Wiper mobil

Cara Mudah Merawat Wiper Mobil agar Tidak Mudah Mati

Wiper mobil merupakan salah satu komponen yang ada pada kendaraan. Meskipun peralatan ini tidak terlihat terlalu besar, nyatanya fungsinya juga amat penting bagi pengemudi.

Wiper sendiri berfungsi sebagai pembersih kaca pada mobil. Pada saat kondisi hujan ataupun berkabut, maka di sinilah komponen ini akan berfungsi, yaitu membantu membersihkan tetesan air pada kaca.

Wiper sendiri terdapat pada dua bagian pada mobil, yaitu pada kaca depan dan belakang. Keduanya memiliki fungsi yang sama dan keberadaannya begitu penting.

Pada awalnya, wiper di bagian belakang ini tidak ada. Namun, untuk lebih menjaga keamanan dan keselamatan, saat ini mulai diwajibkan. Hal ini untuk memudahkan pengemudi melihat kondisi di belakang mereka.

Cara Merawat Wiper Mobil

Sebagai komponen yang juga penting pada mobil, wiper sebaiknya selalu dapat berfungsi dengan optimal. Apalagi jika pada saat musim hujan. Tentu akan merepotkan jika komponen ini sampai mati. Berikut beberapa cara mudah merawat wiper agar data berfungsi maksimal dan tidak gampang mati

  1. Tidak Memarkir Mobil di Tempat Panas

Mobil yang di parkir pada tempat yang panas, tidak hanya dapat membuat catnya menjadi kusam saja, namun juga dapat merusak beberapa komponennya. Salah satunya adalah wiper ini.

Viral :   Cara Memilih Jaket Touring yang Akan Sangat Bermanfaat

Wiper sendiri terdiri dari dua komponen yaitu rangka yang terbuat dari besi dan karet yang berfungsi sebagai pembersih kaca. Jika mobil di parkir pada tempat yang panas, dapat membuat karet wiper menjadi kering dan pecah.

Akibatnya hal tersebut akan membuat wiper menjadi tidak berfungsi dengan optimal karena tidak dapat menghalau dengan benar. Oleh karena itu, jika memang tidak terdapat tempat yang teduh, maka ganjallah wiper atau angkatlah sehingga tidak menempel pada kaca.

Udara yang panas akan terserap oleh kaca. Karena hal inilah wiper yang menempel pada kaca dapat membuat komponen karetnya menjadi rusak.

  1. Jangan Mencuci Wiper Mobil dengan Sabun

Mencuci mobil biasanya menggunakan detergen untuk membersihkan semua permukaannya. Namun, ternyata hal ini akan dapat merusak karet yang ada pada wiper.

Detergen dapat membuat karet wiper menjadi kering dan hilang kelembapan yang pada akhirnya membuatnya menjadi retak-retak sehingga fungsinya tidak optimal. Untuk itu, saat mencuci mobil, cukup guyur dengan air biasa pada bagian wiper.

Kemudian lap wiper hingga kering atau cukup biarkan kering dengan cara menegakkannya. Selain itu, Anda juga dapat mengoleskan pelembap khusus wiper sehingga dapat berfungsi dengan baik.

  1. Perhatikan Poros Wiper pada Mobil

Bagian poros wiper merupakan bagian penting dari seluruh komponen ini. Tempat inilah yang menjaga pergerakan wiper tetap bergerak dengan baik.

Viral :   Cara Balik Nama BPKB Mobil Beserta Biayanya

Pastikan Anda selalu memberikan pelumas secara berkala untuk menjaga agar poros tidak berkarat dan aus. Pemberian pelumas ini juga berfungsi untuk membuat pergerakannya mudah dan tidak macet ataupun mati.

Selalu pastikan bahwa wiper dapat bergerak dengan maksimal, apalagi pada saat musim hujan. Ketika mulai menandakan ada kerusakan, sebaiknya segeralah untuk menggantinya.

Cara Memilih Wiper Mobil

Saat mengganti wiper yang baru, tentunya Anda akan diberikan banyak pilihan. Selain merek, spesifikasi juga penting. Sebelum menentukan pilihan, berikut cara memilih wiper yang tepat.

  • Ukuran

Ukuran wiper amat penting untuk dipertimbangkan. Karena lebar kaca depan setiap mobil tentu saja akan berbeda. Untuk memudahkan dalam memilih wiper ini, ada baiknya Anda membawa contohnya sehingga dapat tepat ukurannya. Ukurannya yang tidak tepat akan dapat mempengaruhi kinerja poros dan pergerakannya.

  • Periksa Keadaan Karet

Karet wiper adalah komponen penting karena berfungsi langsung saat pembersihan. Untuk itu, saat membeli wiper mobil, perhatikan permukaan karet. Jangan pilih yang permukaan yang kasar karena dapat merusak permukaan kaca. Pilihlah permukaan yang halus dengan karet yang kesat.