harga accu mobil

Harga Accu Mobil serta Cara Tepat Merawatnya

Accu mobil merupakan salah satu komponen yang sangat vital pada sebuah kendaraan. Sebagai sumber energi untuk memutar dinamo starter dan menjalankan mesin, merek dan harga accu mobil tersedia dalam beragam variasi yang tentu harus Anda sesuaikan dengan mesin mobil Anda.

Selain untuk menjalankan mesin, accu mobil juga merpakan baterai bagi kendaraan yang menyediakan energi listrik pada kendaraan, misalnya menyalakan lampu, AC, dan sebagainya. Karena itu, mengetahui harga dan tips perawatan accu mobil sangatlah penting.

Berbagai Merek dan Harga Accu Mobil

Di pasaran, tersedia berbagai merek accu mobil dengan beragam tipe dan harga. Berikut informasinya untuk Anda.

Merek Tipe Harga
GS Astra NS 40Z 35 Ah Rp693.000
NS 60LS 45 Ah Rp750.000
NS 60L 45 Ah Rp792.000
NS 40 32 A (MF) Rp859.000
NS40 32a Rp925.000
G-Force NS40 32 Ah Rp600.000
NS40Z 35 Ah Rp640.000
N50 50 Ah Rp760.000
NX100-S6 55Ah Rp780.000
N50Z 60 Ah Rp850.000
Yuasa 34B19L-MF 30 Ah Rp835.000
NS-40 MF 35Ah Rp850.000
NS-40Z MF 35Ah Rp920.000
NS-60 MF 45 Ah Rp950.000

Tips Merawat Accu Mobil

Sebagai komponen vital pada kendaraan, tentu saja Anda harus memperhatikan perawatannya, apalagi mengingat harganya juga tidak murah. Berikut beberapa tips mudah agar accu mobil awet.

  1. Memeriksa Bagian Terminal

Bagian terminal yang merupakan penghubung kutub positif dan negatif sangat rentan mengalami kerusakan karena mudah disisipi bakteri dan jamur. Hal ini terutama jika usia accu sudah cukup tua. Segera bersihkan dengan cara menyikat bagian yang kotor dengan air panas.

  1. Perhatikan Daya Pengisian Bahan Bakar

Setiap kali mengisi bahan bakar, perhatikan jumlah bahan bakar ketika mesin mobil dinyalakan. Jika bensin terlalu cepat habis, mungkin terlalu banyak aksesoris pada mobil sehingga aki pun mengalami masalah. Coba lepaskan kutub negatif accu ketika menyalakan mobil. Jika mesin mati, berarti ada gangguan pengisian bahan bakar.

  1. Cek Kondisi Aki secara Rutin

Mengecek kondisi accu secara rutin juga sangat penting. Anda bisa melakukannya dengan bantuan battery load tester untuk mengetahui besaran indikator accu mobil. Untuk accu basah, cek cairan elektrolit secara teratur. Segera lakukan isi ulang jika cairan sudah hampir habis.

  1. Panaskan Mobil Meski Tidak Digunakan

Memanaskan mobil harus tetap dilakukan, meski kendaraan hanya tersimpan di dalam garasi. Jika tidak, accu mobil akan cepat kehilangan fungsinya akibat berkurangnya daya accu.

  1. Matikan Perangkat Elektrik ketika Tidak Digunakan

Radio, AC, lampu, dan televisi wajib dimatikan ketika mobil sedang tidak digunakan. Dengan begitu, accu tidak akan cepat kehabisan daya dan lebih awet.

  1. Periksa Air Accu

Pemeriksaan air accu sebaiknya dilakukan dua sampai tiga hari sekali. Tujuannya agar jika air accu berkurang Anda bisa segera melakukan pengisian ulang karena jika dibiarkan, accu akan cepat soak.

  1. Segera Atasi jika Terjadi Kebocoran

Kebocoran accu sangat berbahaya sehingga harus segera diatasi. Jika kebocorannya ringan, Anda bisa mengatasi hanya dengan membersihkannya. Namun, jika kebocorannya sudah parah, Anda mau tak mau harus mengganti dengan yang baru.

  1. Periksa Pengikat Accu

Pastikan ikatan pengikat accu selalu kuat dan tidak kendur. Segera kencangkan jika ikatan tampak kendur agar accu tetap berfungsi normal.

  1. Lepaskan Kabel Accu ketika Mobil Tidak Digunakan

Setiap kali pulang dari bepergian menggunakan mobil, upayakan untuk melepas kabel accu. Memang mungkin sedikit repot, tetapi cara ini efektif untuk membuat accu lebih tahan lama.

  1. Jangan Menyalakan AC dan Radio ketika Mesin Mati

Menunggu di dalam mobil sambil mendengarkan radio dan menyalakan AC, padahal mesin mobil dalam keadaan mati dan kunci kontak on. Jika Anda sering melakukannya, segera hentikan karena kebiasaan ini akan membuat accu mobil sekaligus dompet Anda juga tekor.

Viral :   Cara Blokir STNK Mobil Tanpa Ke Samsat

Accu mobil bisa digunakan sampai 1,5 tahun. Namun, jika tidak dirawat, umurnya bisa lebih pendek. Daripada harus mengeluarkan uang ekstra untuk membayar harga accu mobil yang menguras kantong, lebih lakukan tips-tips di atas.