Jam operasional busway

Jam Operasional Busway Agar Tepat

Jam Operasional Busway Agar Tepat – Jam operasional busway sangat penting diketahui oleh penumpang yang ingin menggunakan transportasi tersebut. Jika tidak mengetahui jam operasional, tentu saja kamu yang ingin menggunakan transportasi umum bisa saja tidak dapat menggunakan kendaraan tersebut. Selain itu, kamu juga harus mempersiapkan protokol kesehatan di tengah kondisi pandemi Covid-19.

Di tengah pandemi Covid-19 yang juga belum usai, pemerintah juga menghimbau agar masyarakat sebaiknya tetap beraktivitas di rumah, jika tidak ada keperluan mendesak. Namun jika terpaksa harus beraktivitas di luar rumah dan menggunakan transportasi umum tentu saja sangat penting menerapkan protokol kesehatan.

Pada masa pandemi Covid-19, pemerintah juga melakukan pembatasan terhadap kapasitas transportasi umum, termasuk busway. Yakni jumlah penumpang yang boleh naik kendaraan tersebut adalah 50% dari kapasitas normal. Hal tersebut sebagai upaya untuk mencegah timbulnya kerumunan yang berpotensi menjadi rantai penyebaran virus.

Bagi penumpang yang ingin menggunakan busway, tentu saja perlu memahami aturan terkait jam operasional. Berikut di antaranya jam operasional transportasi umum tersebut dan protokol kesehatan apa saja yang harus dipersiapkan dan diperhatikan.

Ketahui Jam Operasional dari Busway secara Tepat

Jam operasional busway terbaru yang perlu diketahui masyarakat umum atau calon penumpang agar dapat melakukan aktivitas dengan baik dan dapat menggunakan transportasi tersebut sesuai dengan aturan jam operasional yang sudah ditetapkan. Jam operasional terbaru yang sudah ditetapkan adalah mulai pukul 05.00 WIB hingga 22.00 WIB.

Viral :   Tips Merawat Mobil Putih Agar Warnanya Tetap Cerah dan Terlihat Elegan

Kamu perlu memperhatikan jam operasional mulainya busway beroperasi serta mempersiapkan diri jika ingin menggunakan transportasi tersebut pada pagi hari. Sementara pada malam hari, sebaiknya menggunakan busway tidak melebihi jam 22.00 WIB. Karena kamu bisa saja ketinggalan dan berakibat tidak dapat menggunakan layanan transportasi tersebut. Kondisi tersebut tentu menjadi hal tidak diinginkan.

Penerapan jam operasional busway juga memiliki dasar yang kuat, yakni disesuaikan dengan surat keputusan dari dinas perhubungan provinsi DKI Jakarta. Surat keputusan tersebut berkaitan dengan kapasitas transportasi dan waktu operasional sarana transportasi. Tidak hanya itu, kapasitas dalam busway juga tidak full, namun maksimal hanya 50% dari kapasitas maksimal.

Kamu yang ingin menggunakan transportasi tersebut sebaiknya memperhatikan betul jam operasional agar dapat mempersiapkannya dengan baik dan agar tidak ketinggalan pelayanannya. Jika hal tersebut terjadi tentu saja bisa mengubah jadwal yang sudah tersusun dengan baik. Kamu juga bisa saja mengalami kesulitan dan harus mencari pilihan lain jika tidak menggunakan transportasi umum.

Persiapan Menggunakan Transportasi Busway di Masa Pandemi

Selain memahami jam operasional busway, sebagai pengguna transportasi umum tersebut juga penting mempersiapkan dan memahami protokol kesehatan yang harus diterapkan di tengah pandemi Covid-19. Jika kamu mengabaikan protokol kesehatan, maka sangat berpotensi petugas tidak mengizinkan kamu menggunakan transportasi umum tersebut. Kondisi ini tentu saja tidak diinginkan.

Viral :   Tips Memilih dan Memasang Cutting Sticker Mobil Sendiri

Beberapa aturan terkait protokol yang harus diterapkan ketika menggunakan transportasi busway di antaranya adalah menggunakan masker, ketika batuk atau bersin juga menerapkan etika sesuai syarat pencegahan Covid-19. Jika kamu tidak menggunakan masker, maka sangat berpotensi tidak mengizinkanmu naik. Kondisi lain ketika di dalam kendaraan kamu melepas masker, petugas bisa saja menegurmu.

Berbicara dengan penumpang lain juga tidak diperbolehkan. Tidak hanya itu, berkomunikasi melalui telepon juga dilarang. Jika ingin berkomunikasi dengan orang lain, tentu saja kamu harus menahannya. Karena jika hal tersebut tetap dilakukan, maka petugas bisa saja menegurmu. Membawa barang bawaan juga sebaiknya sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan.

Ketika di dalam busway juga tentu saja kamu wajib menjaga jarak aman dengan penumpang lain. Kamu bisa memilih mengantre saja di halte daripada harus berdesak-desakan. Selain itu alangkah baiknya jika sedang dalam kondisi tidak sehat, sebaiknya beraktivitas di rumah saja. Karena hal tersebut bisa menjadi media penyebaran Covid-19.

Busway merupakan transportasi masa yang bisa digunakan sebagai pilihan. Namun kamu perlu memahami waktu pelayanan busway agar tidak ketinggalan dengan pelayanan transportasi umum tersebut. Selain itu kamu juga perlu mempersiapkan protokol kesehatan dengan baik agar berupaya mengurangi penyebaran Covid-19. Jam operasional busway tersebut juga mengalami perubahan terkait dengan kondisi pandemi Covid-19.