Harga Mobil Bekas Murah

Jangan Tergiur Harga Mobil Bekas Murah, Ini Tips Membelinya

Memiliki kendaraan pribadi bukan monopoli mereka yang memiliki uang berlebih. Jika Anda kebetulan memiliki keterbatasan finansial, tetapi membutuhkan kendaraan untuk keperluan sehari-hari atau bahkan untuk usaha bisa mencari harga mobil bekas murah.

Sebenarnya, tidak sulit untuk mencari mobil second. Dengan seringnya produsen mobil merilis produk baru, banyak orang yang akhirnya melego mobil lamanya dan menggantinya dengan yang lebih baru. Akan tetapi, Anda tetap harus berhati-hati, agar tidak kecewa. Tips berikut ini mungkin bisa membantu.

Tips Aman Mencari Harga Mobil Bekas Murah

Untuk mendapatkan mobil bekas, Anda bisa pergi ke showroom, bertemu langsung dengan pemilik, atau dengan bantuan situs-situs di internet. Apa pun caranya, perhatikan beberapa hal ini sebelum Anda melakukan transaksi.

  1. Datangi Showroom yang Memiliki Banyak Stok

Stok melimpah membuat Anda memiliki lebih banyak alternatif kendaraan. Jadi, Anda bisa mendapatkan kendaraan yang benar-benar sesuai keinginan dan tentu saja sesuai kantong.

  1. Banyaklah Bertanya

Ajukan pertanyaan sebanyak mungkin kepada penjual agar Anda akan makin banyak tahu kondisi kendaraan tersebut. Anda akan lebih mudah menimbang apakah mobil tersebut layak dibeli atau tidak. Jangan takut disebut bawel karena bertanya adalah hak Anda.

  1. Pilih yang Paling Sesuai Bujet

Salah satu alasan Anda untuk mencari harga mobil bekas murah adalah karena keterbatasan dana, bukan? Jadi, jangan tergoda ketika melihat mobil yang desain yang keren dengan fitur yang serba canggih, padahal tidak Anda perlukan. Fokuslah pada hal-hal yang fungsional dan standar saja.

  1. Periksa Catatan Servis Kendaraan

Mungkin catatan servis atau service record sering dilupakan orang ketika hendak membeli mobil bekas. Padahal, catatan ini sangat penting untuk mengetahui apakah kendaraan tersebut dirawat dengan baik atau tidak. Jika servis dilakukan secara rutin, apalagi di bengkel resminya, Anda akan lebih yakin performa kendaraan masih bagus.

  1. Jangan Tergoda Harga Super Miring

Meskipun dana yang Anda miliki terbatas, bukan berarti Anda harus memilih harga mobil yang ditawarkan dengan sangat murah. Anda justru harus curiga karena kemungkinan kondisi kendaraan tersebut memang sudah tidak layak, misalnya karena pernah mengalami kecelakaan atau terendam banjir.

Viral :   Tips Perawatan Kaki Kaki Mobil Paling Mudah Supaya Awet

Bukan hanya itu, terkadang harga mobil yang ditawarkan dengan super murah hanyalah taktik penjual sebagai pancingan agar Anda datang ke showroom miliknya. Kemudian, dia akan menawarkan mobil yang lainnya.

  1. Periksa Kondisi Kendaraan

Inilah bagian yang paling penting dan tentunya tidak boleh Anda lewatkan. Periksalah kondisi mobil meliputi:

  • Mesin: kendaraan harus mudah distarter, suara mesin halus, dan tidak ada kebocoran.
  • interior: cek kondisi jok, AC, audio, switch lampu, sabuk pengaman, dan sebagainya, termasuk bau kabin karena bisa mengindikasikan mobil yang pernah terendam banjir.
  • bodi mobil: periksa apakah rangka dan chassis tidak ada bekas tabrakan/perbaikan, apakah komponen pintu, kap mesin, dan kaca masih asli, cek juga cat mobil belang atau tidak, terdapat goresan/penyok atau tidak.
  1. Lakukan Test Drive

Meskipun Anda sudah melakukan pemeriksaan menyeluruh, test drive tetap wajib Anda lakukan. Hanya dengan cara ini Anda bisa mengetahui kenyamanan mobil, kondisi mesin, transmisi, dan kaki mobil.

Viral :   Cara Milih Situs Jual Beli Mobil yang Aman dan Tepercaya

Kisaran Harga Mobil Bekas Berbagai Merek

Sebagai patokan ketika Anda memilih mobil bekas dan melakukan penawaran, berikut kisaran harga mobil bekas murah untuk berbagai merek.

Merek Tipe Kisaran Harga (Rp.)
Honda Accord 38 juta-88juta
Brio 80 juta-85 juta
City 63 juta-100 juta
Jazz 83 juta
Daihatsu Ayla 83 juta-97 juta
Luxio 85 juta-99 juta
Xenia 92,5 jut-100 juta
Sirion 92 juta-100 juta
Hyundai Avega 60 juta-100 juta
Accent 58 juta
Atoz 59 juta-65 juta
Isuzu Panther 70 juta-98 juta
KIA Carens 45 juta-74,5 juta
Carnival 34 juta-52 juta
Picanto 73 juta-100 juta
Suzuki APV 79,5 juta-100 juta
Baleno 45 juta-95 juta
Karimun 82 juta-90 juta
Toyota Agya 63 juta-95 juta
Avanza 80 juta-89juta
Altis 75 juta-81,5 juta
Corona 55 juta-61,5 juta
Yaris 61,5 juta-98 juta

Demikian informasi harga mobil bekas murah untuk beragam merek ternama di Indonesia. Semoga bisa menjadi referensi untuk Anda yang hendak membeli mobil bekas.