Jaket Touring

Cara Memilih Jaket Touring yang Akan Sangat Bermanfaat

Pemilihan jaket touring merupakan hal penting bagi orang atau riders pecinta hobby ini. Karena touring merupakan suatu kegiatan mengendarai sepeda motor bersama dengan teman yang juga mempunyai hobby sama. Dan juga kegiatan ini biasanya dilakukan dengan jarak jauh dengan tujuan melepaskan penat atau stress.

Selain itu, kegiatan ini juga dapat mempererat silaturahmi persahabatan antara sesama anggota club. Oleh karena itu, pemilihan jaket sangat penting dalam kegiatan ini. Menggunakan jaket yang salah saat touring malah akan menimbulkan suatu masalah, karena perjalanan yang ditempuh bukan jarak dekat juga melalui jalan-jalan ekstrim.

Sebuah perjalanan jauh pasti memerlukan persiapan matang agar terhindar dari hal-hal tidak diinginkan. Meski ketika awal keberangkatan kondisi tubuhmu baik-baik saja, namun kondisi tersebut dapat berubah ketika diperjalanan. Hal tersebut dapat terjadi karena berbagai faktor, misalnya karena hembusan angin sangat kencang.

Ada sebuah pepatah mengatakan “Mencegah lebih baik daripada Mengobati”, maka untuk mencegah terjadinya hal tersebut menggunakan jaketnya dengan tepat adalah salah satu cara mencegahnya. Jaket untuk touring juga tentu memiliki standar syarat dan ketentuannya sendiri agar dapat disebut jaket tersebut.

Cara Memilih Jaket Touring dengan Tepat

Pada dasarnya ketentuan jaket untuk melakukan kegiatan ini adalah memiliki bahan yang tebal serta dapat menutup seluruh bagian tubuh sampai ke bagian leher. Selain menjaga kondisi tubuh dari udara atau cuaca ekstrim, jaket ini juga dapat meminimalisir cedera yang akan dihasilkan jika terjadi suatu kecelakaan.

  1. Sesuai dengan ukuran tubuh

Cara memilih jaket touring dengan tepat yang pertama adalah mencari ukuran sesuai dengan tubuh atau badan. Ini perlu diperhatikan, karena jika ukurannya terlalu besar atau terlalu kecil maka itu akan mengganggu konsentrasimu ketika berkendara. Oleh karena itu, pilih jaket yang memiliki ukuran pas dengan badan.

  1. Memperhatikan bahan

Jaket untuk melakukan kegiatan ini tentu memiliki bahan sangat berbeda dengan untuk kepentingan sehari-hari. Dalam hal ini kamu bisa memilih jaket dengan memiliki bahan nilon atau polyester. Bahan tersebut sangat cocok untuk perjalanan jarak jauh karena akan lebih nyaman ketika dipakai dalam waktu panjang.

  1. Memperhatikan kualitas jahitan juga sambungannya

Kualitas jahitan dan sambungan tentu memiliki pengaruh besar dalam melakukan touring. Oleh karena itu, pastikan kualitas jahitan jaket yang akan dipilih itu rapi juga tampak kuat khususnya pada bagian dada dan punggung. Hal tersebut akan memiliki pengaruh terhadap keamanan ketika berkendara.

  1. Warna

Hal ini mungkin terlihat sepele, namun hal ini memiliki dampak sangat besar dalam touring. Jaket touring biasanya terdapat aksen garis terbuat dari bahan yang bisa memantulkan cahaya. Dan warna aksen garis tersebut biasanya berwarna kuning, oren, atau hijau stabilo.

Viral :   Cara Tune up Pada Motor dan Biaya Keseluruhannya

Ini penting agar pengguna jalan lain dapat melihatmu dengan baik ketika touring. Jika kamu memilih pakaian yang memiliki warna gelap, maka pengguna jalan lain tidak dapat melihatmu dengan jelas. Dengan begitu, tingkat terjadinya kecelakaan mungkin akan lebih besar.

Tips Sebelum Melakukan Touring Jarak Jauh

Touring tersebut akan menjadi sebuah perjalanan yang panjang. Maka dari itu, kamu harus melakukan persiapan dengan sangat matang. Selain memperhatikan jaket touring yang akan dipakai, sebaiknya perhatikan juga kondisi motor yang akan digunakan terlebih dahulu. Hal ini merupakan hal yang sangat penting.

Motor yang akan digunakan untuk touring perlu disiapkan kondisi motornya dari jauh-jauh hari. Dimulai dari mengganti oli, melakukan cek pada filter udara, rem cakram, suspensi, sistem pembakaran, dan lampu. Kamu perlu memastikan bahwa hal-hal tersebut berjalan dengan baik dan tentu menjaganya sampai hari H.

Viral :   Tips Bikin Motor Custom agar Semakin Keren

Selain itu, kamu juga harus memastikan kondisi tubuhmu sendiri. Untuk melakukan touring perjalanan jauh kamu harus memiliki kondisi tubuh yang benar-benar sehat. Perjalanan jauh menggunakan sepeda motor akan menguras banyak tenaga juga memerlukan tingkat konsentrasi tinggi, karena kondisi jalanan tidak akan selalu mulus.

Sebelum melakukan touring kamu bisa menjaga kesehatanmu dengan berolahraga, makan teratur, dan tidur dengan cukup. Sedangkan untuk menjaga kesehatan di perjalanan ketika touring, maka kamu dapat menjaga kesehatan tersebut dengan cara menggunakan helm dan jaket touring yang tepat.

Kata Pencariancara memilih jaket yang tepat