Doa Perjalanan Jauh

Doa Perjalanan Jauh Supaya Selamat Hingga Tujuan

Melantunkan doa perjalanan jauh dilakukan dengan tujuan agar selamat hingga tujuan. Biasanya seseorang melakukan perjalanan dengan berbagai alasan. Perjalanan jauh membutuhkan waktu cukup lama entah itu dalam hitungan jam maupun hari. Agar selamat orang akan perlu melantunkan doa selama bepergian.

Bagi umat muslim terdapat doa khusus dilantunkan untuk menjaga kamu agar selamat hingga tujuan. Hal tersebut agar diberi keselamatan selama di kendaraan. Ini memiliki tujuan memperoleh perlindungan selain melakukan pengecekan secara menyeluruh pada kendaraan. Pengecekan terhadap keadaan kendaraan sangat dibutuhkan.

Sesudah berdoa selanjutnya kamu hanya perlu naik ke kendaraan. Tujuan dari berdoa sendiri bukan hanya agar selamat selama menempuh jalan jauh namun juga memperoleh rasa aman. Dengan mengucapkannya, kamu akan merasa lebih aman. Mengawali dengan berdoa sebelum berkendara jarak jauh menjadi langkah yang tepat dilakukan.

Manfaat Melantunkan Doa Perjalanan Jauh

Ada banyak manfaat bisa diperoleh dengan berdoa sebelum bepergian. Salah satunya yaitu menghilangkan gelisah. Contoh jenis perjalanan ini yaitu berlibur. Dengan berlibur banyak manfaat bisa diperoleh terutama untuk mendapat energi baru. Kegiatan ini sendiri memiliki bukti menghilangkan kebosanan.

Orang yang sering melakukan perjalanan umumnya jauh lebih bahagia jika dibanding dengan hanya tinggal di rumah. Itu sebabnya bepergian sangat baik untuk kesehatan selain dapat digunakan mempererat tali silaturahmi. Bahkan Rasulullah menganjurkan melakukan kegiatan ini agar tidak cepat mengalami stress.

Manfaat lain dari melakukannya yaitu mampu memahami arti hidup dengan lebih baik. Dengan melakukan kegiatan demikian kamu akan mengerti mengenai makna hidup. Banyak orang mengatakan jika hidup adalah sebuah perjalanan. Manfaat yang diperoleh lainnya yaitu memperoleh ilmu dari melakukan kegiatan tersebut.

Doa perjalanan jauh sangat dibutuhkan kamu ingin memperoleh keselamatan selama di jalan. Sementara saat melakukan kegiatan bepergian kamu akan memperoleh banyak pengalaman hidup yang bisa dijadikan sebagai ilmu. Hal tersebut terjadi karena sewaktu melakukan kegiatan terdapat kesempatan bertemu banyak orang.

Beberapa Anjuran yang Perlu Dilakukan Saat Bepergian

Berdoa sebelum bepergian merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Karena di dalamnya ada harapan berupa keamanan dan keselamatan selama melakukan perjalanan. Melantunkan doa perjalanan saat menempuh jarak jauh menjadi suatu upaya agar orang tersebut dapat selamat sampai tujuan. Meski berdoa sudah dilakukan, berhati-hati selama di jalan juga penting.

Berdoa sangat dianjurkan sebelum kegiatan bepergian dilakukan. Terlebih jika kegiatan tersebut membutuhkan waktu cukup lama sehingga rasa aman sangat dibutuhkan melalui doa. Terlebih banyak bahaya bisa ditemui selama di jalan. Hal tersebut karena insiden seperti kecelakaan bisa saja terjadi. Itu sebabnya rasa aman dibutuhkan.

Doa perjalanan jauh tersebut yaitu “Allahumma hawwin ‘alainaa aafaranaa hadzaa waatwi ‘anna bu’dahu. Allahumma antashookhibu fissafari walkholiifatu fiil ahli”. Pada doa tersebut kamu meminta perlindungan sekaligus hilangnya rasa gelisah. Lantunan tersebut biasanya diucapkan setelah naik kendaraan. Sementara terdapat doa lain sewaktu naik kendaraan.

Viral :   Cara Melepas Aki Mobil Yang Benar

Saat naik kendaraan berbunyi “Subhanaanalladzii sakhkhara lanaa hadzaa wamaa kunnaa lahuu muqriniin wa inna illa rabbinaa lamunqolibuun”. Pada lantunan tersebut kamu meminta agar mampu menguasai kendaraan secara baik. Melantunkan doa tersebut membantu membuat perjalanan menjadi semakin aman serta bebas dari rasa gelisah.

Melantunkan Doa Perjalanan Jauh Agar Selamat Hingga Tujuan

Terdapat banyak doa yang bisa dilantunkan dari mulai keluar rumah hingga naik kendaraan. Dengan berdoa manfaat dari melakukan kegiatan bepergian dapat diperoleh secara benar. Selain berdoa, ketika bepergian jarak jauh ada beberapa lain yang sebaiknya dilakukan. Terutama jika kegiatan tersebut dilakukan saat malam hari.

Kebanyakan orang bepergian saat malam hari disebabkan karena berbagai alasan. Salah satunya yaitu saat malam perjalanan menjadi terasa lebih cepat. Selain itu, dalam hal keadaan juga lebih menguntungkan karena sejuk. Sementara perjalanan yang dilakukan saat siang lebih terik dan terasa panas.

