Rambu2 lalu lintas

Memahami Peranan Rambu-rambu Lalu Lintas

Rambu-rambu lalu lintas memiliki fungsi yang penting terutama untuk keselamatan pengguna jalan. Saat berada di jalan, banyak petunjuk dipasang untuk memberikan informasi bagi pengguna. Peranan dari rambu-rambu lalu lintas tersebut cukup penting dan tidak bisa dianggap remeh. Warna yang digunakan juga memiliki fungsi tertentu.

Dengan pemilihan warna secara tepat membantu papan peringatan menjadi lebih mudah dibaca terutama saat gelap. Selain memiliki fungsi yang cukup penting, jenisnya sendiri cukup beragam dari mulai peringatan untuk sementara hingga lain sebagainya. Peringatan lalu lintas menjadi fasilitas umum yang menggunakan beragam tanda.

Fungsi paling penting yaitu agar pengguna jalan lebih tertib dan mementingkan keselamatan. Cara yang digunakan papan petunjuk dalam mendukung keselamatan pengguna jalan yaitu dengan memberikan informasi mengenai kondisi dari jalanan. Selain itu, keadaan lalu lintas juga menjadi fungsi lainnya yang tidak kalah penting.

Jenis Rambu2 Lalu Lintas Penting Diketahui

Salah satu jenis dari papan peringatan yaitu tetap karena memiliki sifat permanen. Peringatan tersebut diletakkan pada beberapa bagian penting. Petunjuk termasuk dalam jenis ini yaitu tanda stop. Lambang S pada papan petunjuk diberi garis silang sebagai tanda jika pengendara tidak boleh berhenti.

Rambu lainnya berupa peringatan sementara. Tanda ini biasanya digunakan untuk beberapa saat. Sehingga pemasangan tanda ini bersifat sesaat terutama jika ada kondisi darurat. Penggunaannya biasanya untuk memperingatkan pengguna jalan seperti adanya pembangunan jalan atau situasi darurat lain. Pemasangan rambu tersebut dilakukan pada jarak beberapa meter sebelum tempat kejadian.

Viral :   Cara Mengikuti Lelang Mobil Bekas Untuk Pemula

Rambu2 lalu lintas tersebut membantu pengendara untuk lebih waspada saat melewati tempat yang dimaksudkan. Baik jenis tetap maupun sementara memiliki peranan yang tidak kalah penting terutama untuk ketertiban lalu lintas dan keselamatan pengguna. Selain dibedakan berdasarkan sementara atau tetap, rambu juga bisa dilihat dari penyampaiannya.

Jika petunjuk disampaikan menggunakan sistem dengan listrik maka biasa disebut sebagai rambu elektronik. Sedang jika hanya menggunakan material biasa maka disebut dengan rambu konvensional. Perbedaan antara jenis konvensional dan elektronik dapat dilihat berdasarkan cara penyampaian yang digunakan. Contoh dari jenis elektronik yaitu lampu lalu lintas.

Fungsi Penting Keberadaan Rambu yang Tidak Boleh Diabaikan

Petunjuk jalan ini memiliki peranan sangat penting terutama agar pengendara tertib berlalu lintas. Selain itu, terdapat berbagai fungsi lain yang tidak boleh diabaikan. Beberapa di antaranya yaitu memberikan informasi mengenai keadaan jalan. Rambu ini sangat penting terutama jika kondisi jalan berbahaya seperti tanjakan, atau belokan curam.

Adanya rambu yang memberitahu kondisi jalan, membuat pengendara jadi lebih bisa waspada. Peranan lain untuk memberitahu mengenai keadaan lalu lintas juga tidak kalah penting. Petunjuk tersebut dapat berupa sistem lalu lintas yang sedang digunakan seperti buka tutup jalan, atau perjalanan satu arah dan informasi penting lainnya.

Rambu2 lalu lintas juga dapat digunakan sebagai sarana informasi untuk memberitahukan kondisi di jalan seperti sedang adanya perbaikan dan lain sebagainya. Dengan tujuannya agar memberikan kenyamanan selama melakukan perjalanan, peranan petunjuk jalan tidak boleh diabaikan. Tertib lalu lintas sendiri harus dilakukan semua kalangan pengguna jalan.

Viral :   7 Rekomendasi Knalpot Satria FU untuk Modifikasi Racing

Dengan sikap tidak peduli pada peringatan yang ada menyebabkan risiko cukup berbahaya seperti kecelakaan. Itu sebabnya mematuhi rambu di jalan sangat penting agar dapat menjaga keselamatan pengendara selama mengemudi. Petunjuk tersebut keberadaannya bertujuan demi menjaga keselamatan dan kenyamanan pengendara kendaraan.

Risiko Tidak Mematuhi Rambu2 Lalu Lintas

Karena keberadaannya sangat penting, terdapat bermacam risiko yang bisa diterima pengendara jika tidak mematuhi rambu selama dalam perjalanan. Selain dapat membahayakan nyawa sendiri, melanggar peraturan di jalan juga mengancam keselamatan orang lain. Oleh sebab itu tidak mematuhi peringatan yang ada sangat berdampak pada keselamatan.

Mematuhi rambu selama mengemudi adalah hal yang wajib dilakukan. Itu sebabnya jika pengemudi melanggar aturan akan ada sanksi yang akan dikenakan. Biasanya sanksi tersebut oleh petugas kepolisian berupa tilang kendaraan. Selain itu, banyak risiko lain yang dapat diterima pengendara jika tidak mematuhi rambu di jalan.

Tertib berlalu lintas tidak hanya dilakukan oleh pengendara jalan. Para pengguna jalan lain seperti pejalan kaki juga memiliki kewajiban dalam mematuhi aturan yang ada. Sebab dengan begitu, ketertiban dan keselamatan dapat terjaga dengan baik karena itu adalah tujuan dari keberadaan rambu.

Peranan petunjuk berlalu lintas menjadi suatu hal yang penting untuk diketahui semua pengguna jalan. Tidak hanya penting untuk diketahui, namun juga harus dipatuhi karena sangat berpengaruh pada keselamatan. Selain itu, melanggar peraturan mengenai rambu2 lalu lintas juga dapat menyebabkan berbagai risiko.