mobil kecil murah

Mobil Kecil MurahHarga Terjangkau yang Patut Dimiliki

Tidak selalu mobil kecil murah dinilai jelek dan memiliki sedikit fitur penunjang sesuai kebutuhan. Nyatanya, banyak juga kendaraan roda empat harga terjangkau berukuran kecil yang menawarkan banyak sekali kelebihan. Kira-kira apa saja pilihannya?

Jangan minder jika Anda baru mampu membeli mobil ukuran kecil yang murah harganya. Hal terpenting adalah kendaraan tersebut mampu digunakan dalam mendukung kegiatan sehari-hari. Jika bingung, cobalah mencari tahu beberapa tips memilihnya dengan baik dan benar.

Tips Membeli Mobil Kecil Murah bagi Pemula

Membeli kendaraan terlebih roda empat tentu tidak bisa sembarangan. Jangan sampai Anda salah perhitungan sehingga kerugian yang didapat. Berikut beberapa tips dalam memilih dan membawa pulang mobil impian.

  1. Teliti dalam Memilih

Tak sedikit orang yang menyesal ketika membeli mobil lantaran tidak teliti ketika memilihnya. Biasanya karena harga murah langsung saja membelinya tanpa memperhatikan kualitas kendaraan. Coba cari tahu jenis, spesifikasi, harga, dan alternatif lainnya. Jangan sampai hanya karena ceroboh justru kecewa belakangan.

  1. Peruntukan Kendaraan

Selanjutnya, tentukan mobil yang dibeli akan digunakan oleh siapa. Hal ini berkaitan dengan perbedaan kebutuhan kendaraan ketika Anda masih single dan sudah menikah. Biasanya mobil berukuran lebih besar akan cocok ketimbang kecil setelah berkeluarga.

  1. Keamanan dan Kenyamanan adalah Kunci Utama

Selain bisa melindungi dari kondisi panas atau hujan ketika perjalanan. Mobil juga harus dapat diandalkan melalui segi keamanan dan kenyamanannya. Contohnya, kendaraan harus dapat menampung penumpang dan bawaan dengan baik. Berikut beberapa karakteristik tumpangan multifungsi cocok bagi keluarga.

  • Berkapasitas besar
  • Ruang kabin luas
  • Nyaman, aman, fungsional
  • Terdapat fitur hiburan
  1. Hemat BBM

Penggunaan bahan bakar tentu menjadi pertimbangan ketika menentukan pilihan kendaraan. Lantaran kenaikan harganya, tentu orang mencari mobil yang hemat bensin. Sebaiknya, tanyakan dahulu terkait pemakaian sumber daya satu ini.

  1. Pilih Desain yang Baik

Selain fungsi, tampilan mobil kecil murah juga penting untuk diperhatikan. Berbagai pilihan desain, seperti elegan, mewah, imut, atau compact bisa disesuaikan dengan gaya Anda sehari-hari. Namun, sebaiknya pilihlah desain umum agar mudah ketika menjualnya sewaktu-waktu.

  1. Fitur Keamanan dan Keselamatan

Hal utama yang harus benar-benar diperhatikan adalah fitur keamanan dan keselamatan mobil. Cobalah cek beberapa hal berikut sebelum membelinya.

  • Airbags
  • Seat belt
  • Auto lock
  • Anti Lock Braking System (ABS) dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD)
  1. Mencari DP Murah

Mobil dapat dibeli dengan cara kredit sehingga penting bagi Anda menemukan yang memiliki DP murah agar tidak memberatkan. Maka dari itu sesuaikan keuangan untuk membelinya. Jangan memaksakan kehendak karena justru bisa memberatkan.

Viral :   Cara Mengendarai Mobil Matic dengan Mudah Bagi Pemula

Pilihan Mobil Kecil Murah Terbaik 

Tak perlu mewah, Anda bisa memilih kendaraan dengan harga terjangkau namun memiliki berbagai fitur unggulan. Jangan khawatir, karena murah tak selalu jelek. Berikut beberapa daftar dan harganya.

  1. Toyota Agya

Mobil pertama yang menjadi rekomendasi pertama adalah Toyota Agya. Desain mini, namun memiliki tenaga berkapasitas 1.197 cc cukup mengangkut sekitar 5 orang penumpang. Sistem transmisi manual pada kendaraan ini dibanderol sekitar 130 jutaan.

  1. Toyota Etios Valco

Etios Valco hadir dengan 4 varian pilihan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Masing-masing tipe memiliki kapasitas sebesar 1.197 cc berkelas. Fitur keamanan, yaitu Anti Theft Device dan Alarm menjadi keunggulannya. Harga mobil tersebut dijual sekitar 180 jutaan.

