cutting sticker mobil

Tips Memilih dan Memasang Cutting Sticker Mobil Sendiri

Ada banyak cara memodifikasi mobil, seperti mengganti velg ban, mengubah cat mobil, mengganti bagian mesin, mengganti interior mobil, dan lain-lain. Salah satu cara mengubah tampilan eksterior mobil adalah dengan memasang cutting sticker mobil. Cara satu ini bisa mengubah tampilan mobil secara bebas sesuai keinginan pemilik.

Sticker juga cara paling mudah dan murah memodifikasi mobil karena lebih murah dari mengecat ulang mobil dengan kualitas hasil yang sama. Ada banyak jenis sticker mobil yang bisa dipilih, berikut adalah 5 di antaranya yang direkomendasikan.

Rekomendasi Bahan Cutting Sticker Mobil

Kualitas bahan akan menentukan kualitas sticker. Kualitas yang baik akan memberikan tampilan sticker yang bagus dan sesuai harapan. Berikut adalah jenis-jenis bahan sticker berkualitas bagus.

  1. Chemica

Bahan satu ini berasal dari Prancis. Chemica memiliki tekstur tipis dan kuat. Sticker ini juga mudah dipotong sehingga bisa rapi. Keunggulan lain bahan ini adalah memiliki lem yang kuat dan elastis alias tahan tarikan. Beberapa jenis bahan chemica yang sering ditemukan antara lain chemica firstmark (PVC), chemica hotmark polyflex PU, dan upperflox.

  1. Scothlife

Bahan sticker unik dari Taiwan ini bisa memantulkan cahaya. Namun bahan ini juga tipis dan mudah terkelupas. Jadi Anda harus hati-hati saat memasangnya. Selain dipasang di mobil, sticker ini juga sering ditempel di motor, kaca, dan lain-lain.

  1. Vynil

Ada dua jenis sticker vynil yang mudah ditemukan, antara lain doff dan glossy. Bahan cutting sticker mobil ini termasuk yang paling favorit karena lebih lentur, tidak mudah sobek, dan memiliki pilihan warna lebih banyak. Tak heran banyak orang memilihnya tidak hanya untuk sticker mobil, tetapi juga sticker-sticker lain.

  1. Glitter

Bila sticker Scothlife bisa memantulkan cahaya, maka bahan sticker satu ini bisa menghasilkan warna bersinar bahkan saat tidak cahaya. Bahan ini sering dipilih untuk sticker mobil karena bisa memberikan tampilan eksternal yang lebih elegan dan berkilau.

Viral :   Jangan Abaikan Perawatan Rantai Sepeda Motor

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Menempelkan Sticker Mobil

Anda bisa memasang sticker sendiri tanpa perlu ke bengkel dan membayar biaya yang besar. Hanya perlu hati-hati saat mengerjakannya. Berikut langkah dan tips menempelkan cutting sticker mobil.

  1. Siapkan Alat dan Bersihkan Mobil

Alat-alat yang perlu disiapkan sebelum memulai modifikasi mobil adalah hairdyer, jarum atau peniti, sabun, ember, kain, penggaris, dan karet tipis. Setelah mengumpulkan alat, hal pertama yang dilakukan adalah cuci mobil sampai bersih agar tidak ada kotoran di mobil.

  1. KERINGKAN MOBIL

Setelah dicuci, lap mobil sampai kering. Anda juga bisa menggunakan kanebo saat mengeringkan mobil. Hal ini bisa memudahkan Anda saat pemasangan sticker nanti.

  1. Polis Mobil

Setelah dikeringkan, bersihkan lagi mobil dengan alkohol, bensin, atau lilin. Gunakan spons agar bisa merata di seluruh mobil. Hal ini agar permukaan mobil menjadi lebih halus dan mulus. Jangan lupa mengecek ulang dengan meraba mobil. Setelah itu, Anda baru bisa mulai menempelkan sticker.

  1. Memasang Sticker

Pertama pilih sticker dengan hati-hati agar tidak menempelkan di tempat yang salah. Pasang sticker di posisinya dengan mulus dan urut sticker dengan karet tipis agar udara antara sticker dan mobil terbuang. Kemudian panaskan lagi dengan hairdyer sampai benar2 kering. Ulang langkah-langkah ini sampai semua sticker tertempel.

  1. Finishing

Di tahap finishing, cek lagi semua sticker yang sudah ditempel. Kalau masih ada lekukan, pecahkan dengan jarum atau peniti. Kemudian urut lagi dengan penggaris sampai rata.

Viral :   Cara Memilih Carbon Cleaner untuk Mobil Paling Efektif

Itulah tips memilih dan memasang cutting sticker mobil. Pilih bahan yang cocok dengan tema atau konsep modifikasi Anda. Saat memasang juga hati-hati agar tidak berantakan. Sticker bisa menjadi pilihan murah dan mudah bagi Anda yang ingin menekan biaya modifikasi, tetapi mendapatkan hasil akhir yang bagus.