Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

Kenali Beberapa Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

Bagaimana rasanya AC mobil tidak dingin, sementara Anda harus melakukan perjalanan jauh? Tidak mungkin, bukan, jika terus membuka jendela sepanjang perjalanan? Sebenarnya, banyak sekali penyebab yang melatarbelakanginya. Jadi, jangan cemas dan atasi dengan benar.

Banyak penyebab yang bisa ditemukan ketika mendapati AC mobil Anda terasa tidak dingin. Hal ini berpengaruh pada cara mengatasinya. Oleh karena itu, penting untuk memastikan penyebab yang sebenarnya sehingga tepat dalam penanganannya.

Ketahui Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

Gerah selama di dalam mobil tentu sangat tidak menyenangkan sehingga Anda wajib mengenali beberapa penyebab AC tidak dingin, meski sudah dinyalakan. Berikut beberapa pemicu yang patut diwaspadai.

  1. Freon Habis

Biasanya, penyebab utama AC tidak dingin adalah karena freon dalam kondisi habis.  Hal ini bisa bermula dari kebocoran pada sambungan pipa, shaft, dan relief valve kompresor.

  1. Putusnya Fan Belt

Fan belt sendiri berfungsi sebagai penyalur putaran mesin kepada kompresor sehingga ketika putus, bagian ini gagal berputar. Akibatnya, freon tidak dapat bersirkulasi dan menyebabkan panas pada kabin.

  1. Kondensor Kotor

Bagian kondensor pada AC yang kotor atau berkarat membuatnya tidak dapat bekerja secara maksimal untuk membuang gas hasil dari kompresor. Alhasil, kondisi panas di kabin dapat terjadi.

  1. Motor Extra Fan Mati

Ketika bagian ini mati atau berputar secara lemah maka proses kondensasi tidak berjalan secara sempurna. Mengeceknya sangat mudah, Anda tinggal melihat apakah terdapat perputaran pada kondensor ketika mobil dinyalakan.

  1. Rusaknya Magnetic Clutch

Ketika bagian ini rusak, putus, hingga spul terbakar, hal tersebut akan menyebabkan AC mobil tidak dingin. Anda bisa melihat kompresor bekerja, tetapi fan belt tetap berfungsi dengan baik.

  1. Kompresor Aus

Kompresor mobil yang sudah aus atau jebol dapat dikenali dari bagian sight glass yang tampak hitam. Tekanan AC tidak normal juga menjadi tandanya bahwa bagian ini rusak.

  1. Kelebihan Oli Kompresor

Volume oli yang ada pada kompresor sudah seharusnya sesuai dengan takaran. Jika berlebih, freon akan kekurangan ruang sehingga tidak mampu mendinginkan kabin mobil.

  1. Evaporator Kotor

Bagian evaporator yang kotor atau tersumbat akibat debu dapat menghambat aliran udara yang dihembuskan oleh blower. Akibatnya, suhu panas justru akan menyeruak di dalam kabin.

  1. Saluran Pembuangan Air Kondensasi Tersumbat

Jika ditemukan bagian dasbor mobil bocor atau mengembun, sudah bisa dipastikan inilah penyebab AC menjadi tidak dingin. Ketika didiamkan, karpet yang basah bisa menimbulkan bau tidak sedap.

  1. Thermistor atau Thermostat Bermasalah

Kedua komponen ini berfungsi untuk membaca suhu dan temperatur dalam mobil, kemudian memprosesnya ke amplifier. Ketika bagian ini terganggu maka sistem AC akan terganggu.

Viral :   Tips Pemilihan Jenis Kasur Mobil yang Aman dan Nyaman

Tips Mengatasi AC Mobil Tidak Dingin

Setelah memastikan penyebab dari AC yang tidak dingin dalam mobil, Anda baru bisa menerapkan tips mengatasinya dengan benar. Dengan begitu, tidak akan kegerahan lagi meski menempuh perjalanan jauh.

  • Periksa Kondisi AC

Secara rutin melakukan pemeriksaan pada bagian AC mobil dapat meminimalkan terjadinya kerusakan di kemudian hari. Sebaiknya, persiapkan alat untuk mengeceknya berkala. Hal ini untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

  • Jaga Kebersihan Kabin

Menjaga kebersihan di bagian kabin dengan membersihkannya dari kotoran dapat meminimalisir kerusakan pada AC. Debu-debu berhamburan dapat menyebabkan terganggunya bagian pendingin. Maka dari itu seringlah mengecek.

  • Tutup Jendela

Ketika mobil dalam keadaan melaju maka hindari membuka tutup bagian jendela. Debu yang masuk ke dalam dapat menyebabkan kerusakan pada AC jika dibiarkan terus-menerus. Udara kotor dari luar juga bisa membahayakan pernapasan.

  • Hindari Merokok

Asap rokok yang masuk ke dalam AC dapat mengotori bagian evaporator dan menjadikannya berlendir. Jika sudah demikian maka bisa mengeluarkan bau tidak sedap. Akibatnya perjalanan kurang nyaman ketika jendela ditutup.

  • Hindari Menyalakan AC secara Langsung

Ketika mobil dihidupkan, sebaiknya berikan jeda sebelum menyalakan AC. Ketika sudah stabil beberapa waktu barulah Anda bisa menghidupkannya. Ini termasuk salah satu perawatan paling simpel.

  • Pilih Parkiran yang Sejuk

Lokasi parkir yang sejuk dan terhindar dari paparan sinar matahari secara langsung bisa menjaga AC tidak bekerja terlalu keras. Dengan demikian, kondisinya akan lebih terjaga. Selain itu, cat mobil akan tetap aman.

Viral :   Urus Pajak Anti Repot dengan Biro Jasa STNK

Sekarang, Anda sudah tahu penyebab dan cara mengatasi AC mobil tidak dingin. Tak perlu khawatir kegerahan selama di perjalanan. Anda bisa merasa sejuk berkat pendingin yang terawat.