velg mobil ring 17.

Tips Memilih dan Mengganti Velg Mobil Ring 17

Mengganti velg atau pelek mobil adalah salah satu cara memodifikasi mobil yang paling umum. Ukuran pelek yang diganti beragam dari ring 15 hingga ring 18. Anda bisa mengganti ukuran pelek juga menjadi lebih besar atau lebih kecil. Velg yang paling sering dipilih adalah velg mobil ring 17.

Namun, dalam memilih vleg mobil yang ingin diganti, masih ada banyak hal yang harus diperhatikan. Hal ini agar performa mobil tetap terjaga sebelum dan sesudah Anda mempercantik mobil. Berikut adalah 7 hal penting di antaranya.

7 Tips Penting Mengganti Velg Mobil Ring 17

Ada banyak kekurangan yang terjadi bila Anda memilih Velg yang lebih besar dari pabrik. Jadi, usahakan pilih velg dengan ukuran yang sama. Jika tetap ingin memakai velg mobil 17 inci, perhatikan spesifikasi lain seperti rasio ban, lebar pelek, dan EPS untuk menjaga performa dan keamanan keselamatan selama berkendara.

  1. Lihat Load Maximum Velg

Load maximum velg menunjukkan angka spesifikasi beban maksimum. Angka ini disesuaikan dengan beban mobil. Pilih pelek dengan angka load maximum yang cukup atau lebih besar agar tidak cepat rusak.

  1. Ganti Dengan Velg Berukuran Sama

Spesifikasi lain yang harus diperhatikan adalah ukurannya. Bila mobil Anda memakai pelek berukuran 17 inci, pilih velg mobil ring 17 juga.

Viral :   Tips Memilih Velg Racing Mobil yang Tepat

Bila ingin mengganti dengan pelek berdiameter lebih besar, pilih ukuran satu hingga dua inci di atas standar, idealnya 2 inci. Artinya, velg ring 17 juga bagus digunakan untuk mengganti velg ring 15.

  1. Perhatikan Aspek Rasio Ban

Bila Anda mengganti velg dengan yang berukuran lebih besar, perhatikan aspek rasio ban. Aspek rasio ban bisa dilihat di kode ban “225/35R17” bagian angka 35. Semakin kecil angkanya, semakin tipis ban yang dipakai. Sesuaikan aspek rasio agar tinggi ukuran total ban tidak berubah.

Namun, penggunaan ban yang lebih tipis memiliki banyak kekurangan. Kenyamanan berkendara pasti berkurang karena daya serap getarannya lebih kecil. Selain itu, hal ini juga bisa memotong usia kaki-kaki dan spare part lainnya dengan lebih cepat.

  1. Hitung Jumlah dan Ukuran Baut

Bagian penting dari ban adalah bautnya. Mengganti velg juga bisa berarti mengganti bautnya. Ada pelek yang menggunakan 4 baut, ada juga yang berjumlah 5 baut. Selain jumlah, lihat juga Pitch Dircle Diameter (PCD) yang menunjukkan jarak lubang baut velg.

  1. Perhatikan Lebar Pelek

Umumnya, velg mobil ring 17 memiliki lebar 7,5 hingga 8 inci. Semakin lebar velg, semakin besar kemungkinan terjadinya body roll dan understeer. Body roll mengacu pada pergerakan mobil ke arah luas saat berbelok di tikungan. Understeer adalah gejala mobil yang tetap bergerak lurus, meski setir telah diputar.

  1. Lihat Kembali Titik Tumpu Mobil

Mengganti velg menjadi lebih besar juga bisa mengubah titip tumpu mobil. Tentunya ada faktor dari offset pelek juga. Offset adalah besar permukaan tengah pelek yang menonjol keluar atau masuk ke dalam. Semakin kecil offset, semakin miring penampang tengah velg ke dalam dan bibir pelek pun makin melebar.

  1. Perhatikan EPS Ban

Hal terakhir yang harus diperhatikan saat memilih velg mobil baru adalah usia Electronic Power Steering (EPS). Usahakan untuk tidak melebihi beban EPS agar velg dan mobil bisa bertahan lebih lama. Salah satu caranya dengan memilih velg berukuran 1 atau 2 inci lebih besar dari standar pabrik.

Viral :   Cara Melegalkan Mobil Bodong

Itulah hal-hal yang harus diperhatikan saat memilih dan mengganti velg mobil. Sebagai tambahan info, harga velg mobil ring 17 di pasar tahun 2021 berkisar antara Rp4,8 jutaan hingga Rp8,1 jutaan. Penting dicatat bahwa penggantian velg jangan sampai mengorbankan kualitas berkendara hanya demi penampilan luar.