knalpot mobil

Cara Merawat Knalpot Mobil Agar Tidak Berkarat dan Awet

Sebagai salah satu part terpenting pada kendaraan kamu, tentu saja knalpot mobil ini membutuhkan perawatan yang maksimal. Jika tidak dirawat, sudah tentu ada banyak masalah yang akan muncul pada knalpot itu sendiri. Diantaranya adalah knalpot yang karatan dan keropos.

Kalau sudah begini, sudah tentu saja tampilan knalpot kamu tidak akan maksimal lagi. Malahan knalpot yang keropos ini membuat mobil menjadi terlihat kusam dan tidak menarik lagi. Harga jual mobil kamu juga akan menurun secara tajam. Sudah tentu hal ini harus dipertimbangkan dengan baik.

Di sisi lain, knalpot yang mengalami kerusakan juga akan memunculkan suara yang tidak enak didengar. Hal ini disebabkan oleh karat berlebih pada bagian silencer sehingga knalpot menjadi jebol. Untuk mengantisipasi hal ini, ternyata ada beberapa cara merawat knalpot pada mobil yang bisa dengan mudah kamu lakukan.

Masukkan Oli Secukupnya ke Lubang Pembuangan Knalpot

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk menjaga knalpot mobil tetap awet adalah dengan memasukkan oli ke lubang knalpot. Pemberian oli ini bertujuan untuk membuat knalpot tetap basah dan mengurangi potensi karat yang ada pada knalpot itu sendiri.

Hal ini dikarenakan oli akan membuat silencer knalpot tetap basah. Silencer yang basah akan membuat permukaan dalam knalpot tetap basah dan menghindarkan interaksi langsung dengan udara. Pemberian oli ini dilakukan pada saat knalpot masih panas. Masukkan saja kurang lebih 400 ml ke dalamnya.

Viral :   Cara Mengendarai Mobil Matic dengan Mudah dan Cepat

Cek Drainase pada Mobil Secara Rutin

Cara merawat knalpot mobil selanjutnya adalah dengan mengecek drainase pada mobil itu secara rutin. Perlu dipahami, setiap jenis knalpot saat ini memiliki saluran pembuangan drainase. Fungsi dari saluran ini adalah untuk menampung seluruh intensitas air masuk ke dalam knalpot dan menuju ke silencer.

Pengecekan drainase ini bertujuan untuk menghindarkan silencer kamu dari air yang menggenang. Jadi bisa saja saluran drainase tersebut mengalami kemacetan atau kerusakan. Jika dilakukan pengecekan secara rutin, kami jamin knalpot kamu akan terhindar dari kerusakan dalam jangka panjang.

  • Panaskan Mobil dengan Rutin dan Teratur

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan memanaskan mobil secara rutin. Selain menjaga performa mesin tetap maksimal, memanaskan mobil secara rutin ini juga akan menghindarkan permukaan dalam knalpot mobil kamu dari karat.

Namun tentu saja ada trik khusus yang harus kamu lakukan. Injak pedal gas sehingga mencapai Rpm maksimal kendaraan sesaat sebelum mematikan kendaraan. Ini akan membuang seluruh kandungan air yang ada di dalam knalpot itu sendiri.

  • Ampelas Knalpot dan Berikan Pelapisnya

Jika memang sudah terlanjur ada karat pada bagian knalpot mobil kamu, pastikan untuk menghilangkannya dengan mengampelas titik karatan tersebut. Ini akan menghindarkan kamu dari risiko karat yang terus melebar.

Bisa juga dengan menyemprotkan cairan khusus untuk menghilangkan karat pada titik tersebut. Setelah beberapa menit, barulah kamu bisa menggosoknya dengan ampelas. Namun cara ini tidak boleh dilakukan secara rutin karena akan mengurangi ketebalan permukaan dari knalpot.

Viral :   Tips Mengelola Cicilan Mobil Agar Tidak Berat

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk menghindarkan karat pada knalpot adalah dengan memberikan pelapis. Pelapis atau pengkilap ini biasanya berupa semir knalpot yang bisa kamu temukan dengan mudah di berbagai toko otomotif.

Jika dilakukan secara rutin, pemberian pelapis ini akan membuat knalpot mobil kamu tetap kinclong seperti baru lagi. Namun pastikan juga untuk memilih brand pelapis yang berkualitas. Jangan memilih produk sembarangan karena berisiko memberikan dampak korosif pada knalpot.

  • Keringkan Knalpot yang Basah Setelah Kehujanan

Kalau kamu kehujanan dan sudah sampai ke rumah, pastikan juga untuk mengelap knalpot yang basah. Ini akan menghindarkan knalpot dari karat dengan baik. Air hujan memiliki sifat korosif yang begitu tinggi terhadap knalpot. Jadi jangan sampai malas melakukannya.

Jika diperlukan, kamu juga bisa menggunakan cairan Portex yang banyak dipasarkan saat ini. Cairan ini berfungsi untuk membersihkan noda membandel pada knalpot secara menyeluruh. Namun kamu harus berhati-hati saat menggunakannya.

Kalau kalian kesulitan menemukan cairan portex, bisa juga dengan menggunakan kombinasi antara pertamax dengan minyak tanah. Kombinasi cairan tersebut sangat ampuh untuk mengatasi noda membandel yang muncul pada knalpot mobil kamu.