mobil pemadam kebakaran

Fitur Mobil Pemadam Kebakaran dan Cara Menghubunginya

Kalau kita melihat mobil pemadam kebakaran pasti langsung takjub karena tampilannya begitu gagah dan dilengkapi banyak alat berguna. Hal ini cukup wajar karena kegunaan paling utama memang memadamkan kobaran api yang menerjang suatu bangunan atau wilayah. Semua penempatan dan sistem sangat tepat sehingga kegunaannya maksimal.

Kamu harus tahu kalau ternyata dalam kendaraan tersebut tersimpan banyak sekali kelengkapan dan fitur penting lainnya. Bukan hanya mengatasi kobaran api tapi masalah lain seperti orang tenggelam, tersangkut, terjebak dan sebagainya. Inilah alasan mengapa tugas seorang petugas damkar itu ternyata sangat banyak melebihi perkiraan kita.

Kelengkapan Mobil Pemadam Kebakaran Terpenting

Sebelum kita membahas mengenai kelengkapan dan fiturnya, perlu kamu ketahui kalau pada dasarnya kendaraan damkar itu ukurannya bervariasi. Kita bisa menemukan ukuran kecil dengan bentuk seperti Jeep atau ukuran biasa untuk memadamkan api. Keduanya memang disesuaikan tergantung masalah yang mau diatasi oleh para petugas lapangan.

Mobil pemadam kebakaran jenisnya juga berbeda ada 3 jenis di mana dilengkapi penyemprot busa, penyemprot tepung kimia dan tipe ganda. Semuanya memiliki bahan untuk mengatasi api berbeda-beda tergantung besar kecilnya kobaran. Selain itu petugas juga memperhitungkan dulu dampak lain akibat penyemprotan air pada lingkungan kebakaran.

Hal ini tidak berbeda dengan penyediaan selang damkar untuk alat pemadan. Alat ini sendiri dikenal dengan istilah hose di mana bahannya sangat baik sehingga mampu membuat semprotan air buat pemadan semakin jauh. Selain itu pada kendaraan kita lihat dilengkapi juga dengan hydrant sebagai stok air.

Viral :   Pengaplikasian Peninggi Shock Belakang

Selang air tersebut tambah maksimal fungsinya karena ditambah dengan pengarah air atau Fire Nozzle. Fitur ini yang memungkinkan semprotan air bisa disesuaikan apakah kobaran api dalam bentuk besar atau kecil. Untuk penempatan pada bagian ujung selang dan sering diajarkan oleh para petugas untuk orang umum.

Selanjutnya ada kampak yang memang harus dimiliki seorang petugas damkar karena penggunaan bisa dipakai saat mau menjebol pintu atau jendela. Selain itu di mobil pemadam kebakaran juga pasti terdapat fire helmet yang akan dipakai oleh petugas. Alat ini untuk menghindari terkena percikan atau kejatuhan barang.

Kelengkapan terakhir yang pasti terdapat dalam kendaraan damkar yakni baju tahan panas. Di mana sesuai namanya memang mengurangi rasa panas dan mencegah bersentuhan langsung dengan sumber panas. Tentu saja alat ini harus dipakai apabila mau menyelamatkan orang di dalam posisi kebakaran atau kondisi bencana lainnya.

Apa Saja Fungsi Petugas Damkar?

Kita sudah ketahui kalau ada kebakaran, pasti yang langsung dihubungi pihak damkar bukannya polisi. Petugas damkar sebenarnya juga melaksanakan pencegahan dengan melakukan banyak pembelajaran buat masyarakat. Hasilnya kebakaran lebih menurun jumlahnya, apalagi mereka memang selalu siap siapa bila dimintai bantuan apapun.

Bahkan bantuan yang sifatnya umum seperti ada ular masuk ke permukiman warga pasti bisa diatasi dengan mudah. Tentu berbahaya bila diatasi oleh orang biasa karena namanya binatang buas sulit dikendalikan. Apalagi kemungkinan saja bertemu dengan ular berbisa sehingga berbahaya bila tidak diatasi dengan baik.

Viral :   Tips Merawat Ban Sepeda Agar Awet Tidak Mudah Rusak

Petugas mobil pemadam kebakaran juga siap dimintai bantuan menyelamatkan hewan lainnya seperti kucing terjebak dipohon. Kita juga sering menemukan berita atau artikel penyelamatan kerbau terjebak di parit oleh mereka. Hal ini menandakan kalau semua jenis hewan bisa diatasi atau ditolong meski terbilang buas.

Selain tentang hewan, para petugas juga siap apabila dimintai bantuan seperti ada orang terjebak sesuatu atau cincin tidak bisa terlepas. Bahkan kalau kepala, tangan, kaki atau bagian tubuh lainnya terjebak bisa ditolong dengan profesional tanpa panik sama sekali sehingga menciptakan ketenangan.

Bila mau menghubungi damkar, maka bisa langsung telpon nomor 113 atau 1131. Disini usahakan untuk jelaskan dengan rinci mengenai keadaan supaya datang fasilitas tambahannya seperti ambulan. Kalau memang parah mungkin pihak kepolisian ikut datang mengamankan orang yang mungkin ingin menonton dan berkerumun di area berbahaya.

Melihat pentingnya kendaraan ini, memang tidak salah apabila didalamnya terdapat banyak fitur dan kelengkapan super lengkap. Apalagi tugas seorang damkar juga ternyata melebihi dari yang sebelumnya kita bayangkan. Jadi, tidak heran bila pemerintah selalu upgrade mobil pemadam kebakaran supaya kinerja dan layanan bisa semakin berkualitas.