bus tingkat

Fakta Unik dari Bus Tingkat yang Perlu Diketahui

Seiring berjalannya waktu, keberadaan bus tingkat kini semakin tersebar luas dan mudah ditemukan di lingkungan masyarakat. Walaupun dulu memang sudah pernah ada sebuah bus bertingkat namun seiring perkembangan transportasi malah dihilangkan. Tetapi hingga saat ini muncul kembali dan mungkin kamu pernah melihat secara langsung.

Jenis transportasi satu ini sangat penting bagi kehidupan manusia, sudah puluhan tahun tidak pernah tergantikan walaupun waktu berjalan terus. Mengingat keberadaan dari bus diperlukan untuk mengangkut seseorang dari satu tempat ke lainnya. Tapi berbeda jika dibandingkan bus double decker, biasanya hanya dipakai berkunjung di dalam kota.

Contoh menarik kehadiran bus berlantai dua yang baru dimiliki Pemprov DKI Jakarta beberapa waktu lalu, terdapat banyak fakta uniknya lho. Menjadi kota metropolitan dengan penduduk paling padat di Indonesia, tentunya diperlukan armada guna mengangkut orang lebih banyak. Lalu keberadaan armada tersebut dipakai sehari-hari.

Pemprov DKI Jakarta resmi memperkenalkan bus tingkat yang dapat dipakai untuk masyarakat umum sehingga semakin mudah menjalankan mobilitas sehari-hari. Agar tidak penasaran terhadap kumpulan fakta menarik dari kehadiran bus jenis ini, langsung saja ikuti hingga akhir. Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai fakta bus bertingkat Jakarta.

Memiliki Banderol Harga Sebesar 17 M Rupiah

Siapa yang tidak penasaran dengan harga setiap alat transportasi dirancang khusus untuk memudahkan para masyarakat dalam sehari-hari. Jika kamu ingin mengetahui secara lengkap, ternyata double decker jenis ini punya harga senilai 17 milyar rupiah lho. Bukan angka kecil, pantas saja apabila Pemprov selalu mengimbau penumpang.

Viral :   Sinyal GPS Hilang Google Maps? Inilah Cara Mengatasinya

Dilihat dari ukuran sendiri, armada double decker milik Pemprov DKI Jakarta mempunyai panjang 11,3 meter. Kemudian selain itu juga terdapat ukuran melebar hingga dua setengah meter ditambah tingginya mencapai 4,2 meter. Tentunya dengan melihat ukuran ini bukan bus kecil, tetapi sangat besar ketika di jalanan.

Seperti produk pada umumnya, Indonesia sering sekali bekerja sama dengan Cina, salah satunya armada kali ini. Ya, bus yang memiliki ruangan sebanyak dua lantai sekaligus untuk mengangkat penumpang umum dirakit di Cina. Tepatnya pada kota Xiamen, seluruh komponen Mesin juga dibuat langsung dari Wechai.

Memang dari segi teknologi bus tingkat dibuat penuh di Cina, sehingga Indonesia tidak kebagian apapun dalam pembuatan ini. Atau bisa dikatakan kita hanya menerima jadi setelah membayar senilai 17 milyar tadi. Fakta menariknya, perusahaan asal Australia yang ternyata memproduksi bus ini dengan dirancang di Cina.

Bagian komponen tidak ada yang berasal dari Indonesia, walaupun sekecil apapun disuplay langsung oleh Cina. Mengapa demikian? Hal tersebut dikarenakan Cina menjadi salah satu negara dengan perkembangan dunia teknologi paling maju. Oleh karenanya demi menjaga kualitas pada saat bus dipakai sehari-hari, pastinya tidak ambil risiko.

Mampu Beroperasi Selama 10 Tahun

Kebutuhan bus tingkat semakin besar membuat kualitas harus dijamin penuh supaya tidak mudah mengalami kerusakan. Maka perusahaan resmi yang merakit seluruh komponen menjamin bahwa bus dapat beroperasi selama 10 tahun ke depan. Hal ini menjadi dorongan penuh supaya kegiatan wisata semakin digemari masyarakat luas.

Viral :   Kelebihan yang Ditawarkan Cuci Jok Mobil Profesional

Lalu melihat jumlah kapasitasnya, tentu sudah tersedia kursi sebanyak 60 dalam jumlah keseluruhan atas maupun bawah. Untuk rinciannya sendiri penumpang atas terdapat 40 kursi, dan di bawah bisa menampung 20 orang. Dikarenakan masih pandemi, tetap saja penumpang akan dibatasi demi menjalankan protokol kesehatan.

Belum cukup sampai di sini saja, meskipun mempunyai harga dan kualitas mentereng dibandingkan armada lain, tapi bus ini tergolong pendek. Oleh sebabnya permukaan tanah dengan bagian paling bawah tidak terdapat jarak terlalu tinggi. Apabila ada daerah yang banjir, tentunya tidak bisa menerobos dengan sendirinya.

Mengingat jenis double decker dijadikan sebagai armada wisata bagi para wisatawan, membuatnya tidak melintas di busway. Jakarta menjadi kota paling padat, sehingga wisatawan selalu datang ke ibukota untuk berwisata. Mengingat adanya bus jenis tersebut, otomatis penumpang bisa menikmati suasana ibukota tanpa terjadi hambatan.

Setelah melihat seluruh fakta menarik dari keberadaan armada tingkat ini tentunya kamu harus mencoba langsung di Jakarta. Dijamin selama berlibur bisa menikmati pemandangan kota-kota Jakarta menggunakan double decker. Tertarik untuk mencoba? Yuk langsung berwisata menggunakan bus tingkat dalam mengunjungi seluruh penjuru ibukota tanpa kesulitan.