Cek Nopol Jakarta

Cek Nopol Jakarta Melalui SMS, Website dan Aplikasi Terbaru

Proses cek nopol Jakarta untuk mengetahui apakah asli atau tidaknya suatu kendaraan adalah langkah awal terbaik dalam pembelian motor dan mobil. Hal ini tentu saja akan menghindarkan kita membeli kendaraan dengan plat palsu sehingga berbahaya nantinya. Bisa saja ditangkap kalau ternyata hasil curian atau penyelundupan.

Kamu pasti sudah tidak asing dengan kasus orang terkena penyitaan kendaraan disebabkan karena surat-suratnya sampai nomor platnya ternyata palsu. Jadi, langkah terbaik untuk mengecek nomor polisi harus dilakukan dengan dua cara berbeda. Kamu bisa memilih cara lewat nomor SMS atau mengunjungi website dan aplikasi berwenang.

Cek Plat via Nomor SMS

Jika kamu memilih untuk memakai cara lewat SMS, maka terlebih dulu siapkan pulsa dalam jumlah memadai. Apalagi kalau sampai beberapa kali sudah mengirim tapi ternyata gagal, entah karena sinyal atau error. Jika sudah, maka tinggal ketik METRO spasi nomor kendaraan yang mau dicek disana.

Melakukan cek nopol Jakarta tersebut bisa dikirimkan saja ke 1717 di mana ini merupakan nomor Samsat wilayah DKI Jakarta. Samsat diibukota negara ini jumlah kantornya memang banyak, maka dari itu kalau mau dikunjungi langsung boleh memilih yang paling dekat. Apalagi mau mengurus surat-surat lainnya.

Kalau kamu sudah mengirim SMS dengan format tepat, maka balasan akan datang tidak lama kemudian. Disini bisa melihat siapa owner mobil atau motor yang sedang dilihat saat itu. Selain itu bakal kelihatan juga mengenai seberapa banyak jumlah keseluruhan pajak sampai history pembayaran sampai saat ini.

Viral :   Tips Mengelola Cicilan Mobil Agar Tidak Berat

Kita juga bisa melihat apakah status kendaraan tersebut sudah dijual atau belum waktu itu. Kalau mau dicek sudah berganti kepemilikan atau belum juga bisa dilihat dan penting untuk dilakukan apalagi membeli kendaraan bekas. Pergantian nama kepemilikan ini harus diganti jika dibeli supaya atas nama sendiri.

Perlu diketahui kalau melaksanakan cek nopol Jakarta memang begitu penting terutama demi keberlangsungan perjalanan pulang pergi naik kendaraan. Kalau sampai kena tilang dan diketahui belum bayar pajak, maka merugikan. Jadi, harus segera dibayar karena saat ini sudah dipermudah pembayaran sehingga kalau telat dendanya makin besar.

Pengecekan seperti ini juga berguna saat ini mau mengecek masa berlaku mobil atau motor. Baik milik pribadi atau orang lain di mana mungkin saat itu tidak membawa surat kendaraan sehingga tidak bisa menunjukan bukti suratnya langsung. Tapi bisa diatasi dengan alternatif yaitu dilihat secara online.

Cek Nopol Jakarta Melalui Website dan Aplikasi

Jika kamu tertarik memakai cara online, bisa melalui website di mana dapat langsung menuju situs utama dari Samsat DKI Jakarta. Disini kita bisa menemukan pelayanan sangat maksimal dan fiturnya mudah dimengerti semua user. Selain itu bisa dibuka memakai berbagai aplikasi seperti Opera, Chrome atau Mozilla.

Bila sudah masuk website utama, tinggal masukkan nopol B dan tambahkan NIK, tapi kalau tidak ingin diisi sebenarnya tidak masalah. Selanjutnya perlu klik saya bukan robot dan tekan proses. Tidak lama kemudian bakal muncul berbagai informasi detail tentang owner kendaraan dan riwayat perpajakan.

Viral :   Peralatan Wajib saat Touring dengan Sepeda Motor

Melakukan cek nopol Jakarta juga bisa memakai aplikasi di mana harus download dulu di Play Store. Karena sudah berada di tempat resmi, jadi tidak perlu khawatir karena dijamin aman. Kalau kamu sudah di Play Store, tinggal cari aplikasi Pajak Online Jakarta saja lalu download dan install sampai berhasil.

Langkah selanjutnya buka aplikasi dan cari fitur Info Pajak Kendaraan serta isilah berbagai data yang diperlukan. Kalau semuanya sudah lengkap tinggal proseskan saja dan bakal muncul seberapa banyak beban tax mobil atau motor. Kamu juga bisa menemukan informasi riwayat pembayaran dari awal sampai terakhir.

Pengecekan semacam ini gunanya bukan hanya buat melihat sejarah pembayaran tax milik sendiri tapi berguna buat hal lain seperti membantu penangkapan tindak kejahatan. Misalnya paling umum ada pencopet memakai motor, pasti bisa dicatat nomor platnya dan dilaporkan ke pihak berwajib.

Memilih berbagai cara tersebut sebenarnya bisa dilakukan sesuai sama kesibukan saat itu. Bila memang cukup banyak yang perlu dicek, maka bisa memakai website atau aplikasi saja terutama karena lewat SMS harus membayar biayanya. Selain itu saat cek nopol Jakarta usahakan demi kepentingan saja bukan main-main.