berbeda dan lebih keren.

Karena hal inilah, tren mengecat velg motor menjadi banyak dilakukan. Untuk melakukan pengecatan pada velg sepeda motor, biasanya disesuaikan dengan warna motor atau setidaknya memilih warna yang matching.

Meskipun pengecatan ini dapat dilakukan sendiri secara mandiri, namun mengecat velg ini ternyata tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Ada teknik-teknik khusus agar hasil pengecatannya bagus dan tahan lama.

Tips Cat Velg Motor

Velg motor yang akan dicat sebaiknya dalam keadaan bersih. Jika perlu cucilah motor Anda terlebih dahulu. Terpenting adalah memilih warna yang tepat dan mempersiapkan keperluan pengecatan sebelum mewarnai velg.

  1. Persiapkan Alat dan Bahan

Sebelum memulai mengecat velg motor, yang harus Anda lakukan pertama kali adalah mempersiapkan alat dan bahan yang akan digunakan. Peralatan dan bahan yang digunakan pada dasarnya cukup sederhara dan mudah ditemukan.

Bahannya antara lain cat warna dasar warna putih atau silver, warna velg dan pernis.  Selain itu, juga dapat disediakan koran dan lakban serta sabun cuci. Alat yang perlu disiapkan hanya amplas.

  1. Membersihkan Permukaan Velg

Sebelum dilakukan pengecatan, pastikan velg dalam kondisi bersih. Velg motor Anda, sebenarnya sudah dilakukan pengecatan dari perusahaannya.

Viral :   Mobil Kecil MurahHarga Terjangkau yang Patut Dimiliki

Jadi, sebelum dicat maka hilangkanlah warna bawaannya terlebih dahulu dengan cara mengamplas permukaannya. Hal ini dilakukan agar cat baru dapat menempel dengan sempurna dan tidak mudah mengelupas sehingga dapat lebih tahan lama.

Setelah warna bawaan pada permukaan velg motor benar-benar hilang, langkah selanjutnya adalah mencucinya terlebih dahulu untuk membersihkan kotoran sisa pengamplasan hilang. Kemudian keringkan velg motor.

  1. Lapisi dengan Proxy

Permukaan velg motor yang telah diamplas hingga sisa cat lama habis, maka langkah berikutnya adalah memberikan warna dasarannya terlebih dahulu.

Agar seluruh permukaan velg dapat rata saat dilakukan pengecatan nanti, maka Anda dapat mengaplikasikan Proxy. Proxy sendiri merupakan dasaran awal sebelum mengecat dan untuk meratakan seluruh permukaan velg yang akan dicat.

Setelah diberikan dasaran Proxy, langkah berikutnya adalah memberikan warna dasarnya agar warna catnya nanti dapat merata. Untuk memberikan warna dasar, Anda dapat menggunakan warna putih ataupun silver.

Penyemprotan warna dasar cat velg motor dilakukan berlapis, setidaknya dua kali. Tujuannya agar pewarnaan dapat benar-benar merata. Untuk mengeringkannya, Anda dapat menjemurnya di bawah sinar matahari secara langsung.

  1. Pelindung Cat

Setelah memberikan warna dasaran dan memastikan mengering, langkah berikutnya adalah mengecat sesuai dengan warna yang Anda pilih.

Viral :   Cara Melihat PCD Velg Mobil

Untuk pengecatannya pun lakukan berlapis dengan jarak penyemprotan 40 cm. Tujuannya agar warna dapat lebih merata dan tidak menggumpal. Selanjutnya keringkan di bawah sinar matahari. Ulangilah pada lapisan cat yang kedua.

Setelah cat velg motor benar-benar kering dan warnanya telah merata, langkah berikutnya adalah dengan memberikan pelindung cat, biasanya menggunakan vernis.

Saat velg motor yang dicat kemudian diberi vernis, maka akan terlihat lebih mengkilap seperti baru lagi. Selain dapat meningkatkan tampilannya, pernis juga menjaga warna cat agar tidak mudah kusam dan terkelupas.

Satu tips terakhir, ketika Anda sulit membersihkan cat velg bawaan pabrik, dapat dibantu dengan menggunakan soda api akan terkelupas secara sempurna.

Penggunaan lakban dan koran sifatnya kondisional. Apabila Anda melepas ban, maka kedua bahan tersebut tidak perlu digunakan, namun jika tidak, lakban dan koran dapat menutupi permukaan ban agar tidak terkena cat velg motor. Usahakan saat mengecat, velg terhindar dari debu

Kata PencarianWarna Cat Pelek Motor Yang Bagus ,Warna Cat Velg Motor Yang Bagus ,Warna Cat Velg Yang Cocok Untuk Motor Hitam ,Warna Velg Motor Beat Yang Bagus ,Warna Velg Motor Yang Bagus ,Warna Velg Yang Cocok Untuk Motor Biru ,Warna Velg Yang Cocok Untuk Motor Hitam Merah ,Warna Velg Yang Cocok Untuk Motor Merah ,Warna Velg Yang Cocok Untuk Motor Merah Hitam ,Warna Velg Yang Cocok Untuk Motor Silver