mobil keluarga

Memilih Mobil Keluarga yang Tepat dan Rekomendasinya

Di Indonesia, ada banyak alternatif jenis mobil keluarga yang bisa dipilih. Namun, di antara beragam jenis tersebut, multi purpose vehicle (MPV) tampaknya masih menjadi primadona. Alasannya, jenis kendaraan ini nyaman, aman, lega, kapasitas besar, dan harganya terjangkau.

Di sisi lain, banyaknya pilihan juga mungkin membuat Anda bingung untuk menentukan kendaran yang paling tepat untuk dibawa pulang. Ulasan tentang tips memilih family car berikut ini mungkin bisa membantu.

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Mobil Keluarga

Tentu ada banyak pertimbangan ketika Anda hendak membeli kendaraan, apalagi mengingat harga kendaraan juga tidak bisa dibilang murah. Apa saja yang perlu diperhatikan? Ini dia ulasannya.

  1. Fitur Keamanan

Anda tentu ingin keluarga tercinta selalu dalam keadaan aman, termasuk ketika bepergian menggunakan mobil. Karena itu, hal pertama yang patut Anda ketahui sedetail mungkin dari sebuah kendaraan adalah fitur keamanannya.

Pastikan mobil memiliki fitur keamanan standar, seperti Anti-lock Braking System (ABS) dan Brake Assisst pada sistem pengereman, airbags, seatbelt, dan child safety lock.

  1. Performa Mesin dan Konsumsi BBM

Akselerasi yang halus dan nyaman juga penting untuk menunjang kenyamanan keluarga ketika berada di atas kendaraan. Selain performa mesin, yang juga harus diperhitungkan adalah efisiensi penggunaan BBM. Mobil yang boros akan membuat Anda harus mengeluarkan biaya rutin yang terlalu besar.

  1. Kenyamanan Kabin

Jangan lupakan desain di dalam kabin. Apa jadinya jika jok tidak nyaman, AC tidak bekerja maksimal, atau pengaturan kursi yang membuat kabin terasa sempit? Jadi, perhatikan benar bagian kabin mobil sebelum memilihnya.

  1. Layanan Purnajual

Setelah kendaraan berhasil Anda boyong ke garasi, bukan berarti urusan selesai. Pasti ada masanya Anda harus mengganti komponen atau melakukan servis. Memilih merek kendaraan yang memiliki jaringan layanan purnajual lebih disarankan agar nantinya Anda tidak mengalami kesulitan.

  1. Biaya Perawatan Kendaraan

Selain pengeluaran rutin untuk pengisian bahan bakar, perhitungkan juga biaya perawatannya. Makin kompleks dan canggih teknologi yang dimiliki kendaraan, makin besar pula biaya perawatan dan harga suku cadangnya.

Viral :   Cara Melihat Tahun Pembuatan Ban Mobil Dunlop

Jika menyangkut fitur keselamatan, mengeluarkan biaya lebih mungkin tak masalah. Namun, untuk fitur lain seperti fitur hiburan, pikirkan baik-baik apakah fitur tersebut benar-benar Anda perlukan.

  1. Harga Pembelian dan Harga Jual Kembali

Rumus utama untuk membeli mobil keluarga adalah sesuaikan dengan anggaran yang Anda punya. Cobalah membandingkan antara kelebihan yang dimiliki kendaraan dengan harganya, apakah cukup sepadan?

Selain itu, pertimbangkan harga jual kembali kendaraan tersebut. Carilah informasi seberapa besar selisih antara harga baru dan harga bekasnya. Siapa tahu suatu saat, Anda ingin menjualnya kembali untuk membeli yang baru atau alasan lain. Sederhananya, pilihlah kendaraan yang bekasnya pun banyak diminati.

Rekomendasi Family Car yang Nyaman

Seperti sudah disinggung sebelumnya, terdapat banyak pilihan mobil keluarga di Indonesia. Secara umum, kendaraan keluarga terbagi menjadi empat kelas, yaitu kelas entri (pemula), menengah, menengah ke atas, dan premium. Apa saja rekomendasi merek kendaraan keluarga untuk tiap-tiap kelas tersebut?

  • Kelas entri: Daihatsu Sigra, Datsun Go+, Suzuki Karimun Wagon R, dan Renault Triber dengan kisaran harga Rp120 juta – Rp150 juta.
  • Kelas menengah: Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, Nissan Livina, dan Daihatsu Xpander dengan harga antara Rp195 juta hingga Rp270 jutaan.
  • Kelas menengah atas: Toyota Sienta dengan harga Rp260 jutaan dan Toyota Kijang Innova yang dibanderol dengan harga termahal sekitar Rp495 juta.
  • Kelas premium: Toyota Voxy, Toyota Velfire, Toyota Alphard, dan Lexus LM. Kisaran harganya adalah antara Rp500 juta sampai Rp2,4 miliar.
Viral :   Kenali Beberapa Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

Setiap jenis kendaraan menawarkan kelebihan masing-masing dan sudah pasti semuanya memiliki kelemahan. Namun, plus minus ini sifatnya relatif bagi setiap orang. Jadi, merek apa yang paling tepat untuk dijadikan mobil keluarga, Anda-lah yang menentukan.