Cara memperbaiki aki kering

Cara Memperbaiki Aki Kering Agar Tidak Menyebabkan Kerusakan Kendaraan

Cara memperbaiki aki kering menjadi solusi untuk membuat komponen ini tetap dapat digunakan. Ada beragam cara bisa dilakukan dalam hal memperbaikinya. Berbagai jenis kendaraan bermesin membutuhkan bagian ini agar dapat hidup. Peranan paling utamanya yaitu sebagai suplai listrik sehingga mesin dapat menyala.

Berbagai komponen menjadi susah untuk dinyalakan jika terjadi kerusakan pada bagian ini. Keberadaannya diperlukan untuk menyalakan AC hingga lampu mobil. Jika aki mengalami kerusakan dapat menyebabkan berbagai komponen tersebut tidak menyala sehingga dapat keamanan saat berkendara. Umumnya terdapat dua jenis yaitu kering dan basah.

Pemilihan jenis tersebut sendiri dipengaruhi oleh penggunaannya. Untuk jenis yang kering memiliki masa penggunaan lebih lama serta cukup praktis. Perawatannya sendiri cukup mudah karena hanya membutuhkan aliran secara stabil. Memahami metode perbaikan menjadi suatu hal yang cukup penting karena berpengaruh terhadap daya tahan.

Persiapan Memperbaiki Aki Kering Secara Tepat

Sebagai komponen yang cukup penting dalam kendaraan, metode dalam memperbaikinya harus dilakukan secara tepat. Untuk memperbaikinya dibutuhkan beberapa alat yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Beberapa peralatan tersebut cukup umum digunakan seperti obeng baik jenis plus maupun minus.

Selain obeng, ada beberapa peralatan lain yang juga tidak kalah penting seperti selotip dan air aki. Keberadaan air aki cukup penting sebab sebagai bahan utama perbaikan. Untuk memperolehnya kamu bisa membeli di toko otomotif. Biasanya tersedia air tersebut yang berguna sebagai bahan utama.

Kamu juga membutuhkan peralatan lain seperti gergaji. Berbagai peralatan tersebut dibutuhkan jika kamu ingin melakukan perbaikan. Setelah semua peralatan tersebut tersedia, maka langkah selanjutnya yang perlu dilakukan yaitu melakukan perbaikan. Cara memperbaiki aki kering yang pertama yaitu dengan melepas komponen dari kendaraan.

Viral :   Ban Tubeless Bocor Halus ? Ini dia Penyebab dan Cara Mengatasinya

Hal tersebut perlu dilakukan agar mempermudah dalam proses perbaikan. Setelah berhasil dilepas selanjutnya yaitu membuka penutup dengan menggunakan pisau. Proses membukanya harus dengan teliti supaya tidak mengalami kerusakan. Setelah penutup terlepas, terdapat setidaknya enam lubang yang bisa ditemukan. Pada keenam bagian tersebut bisa diisi dengan air aki.

Metode Tepat dalam Memperbaiki Aki

Agar bisa berfungsi dengan baik, metode dalam perbaikan perlu diperhatikan secara tepat. Terlebih jika air aki sudah ditambahkan pada komponen. Setelah setiap lubang terisi oleh air maka langkah selanjutnya yaitu menutup menggunakan penutupnya. Kamu dapat menggunakan perekat agar semakin kuat.

Jika perbaikan sudah dilakukan namun belum menunjukkan tanda lebih baik, maka sebaiknya perlu dilakukan pengamatan secara menyeluruh. Cara memperbaiki aki kering selanjutnya yaitu dengan melakukan jumper. Sebelum mulai melakukan jumper pada komponen aki, pengamanan perlu dilakukan terlebih dahulu. Alat tersebut berguna membuat kamu tetap aman selama perbaikan.

Selain mengenakan pelindung, kamu juga harus melakukan jumper di tempat yang aman. Cara melakukannya yaitu dengan memposisikan aki pada jarak cukup dekat dengan kendaraan. Namun kamu tetap harus memperhatikan jarak aman saat melakukannya. Selain itu, perlu juga tersedia ruang untuk bekerja.

Proses selanjutnya yaitu dengan memperhatikan bagian kutub baik positif maupun negatif. Pembersihan juga perlu dilakukan sehingga pemasangan dipastikan terpasang dengan baik. Dalam melakukan jumper ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan seperti menjepit kabel pada kedua kutub. Pengaitan harus dilakukan secara kuat serta stabil.

Viral :   4 Hal Pemicu Mobil Terbakar Tiba-Tiba yang Harus Diketahui

Cara Mencegah Kerusakan pada Aki

Selain cara memperbaiki aki kering, melakukan pencegahan perlu dilakukan agar tidak terjadi kerusakan. Di antaranya yaitu dengan melakukan pembersihan berkala. Proses ini menjadi cara paling mudah serta ampuh dalam menjaga performa. Banyak bagian pada komponen tersebut yang kotor akibat debu serta kotoran lain.

Kotornya komponen dapat menyebabkan aliran listrik menjadi terhambat. Selain melakukan pembersihan, beban penggunaan juga perlu diperhatikan. Beban penggunaan tersebut menjadi cara terbaik dalam perawatan. Pengecekan tersebut perlu secara rutin dilakukan dengan begitu kondisi komponen dapat diketahui dengan baik. Pengecekan membantu menjaga kondisi tetap dalam keadaan baik.

Cara lain dalam merawat yaitu dengan memanaskan kendaraan. Meski kendaraan sedang tidak digunakan performa kendaraan tetap harus terjaga secara baik. Cara dalam menjaga performa tersebut yaitu dengan melakukan pemanasan secara berkala. Jika hal ini diabaikan akan menimbulkan kerusakan pada komponen.

Menjaga komponen merupakan hal yang penting selain mengetahui metode perbaikan secara tepat. Dalam proses perbaikannya sendiri membutuhkan beberapa jenis peralatan dan bahan. Peralatan tersebut dibutuhkan agar aki tidak mengalami kerusakan dan bisa digunakan. Cara memperbaiki aki kering menjadi metode mencegah komponen mobil tidak berfungsi.