tips touring motor

Tips Touring Motor dengan Baik untuk Pemula

Mengetahui tips touring motor dengan baik itu penting karena ini merupakan salah satu kegiatan yang sedang populer saat ini. Ini terjadi karena semakin banyaknya bermunculan komunitas-komunitas atau club motor. Bagi pemilik sebuah kendaraan bermotor tentu touring merupakan hal menyenangkan dan dapat dilakukan dengan mudah.

Namun, banyak hal harus dipersiapkan dan diperhatikan ketika akan melakukan kegiatan ini, apalagi jika jarak yang ditempuh bukanlah jarak dekat. Touring tersebut akan menjadi berbahaya jika tidak memiliki persiapan matang. Apalagi jika kamu merupakan orang awam atau pemula yang tidak memiliki pengalaman dalam hal ini.

Tips touring motor ini tentu akan membuat kegiatan ini menjadi sangat menyenangkan bagi para pemula. Apalagi jika jalur perjalanannya melalui berbagai macam medan perjalanan yang memiliki panorama alam sangat indah. Tentu hal tersebut akan membuat perjalanan kegiatan ini semakin menyenangkan.

Namun untuk membuat kegiatan tersebut menjadi menyenangkan bukan suatu hal mudah. Dibutuhkan persiapan atau perencanaan matang dan memiliki kondisi fit baik kondisi kendaraan atau juga kondisi tubuh kita sendiri. Oleh karena itu, mengetahui cara untuk membuat kegiatan touring ini menjadi sangat menyenangkan itu hal penting.

Tips Touring Motor yang Perlu Diperhatikan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kegiatan ini tentu memiliki banyak hal untuk diperhatikan dan disiapkan. Tips melakukan touring motor ini perlu diperhatikan agar kegiatan ini menjadi kegiatan yang menyenangkan dan agar terhindar dari hal-hal buruk atau tidak baik.

  1. Kondisi dan kesiapan Kendaraan

Memperhatikan kondisi kendaraan adalah tips touring motor utama yang harus dilakukan jika ingin melakukan touring jarak jauh. Pastikan kondisi kendaraan dalam keadaan baik, kamu bisa memastikannya dengan cara melakukan cek pada oli, rem, lampu, klakson, kondisi pembakaran, perapian, dan lainnya.

Viral :   Tips Memilih Knalpot Racing Jupiter Z Untuk Pemakaian Harian

Selain itu, perhatikan juga mengenai kesiapan kendaraan tersebut seperti surat-suratnya lengkap, servis kendaraan, dan lainnya. Jika semuanya sudah dipastikan dan hasilnya oke atau baik, maka kamu bisa melakukan kegiatan ini dengan baik dan menyenangkan tentunya.

  1. Kondisi Fisik

Tidak sedikit orang melakukan touring dengan tidak memperhatikan kondisi tubuhnya sendiri, sehingga orang tersebut mudah lelah saat mengendarai motor. Hal itu tentu akan membahayakan diri sendiri dan orang lain. Ketika seseorang lelah, maka orang tersebut akan mempunyai konsentrasi rendah dan tidak dapat berkendara dengan baik.

Oleh karena itu, pastikan kondisi tubuhmu dalam keadaan sehat bugar. Karena melakukan touring dengan jarak jauh biasanya memakan waktu lama, bisa jadi sampai berhari-hari. Kamu dapat menjaga kesehatan dengan berolahraga dan beristirahat dengan cukup setiap harinya.

  1. Meriset Rute Perjalanan

Melakukan riset pada rute perjalanan yang akan ditempuh merupakan hal penting untuk menentukan semua kesiapanmu dalam melakukan touring. Hal ini akan membuatmu dengan mudah mengetahui seberapa jauh jarak dan lama waktu perjalanan yang akan dilalui.

Viral :   Perbedaan Antara Knalpot Cha Yang Asli Dan Palsu

Selain itu, hal ini juga akan mempermudah kamu untuk menentukan seberapa besar dana yang dibutuhkan agar sampai di tempat tujuan dan dapat pulang kembali dengan selamat. Maka dari itu, riset rute perjalananmu terlebih dahulu sebelum melakukan touring.

  1. Membuat Rencana Anggaran Biaya

Melakukan touring dengan jarak jauh tentu memerlukan biaya cukup besar. Oleh karena itu, membuat rencana anggaran biaya atau estimasi biaya merupakan tips touring motor penting jika touringmu tidak ingin berantakan karena kehabisan uang atau ongkos. Ditambah lagi, kamu akan sulit untuk menemukan ATM didaerah-daerah tertentu.

Tips Lainnya untuk Melakukan Kegiatan Touring Jarak Jauh

Kegiatan ini memang merupakan hal yang sangat menyenangkan. Namun, apa artinya jika hal menyenangkan tersebut terdapat kesulitan yang sangat merepotkan? Maka dari itu, untuk menghindari terjadinya hal-hal tidak diinginkan, perhatikan dengan seksama mengenai tips yang akan diberikan.

Tipsnya yaitu pastikan kamu membawa peralatan wajib seperti jas hujan, pakaian ganti, alas kaki yang nyaman, obat-obatan juga kotak P3K, Tool kit, Flat Tire Repair Kit, pisau lipat, senter, korek atau pematik api, GPS atau peta, dan Power Bank.

Alat-alat tersebut akan sangat berguna seperti pepatah sedia payung sebelum hujan. Kami jamin bahwa kamu tidak akan mengalami kesulitan yang merepotkan ketika melakukan kegiatan ini dan kamu tentu akan mendapatkan perjalanan yang sangat menyenangkan jika mengikuti tips touring motor tersebut.