  1. Honda Brio Satya

Urusan mobil memang tidak lepas dari produsen Honda yang sudah mengeluarkan banyak sekali tipe kendaraan roda empat. Brio Satya layaknya cocok bagi Anda ketika mencari tumpangan murah. Dengan mesin sebesar 1.119 cc berkapasitas 5 penumpang. Harganya berada di kisaran 150 jutaan.

  1. Kia Picanto

Harga mobil kecil murah ini terbilang cukup murah dibanding yang lainnya karena berada di kisaran 220 jutaan. Kendaraan dengan berat 800 kg sangat cocok digunakan penduduk kota besar. Anda bisa memilihnya demi fleksibilitas waktu berkat macetnya jalanan.

Mengapa Memilih Mobil Kecil?

Sebelum kita merunut kelebihan dan kekurangan, penting untuk memahami mengapa mobil kecil sering menjadi pilihan. Mobil kecil memiliki daya tarik tersendiri, terutama di kota-kota padat dengan lalu lintas yang padat. Ukurannya yang kompak memudahkan parkir di ruang terbatas dan manuver di jalan-jalan yang sempit. Selain itu, mobil kecil cenderung lebih efisien dalam konsumsi bahan bakar, membuatnya menjadi pilihan yang ekonomis dalam jangka panjang.

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Kecil

Kelebihan Mobil Kecil:

  1. Manuver Mudah: Mobil kecil sangat cocok untuk berkendara di area perkotaan yang sering kali memiliki jalan-jalan sempit dan macet. Kemampuan untuk bermanuver dengan mudah membuat perjalanan lebih lancar.
  2. Efisiensi Bahan Bakar: Ukuran yang lebih kecil biasanya berarti mesin yang lebih ringan, yang pada gilirannya dapat menghasilkan efisiensi bahan bakar yang lebih baik. Ini bisa menjadi keuntungan besar terutama bagi mereka yang sering melakukan perjalanan jarak pendek atau harian.
  3. Parkir Mudah: Salah satu keuntungan paling mencolok dari mobil kecil adalah kemampuannya untuk parkir dengan mudah di ruang terbatas. Anda dapat dengan cepat menemukan tempat parkir di antara kendaraan lain.
  4. Harga Lebih Terjangkau: Secara umum, mobil kecil cenderung memiliki harga yang lebih terjangkau daripada mobil berukuran lebih besar. Ini dapat menjadi pilihan yang baik bagi mereka yang ingin memiliki mobil tanpa harus menguras kantong.
  5. Ramah Lingkungan: Kebanyakan mobil kecil memiliki emisi karbon yang lebih rendah dibandingkan dengan mobil yang lebih besar. Ini berarti Anda dapat berkontribusi pada lingkungan dengan memilih opsi yang lebih ramah lingkungan.
Viral :   Tips Memodifikasi Motor agar Bebas Tilang

Kekurangan Mobil Kecil:

  1. Kapasitas dan Ruang: Mobil kecil umumnya memiliki ruang kabin yang lebih terbatas dan kapasitas penumpang yang lebih rendah. Jika Anda sering melakukan perjalanan bersama keluarga besar atau membawa barang bawaan yang banyak, ruang yang terbatas mungkin menjadi masalah.
  2. Performa Terbatas: Meskipun efisien, mobil kecil mungkin memiliki performa yang lebih terbatas dibandingkan dengan mobil berukuran lebih besar, terutama saat berkendara di jalan raya atau medan berat.
  3. Kenyamanan di Jalan Raya: Mobil kecil mungkin akan terasa kurang nyaman saat berkendara di jalan raya dengan kecepatan tinggi atau saat melewati jalan yang tidak rata.
  4. Keamanan: Meskipun perkembangan teknologi telah meningkatkan standar keamanan mobil kecil, beberapa model mungkin memiliki perlindungan yang lebih rendah terhadap benturan dibandingkan dengan mobil berukuran lebih besar.

Pemilihan mobil kecil atau besar seharusnya didasarkan pada kebutuhan dan preferensi Anda. Jika Anda mengutamakan efisiensi bahan bakar, manuver yang mudah, dan harga terjangkau, mobil kecil adalah pilihan yang bagus. Namun, jika Anda membutuhkan lebih banyak ruang dan performa untuk perjalanan jarak jauh, mobil berukuran lebih besar mungkin lebih cocok.

Sebelum memutuskan, penting untuk menguji kendaraan secara langsung. Cobalah mobil kecil yang Anda pertimbangkan untuk melihat apakah ruang kabin cukup nyaman dan apakah performanya sesuai dengan harapan Anda. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dealer atau ahli otomotif untuk mendapatkan pandangan yang lebih mendalam tentang model yang Anda pertimbangkan.