tune up pada mobil

Mengenal Fungsi Tune up Pada Mobil dan Tutorial Lengkapnya

Pentingnya tune up pada mobil secara rutin yaitu supaya performa kendaraan kita bisa terus maksimal meski dipakai terus menerus setiap hari. Disini sebenarnya tidak secara keseluruhan melainkan pada beberapa parts atau komponen penting saja yang berpengaruh terhadap performa mesin sehingga harus dijalankan meski sedang sibuk.

Apalagi seperti kita ketahui tidak terlalu banyak bagian bakal diperiksa atau diganti, melainkan hanya beberapa bagian khusus saja. Jadi, meski sibuk tidak akan memakan waktu terlalu banyak dan bisa langsung mengerjakan kegiatan penting lainnya. Supaya maksimal, paling tidak 6 bulan sekali agar manfaatnya bisa terasa.

Manfaat Tune up Pada Mobil Supaya Awet

Performa kendaraan lebih maksimal pasti akan menjadi manfaat pertama yang bakal kita peroleh. Apalagi kurang perawatan terlalu mudah rusak, sama seperti manusia yang sedang sakit. Nantinya perlu dibawa ke ahlinya untuk memperbaiki. Bila rusak komponen kendaraan cukup parah, pasti menjengkelkan karena bakal keluar banyak biaya.

Tidak heran perawatan atau servis mampu mencegah terjadinya kerusakan karena setiap masalah besar pasti diawali masalah kecil. Kalau kendaraan kamu sering terjadi kerusakan dalam skala kecil, harus segera dicegah dengan ketentuan perawatan yang tepat. Terutama mencegah pengeluaran bulanan atau mingguan kamu semakin menggelembung.

Melakukan tune up pada mobil secara rutin juga mampu menjaga kondisi mesin supaya tetap bagus dan siap dipakai kapan saja. Disini kita juga mampu memantau dan mendeteksi kerusakan yang mungkin terjadi di masa depan. Hasilnya tidak mungkin ada rusak berskala besar sehingga kualitas kendaraan stabil.

Viral :   Pembersih Jamur Kaca Mobil yang Ampuh Digunakan

Manfaat selanjutnya yaitu mencegah bagian filter udara tidak kotor karena berpengaruh sama agresifitas mesin. Kalau tidak pernah dibersihkan hasilnya mobil berjalan tidak seperti biasanya atau terasa ada yang mengganjal. Kalau hal ini dibiarkan, bukan hanya merusak filter tapi membuat bagian lain rusak karena saling terhubung.

Tune up pada mobil sebenarnya paling penting memang menjaga supaya segala macam parts kendaraan dalam kondisi bagus setiap waktu. Hal ini dapat terjadi karena memang setiap bagian penting akan diperiksa secara detail tanpa ketinggalan. Jadi, bila memang ditemukan parts rusak dapat segera kita ganti saja.

Semua manfaat tersebut memang paling maksimal kita lakukan lewat bengkel saja karena bisa memaksimalkan semua SOP tersebut dengan mudah. Tapi sebenarnya kalau mau mempelajarinya sendiri satu demi satu boleh asalkan belajar dulu. Nanti setelah memahami tentang semua bagian yang harus dirawat, seterus boleh dilakukan sendiri.

Tips Tune up Tanpa ke Bengkel

Tune up sendiri tanpa ke bengkel memang bisa, tapi harus teliti agar berhasil. Misalnya pertama kamu perlu memeriksa bagian baterai dan aki terlebih dahulu, di mana harus cek kalau ternyata rusak atau berkarat. Kalau memang ada, maka harus dibersihkan dan perhatikan juga batas air aki

Mengecek tali kipas juga sama pentingnya dengan aki, di mana sering sekali ditemukan terjadi aus cukup parah. Selain itu keadaan atau kondisi retak sampai renggang sebenarnya cukup umum terjadi tapi bukannya normal melainkan harus segera diatasi. Kamu perlu tes apakah masih maksimal atau tidak.

Viral :   Toko Knalpot Terlengkap Di Jakarta

Teknik tune up pada mobil sendiri juga wajib memperhatikan dan melihat bagian busi kendaraan. Disini hal yang perlu kamu lakukan adalah tinggal copot bagian businya dulu karena harus melewati proses pembersihan. Membersihkannya tinggal memakai sikat kawat kemudian cek menyalakan kendaraan apakah masih normal atau tidak.

Selanjutnya, cek kabel yang dialiri tegangan tinggi terutama pada bagian tutup distributor. Disini kamu bisa cek pakai Multi Tester yang umum dipakai bengkel atau tukang servis kendaraan. Kabel yang baik harusnya kurang dari 25 kg saat kita tes.

Semua hal ini sebenarnya hanya dapat dilakukan kalau kamu sudah mempersiapkan alatnya dulu. Jadi, harus punya beberapa peralatan bengkel seperti Feeler Gauge, kunci pas, obeng, Tachometer, Timing Light, alat pengetes kompresi sampai Hidrometer. Semuanya bakal terpakai untuk mengecek dan memperbaiki berbagai spareparts.

Berbagai macam tips tersebut memang bisa kamu jalankan sendiri tapi tetap membutuhkan pengalaman supaya kerjanya bagus. Apalagi kalau sebelumnya sangat asing dengan dunia otomotif pasti cukup kesulitan mendengar beberapa istilah atau cara penanganan mesin. Jadi, untuk alternatif tune up pada mobil bisa langsung menuju bengkel.