une up pada motor

Cara Tune up Pada Motor dan Biaya Keseluruhannya

Menjalankan tune up pada motor bisa dibilang salah satu hal penting yang harus dilakukan oleh para pengendara. Apalagi namanya motor pasti paling sering dipakai karena lebih cepat dan bisa menyalip dengan mudah. Manfaatnya juga penting supaya mesin kita bisa selalu berjalan normal demi kepentingan sehari-hari.

Kalau tidak perlu dilakukan, maka bisa saja tiba-tiba mati atau tidak bisa berjalan sesuai keinginan sehingga mengalami kerusakan. Untuk melaksanakan tune up pada kendaraan roda dua, perlu memperhatikan berbagai macam bagiannya. Selain itu harus tahu dulu kapan waktu paling tepat beserta berapa kisaran biaya keseluruhannya.

Bagian yang Harus Diperhatikan Dalam Kendaraan Roda Dua

Untuk bagian pertama yang wajib langsung kita cek yakni karburator karena berhubungan langsung dengan aliran bahan bakar. Disini kita diwajibkan untuk membersihkan bagian selang karburator agar mampu mengalirkan bahan bakar secara normal. Begitu juga pada filter udara karburator yang tidak kalah penting untuk dijaga kebersihannya.

Perlu diketahui kalau saat tune up pada motor bagian filter udara memang pantang tidak dibersihkan. Terlebih lagi untuk membersihkan baut di mana kamu harus mencuci memakai minyak solar dan pembersih lainnya supaya benar-benar bersih. Lalu sebelum dipakai lagi harus dibersihkan minyaknya supaya bisa digunakan kembali.

Tidak kalah pentingnya, tentu busi karena seringkali motor mati atau tidak mau menyala karena busi sudah rusak. Disini kamu bisa buka terlebih dahulu memakai kunci busi lalu tinggal membersihkan bagian luarnya memakai bensin. Selanjutnya tinggal cek apakah masih bagus atau harus diganti dengan busi baru.

Viral :   Cara Mengendarai Mobil Matic dengan Mudah Bagi Pemula

Bagian lain pada tune up pada motor yaitu gas tangan yang terlebih dahulu dicek apakah masih lancar atau tidak saat dipakai. Terutama umum ditemukan kasus seperti kabel sering rusak dan retak sehingga harus dicegah agar kondisi semakin membaik. Kita perlu melumasi kabel dalam menjaga kualitasnya.

Selanjutnya kita harus memperhatikan kopling dan rantai. Terutama melihat bagian kopling bakal berisiko rusak kalau kurang rutin dicek, jika rajin servis hasilnya lain karena mampu bekerja sesuai kegunaannya. Cukup sama dengan rantai di mana harus dibersihkan untuk menghindari aus dan berbagai macam jenis kerusakan lainnya.

Terakhir, pemeriksaan oli mesin juga penting karena berpengaruh besar terhadap setiap bagian atau komponen kendaraan. Kamu disini bisa langsung mengecek dengan cara membuka penutup oli. Kita sekalian dapat memeriksa stok oli didalamnya apakah masih banyak atau sedikit. Selain itu periksa kondisinya dan ganti oli lama.

Waktu dan Harga Tune up Pada Motor

Pentingnya servis pada kendaraan ini membuatnya memiliki jangka waktu tersendiri yaitu paling tidak 3 bulan sekali. Pada waktu ini, mesin pasti sudah menjangkau jarak sampai 2.000 km atau kemungkinan telah banyak dipakai. Apalagi jika punya kesibukan seperti sering dibawa perjalanan sekolah, kuliah atau bekerja.

Viral :   Cara Hilangkan Jamur Kaca Mobil Beserta Penyebabnya

Kalau merasa sudah tidak nyaman, harus segera diperiksa sehingga tidak mengalami kerusakan cukup fatal. Apalagi saat itu kemungkinan ada salah satu bagian mulai mengalami kerusakan meski skalanya kecil. Kerusakan kecil inilah yang kalau tidak diatasi hasilnya berbahaya buat motor.

Perlu diketahui jika tune up pada motor memang berbeda tergantung penggunaan. Di mana bisa saja baru 1.000 km tapi sudah kotor dan berdebu sehingga harus dibersihkan. Apalagi melihat kendaraan offroad yang medannya cukup berat dan cepat membuat body dan mesin kotor.

Sementara itu untuk biaya keseluruhan sendiri sebenarnya ada yang sekaligus atau dipisah dengan biaya montir tapi tetap terjangkau. Misalnya pada motor matic injeksi dikenakan biaya sebesar Rp. 400.000-an saja. Lalu seringkali diharuskan membayar mekanik sebesar Rp. 70.000.

Hal ini memang harus dilakukan dengan segenap hati dan menganggapnya sebagai prioritas apalagi manfaatnya membuat motor semakin bandel. Selain itu kamu dapat menghindari turun mesin dan tidak mati sendiri saat dipakai. Bahan bakar tidak semakin boros dan keamanan rem tidak ada masalah juga menjadi keuntungan.

Karena sangat penting, maka sama sekali tidak boleh dilewatkan sehingga kamu harus membuat jadwal tersendiri untuk servis semacam ini. Apalagi tidak perlu terlalu sering jadi tidak bakal menyebabkan pengeluaran terlalu berlebihan. Ditambah lagi biaya cukup terjangkau sehingga manfaat tune up pada motor lebih kita rasakan.