Mobil ambulance

Kenali Jenis Mobil Ambulance serta Beragam Fungsinya

Mobil ambulance tidak saja sudah tidak asing lagi penggunaannya di Indonesia. Mobil tersebut memiliki peranan yang sangat penting untuk bisa membawa orang yang dalam kondisi kritis ke rumah sakit. Sehingga tidak dapat dipungkiri lagi pentingnya keberadaan kendaraan tersebut. Kini kendaraan tersebut tidak hanya dimiliki oleh instansi rumah sakit saja.

Namun beberapa organisasi kemanusiaan maupun lembaga lain juga memilikinya. Hal ini dikarenakan tidak lepas dari fungsi penting dari ambulans. Salah satu fitur yang menjadi ciri khas dari ambulans adalah sirine lampu yang kedap-kedip. Sirine akan terdengar keras ketika kendaraan itu melintas. Pada umumnya kita menjumpai ambulans dengan lampu dan sirine yang keras di jalan.

Saat sirine terdengar, hal tersebut ibarat tanda agar membuat pengendara lain memberikan jalan untuk kendaraan tersebut lewat. Kondisi tersebut merupakan kondisi urgen atau mendesak dikarenakan kendaraan tersebut mengangkut orang yang sedang kritis. Sehingga menurut aturannya, ambulans adalah salah satu kendaraan yang boleh melanggar lampu merah.

Di masa saat ini, ada beragam jenis ambulans, bahkan banyak perusahaan otomotif yang memproduksi mobil jenis tersebut. Berikut di antaranya.

Beragam Jenis Mobil Ambulance yang Perlu Diketahui

Saat ini, ada beragam jenis ambulance yang perlu diketahui untuk menambah pengetahuan dan wawasan kita. Bahkan banyak perusahaan otomotif atau kendaraan ternama yang memproduksi ambulans. Misalnya saja seperti Suzuki, Hyundai, Toyota, Mitsubishi, Isuzu dan lain-lain. Beberapa perusahaan produksi mobil bergengsi tersebut bahkan mengeluarkan produk ambulans sendiri.

Viral :   Ini Dia Tips Aman Menyetir untuk Pemula yang Baru Belajar

Instansi rumah sakit maupun organisasi yang memiliki ambulans tentu saja mobilnya bisa sangat beragam. Tergantung dengan kebutuhan serta anggaran. Tidak hanya itu ambulans tentu saja dirancang dengan fitur khusus, seperti fitur untuk menyimpan alat medis. Fitur tersebut tentu saja sangat dibutuhkan ketika menangani pasien yang sedang dalam kondisi kritis.

Beberapa perusahaan produksi ternama memang mengeluarkan mobil ambulance. Misalnya saja Suzuki, perusahaan tersebut memilih ambulans dari jenis mobil APV. APV memang memiliki ukuran besar, yakni panjangnya adalah 4 meter sementara lebarnya adalah sekitar 1,6 meter. Sehingga sesuai jika digunakan untuk pasien sedang dalam kondisi kritis atau gawat darurat.

Sementara untuk perusahaan seperti Toyota, produk kendaraan ambulans menggunakan mobil jenis kijang bahkan Alphard. Mobil kijang memang memilik ukuran yang sangat luas serta sparepartnya juga mudah ditemukan di pasaran, sehingga tidak mengherankan jika jenis mobil tersebut digunakan untuk ambulans.

Memang bukan menjadi hal aneh jika pemilihan ambulans mempertimbangkan kemudahan dalam penyediaan sparepart. Jenis kendaraan tersebut berpotensi pemakaiannya sering, oleh karena itu jika mengalami kerusakan tentu saja penting untuk mencari sparepart yang mudah ditemukan.

Beberapa Fungsi Ambulans untuk Warga

Mobil ambulance memiliki beberapa fungsi untuk warga yang perlu diketahui. Beberapa fungsi tersebut di antaranya adalah sebagai sarana transportasi pasien, membawa jenazah hingga untuk membawa pasien dalam kondisi emergency atau gawat darurat. Ambulans dengan fungsi untuk transportasi pasien pada umumnya juga dilengkapi dengan peralatan medis.

Viral :   Bebas Antrean, Begini Cara Beli Tiket Bus secara Online

Pada umumnya untuk ambulans transportasi juga memungkinkan dokter maupun perawat menangani pasien yang sedang sakit. Sementara untuk ambulans jenazah tentu saja khusus untuk membawa jenazah ke rumah duka. Beberapa kerabat jenazah juga bisa menemani di dalam mobil untuk mengantar ke rumah duka.

Sementara untuk ambulans yang berfungsi membawa pasien gawat darurat umumnya dilengkapi dengan peralatan medis. Peralatan medis tersebut sangat membantu pasien selama perjalanan menuju rumah sakit. Apalagi kondisi pasien benar-benar kritis sehingga membutuhkan peralatan medis memadai.

Pertimbangan Memilih Mobil Ambulance untuk Pasien

Memilih ambulance bagi instansi maupun organisasi tentu saja harus mempertimbangkan beberapa hal. Beberapa di antaranya adalah kebutuhan mobil dan anggaran dana. Kebutuhan mobil ini sangat penting dikarenakan berpengaruh pada jenis mobil yang diambil. Apakah jenis mobil transportasi yang membawa pasien ke rumah sakit, kendaraan jenazah maupun untuk mengangkut pasien gawat darurat.

Tidak hanya itu, anggaran dana juga menjadi hal penting dikarenakan jenis kendaraan tertentu, baik untuk transportasi, mengangkut jenazah maupun kondisi gawat darurat memiliki harga yang berbeda. Oleh karena itu sangat penting untuk memahami kebutuhan instansi atau organisasi.

Ambulans memiliki peranan sangat penting untuk mendukung kebutuhan instansi maupun organisasi. Instansi atau organisasi juga dalam memilih ambulans tentu saja perlu mempertimbangkan jenis mobil dan fungsinya agar dapat memilih mobil ambulance secara tepat.