Bepergian saat malam juga cukup menguntungkan sebab waktunya cenderung lebih lama, jadi untuk umat muslim tidak bertabrakan dengan waktu sholat. Perjalanan saat malam juga memungkinkan bagi kamu untuk beristirahat sehingga waktu tempuh bisa terasa lebih singkat dibanding siang hari.

Banyak manfaat diperoleh dengan melantunkan doa ketika hendak bepergian, terutama jika dilakukan dengan jarak cukup jauh. Berdoa membuat kamu merasa lebih aman serta mencegah dari terjadinya perasaan gelisah. Doa perjalanan jauh memiliki tujuan agar bisa selamat hingga tujuan.

Tips Perjalanan Jauh Supaya Aman Dan Nyaman

Jika anda sudah memutuskan untuk berkendara jarak jauh, senaiknya persiapkan diri supaya perjalanan anda tetap aman dan juga nyaman. Persiapan diri tersebut meliputi fisik serta mental. Pastinya tubuh harus bugar agar perjalanan jadi menyenangkan. Jangan sampai kurang persiapan diri sehingga perjalanan justru menjadi buruk. Oleh karena itu, pastikan anda mengikuti beberapa tips perjalanan jauh yang sudah kami rangkum dibawha ini. Yuk simak hingga tuntas!

  • Istirahat yang Cukup

berpergian jarak jauh tentnunya memerlukan tenaga yang ekstra. Sebaiknya anda perlu menyediakan waktu istirahat yang cukup sebelum, bepergian. Setidaknya anda menyisahkan waktu istirahat kurang lebih tujuh jam dalam dua hari berturut-turut untuk mengumpulkan energi. Dan hindarilah berkendara jarak jauh setelah anda melakukan banyak aktivitas sebab dapat membuat tubuh anda terasa cepat lelah.

  • Berhenti setiap 2 sampai 3 jam sekali

Duduk di kemudi setir untuk wakru yang lama pasti membuat tubuh terasa pegal. Maka usahakan di lakukan supaya kondisi tubuh tetap segar. Anda juga dapat melakukan peregangan badan dengan berjalan-jalan di sekeliling kendaraan anda ketika beristirahat supaya badan tidak kaku. Dengan demikian, tubuh akan lebih bugar [ada saat harus menyetir kembali. Hindarilah menyetir antara pukul 1 hingga 3 siang. Pada jam-jam tersebutlah biasanya suhu badan menurun serta membuat orang lebih mudah mengantuk.

  • Siapkan Makanan dan Minuman Secukupnya

Sangat di sarankan untuk membawa cemilan sehat sendiri ketika bepergian jauh, misalnya seperti kacang almond. Dengan anda menyediakan cemilan sendiri anda bisa terhindar untuk berhenti mengkonsumsi makanan cepat saji di pinggir jalan. Atau anda juga bisa membawa permen karet untuk di konsumsi selama perjalanan jauh. Mengunyah permen karet yang dilakukan berulang-ulang bisa membuat pengendara terhindar dari ngantuk sebab mendapat sirkulasi yang cukup.

  • Banyak Konsumsi Air Mineral

Meminum air mineral selama berkendara sangat di srankan apalagi bagi anda yang sedang melakukan perjalanan jarak jauh. Tidak sedikit yang sudah membuktikan bahwa dengan meminum air mineral juga ampuh mengusir kantuk loh. Selain itu hal ini juga bisa mengurangi anda dari dehidrasi serta mendapat pengganti dari cairan tubuh yang terbuanug.

  • Rencanakan Perjalanan dengan Baik

Sebelum anda bepergian jauh, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu informasi terkait perjalanan ataupun tempat beristirahat. Dengan demikian, anda bisa menentukan di titik mana saja harus berhenti istirahat meskipun hanya sekedar meregangkan otot-oto yang kaku atau menghirup udara segar.

  • JANGAN Menyetir saat Mengantuk

Ingat, jika anda dilanda rasa kantuk ketika menyetir kendaraan dalam perjalanan. Maka jangan sekali-kali dilawan dan lebih baik cari tempat yang memungkinkan untuk beristirahat terdekat demi memejamkan mata sejenak minimal 15 menit saja. Sebab jika lebih dari 15 menit, bukan badan segar yang di dapat tapi justru kondisi badan yang malah jadi lemas. Anda bisa berhenti di tempat-tempat ramai misanya seperti POM bensin Pertamina terdekat.

  • Ajak Teman

Ketika anda memutuskan untuk melakukan perjlanan jauh, sebaiknya ajak seseorang untuk menemani. Dengan mengobrol selama perjalanan juah dapay membuat anda tetap terjaga dan waspada akan kondisi jalanan. Tak hanya itu anda juga bisa bergantian dalam menyetir dengan teman. Alhasil energi tubuh anda juga bisa tersimpan dengan baik.

  • Hindari Mengemudi pada Malam Hari

Secara biologis, tubuh memerlukan istirahat antara pukul 12 tengah malam sampai jam 6 pagi. Sebab pada jam jam tersebut biasanya akan merasa lebih mengantuk dari pada di jam jam lainnya. Maka usahakan untuk berhenti sejenak daripada memaksakan  diri yang justru bisa berbahaya.

Viral :   Jangan Salah Pilih, Ini Tips Sewa Bus Pariwisata

Selain dari beberapa tips di atas, kendaraan bermotor dengan kabin nyaman diperlukan oleh pengendara untuk membuat perjalanan jauh semakin menyenangkan jangan ragu untuk menyiapkan desain kabin anda. 😉