Cara Pasang Talang Air pada Mobil

Fungsi dan Cara Pasang Talang Air Mobil

Talang air mobil menjadi salah satu aksesoris pada mobil yang harus ada. Setiap mobil dengan jenis berbeda tentu saja memiliki talang air yang berbeda pula. Ukuran dan bentuk dari talang air ini beragam, disesuaikan dengan kebutuhan dan jenis mobilnya. Talang air dijual dengan harga yang terjangkau dan sangat variatif.

3 Fungsi Talang Air Mobil

Meski  dapat dibeli dengan harga yang terjangkau, penggunaan talang air ini kerap kali dianggap sepele sehingga banyak mobil yang tidak menggunakan talang air. Tak hanya sebagai aksesoris pada mobil, talang air ini memiliki fungsi yang sangat mendukung performa mobil.

  1. Mencegah Air Hujan Masuk Kabin

Salah satu fungsi talang air adalah mencegah air hujan masuk ke dalam kabin. Jika saat dalam perjalanan tiba-tiba hujan dan Anda belum sempat menutup jendela, talang air ini sangat berguna untuk melindungi kabin dari air hujan.

Selain itu, keberadaan talang air juga dapat berguna ketika AC mobil mati dan di luar kondisi hujan. Kaca jendela dapat dibuka sedikit untuk mengurangi embun yang ada pada kaca.

  1. Membantu Sirkulasi Udara saat Mobil Diparkir

Mobil yang sedang diparkir pada tempat yang panas akan membuat suhu kabin mobil semakin panas bila kaca mobil tertutup rapat. Adanya talang air mobil dapat membantu sirkulasi udara di dalam kabin, yaitu dengan cara membuka sedikit kaca jendela tanpa melebihi talang air.

Viral :   Panduan Lengkap Cara Aman Beli Motor STNK Only

Hal ini karena jika tidak ada talang air dan kaca jendela dibuka sedikit, keamanan mobil tidak terjaga serta terasa sedikit riskan karena orang sekitar dapat melihat bagian interior.

  1. Membuat Tampilan Mobil Lebih Keren

Talang air tidak hanya mencegah air masuk ke dalam karena talang air juga memiliki fungsi lain, yaitu untuk membuat tampilan mobil menjadi lebih keren.

Pemasangan talang air ini akan membuat mobil memiliki nilai estetika lebih. Tak heran jika banyak bara pengendara mobil yang memasang talang air untuk membuat mobilnya lebih terlihat keren dan sempurna.

Cara Pasang Talang Air pada Mobil

Untuk memasang komponen talang air pada mobil, berikut langkah-langkah yang bisa Anda ikuti.

  1. Persiapkan Alat dan Bahan

Pemasangan talang air cukuplah mudah, yang pertama harus dilakukan adalah dengan menyiapkan alat dan bahan. Adapun peralatan yang perlu disiapkan di antaranya adalah kanebo, gunting, larutan sabun, dan double tape.

  1. Pilih Jenis Talang Air

Talang air yang dijual satu set yang terdiri dari 4 bagian untuk masing-masing pintu. Pilih talang air yang dengan jenis plug and play agar tidak perlu memotong talang airnya. Selain itu, tentu Anda perlu memilih dengan ukuran dan lekukan yang telah diperhitungkan.

  1. Bersihkan Pintu dan Talang Air

Sebelum dilakukan pemasangan, sebaiknya pintu mobil dan talang air mobil dibersihkan terlebih dahulu guna meningkatkan daya rekat karena debu dan kotoran telah hilang.

Viral :   7 Penyebab Komstir Rusak, Jangan Dianggap Sepele!

Selain itu, untuk membuat permukaan body mobil menjadi lebih kesat, Anda dapat menggunakan air sabun untuk membersihkannya. Setelahnya, lap hingga kering pada permukaan body bagian atas jendela. Permukaan talang air dapat ditempelkan dengan double tape agar lebih rekat menempel pada body mobil.

  1. Pasang Talang Air

Talang air yang telah ditempeli dengan double tape dapat dipasang langsung pada bagian atas jendela mobil. Pemasangan dilakukan dengan hati-hati dan presisi. Hal ini agar pemasangan menjadi lebih rapi dan pas pada jendela mobil sehingga kabin mobil akan aman dari cipratan air hujan saat berkendara di musim hujan.

Itulah beberapa fungsi dan cara pasang talang air mobil pada bagian atas jendela. Talang air memiliki fungsi yang sangat penting untuk menjadikan kabin mobil lebih aman. Selain itu, mobil pun akan terlihat lebih keren dan sempurna.