ganti oli mobil

Waktu Ganti Oli Mobil yang Tepat dan Fakta Menariknya

Rutinitas yang memang harus selalu dilakukan dalam proses perawatan kendaraan adalah ganti oli mobil. Mungkin sudah ada banyak hal yang kamu dengar terkait dengan tips mengenai proses penggantian pelumas ini. Namun ternyata ada beberapa hal dari mitos yang beredar tidak sepenuhnya benar sehingga perlu dipertimbangkan kembali.

Sangat penting bagi kamu untuk mengetahui bagaimana cara untuk bisa menggantinya secara tepat sesuai kebutuhan mesin mobil. Dengan begitu kualitas mesin serta kendaraan kamu bisa tetap terjaga sebaik mungkin. Penggunaannya juga bisa lebih tahan lama karena oli yang diganti secara berkala dan tepat menjadi perawatan penting untuk kendaraan tersebut.

Bukan hanya caranya, tetapi mengetahui waktu ganti oli mobil yang paling tepat juga harus diketahui. Ada berbagai tanda bisa dikenali dari mobil kamu nantinya dapat dijadikan sebagai patokan waktu memang sudah butuh penggantian komponen tersebut. Jadi tidak sampai terlambat dan menimbulkan kerusakan nantinya di dalam mobil ini.

Mengonsultasikan hal ini pada orang yang ahli memang sangat penting. Tentu saja nantinya juga akan berkaitan dengan keamanan serta kenyamanan kamu saat berkendara menggunakan mobil tersebut. Jadi jangan sampai diabaikan proses mengganti oli ini karena perannya sangat penting pada kendaraan kamu.

Mitos Ganti Oli di Masyarakat

 Teknik ganti oli mobil banyak yang sudah beredar di masyarakat dan dipercaya sebagai langkah tepat untuk dilakukan. Hal ini tentu saja perlu dipertimbangkan lagi memang benar atau tidak. Jika memang tidak sepenuhnya benar maka akan lebih baik kamu melakukan yang disarankan agar nantinya kualitas dari mesin dan berbagai perangkatnya tetap optimal.

Viral :   Harga Mobil Bekas Suzuki Serta Tips yang Wajib dipahami

Katanya waktu untuk mengganti pelumas kendaraan adalah saat sudah berwarna hitam. Memang ini wajar saja terjadi, tetapi bukan menjadi indikator pertimbangan utama. Hal yang paling penting sebenarnya mengikuti panduan dari pabrikan mobil masing-masing. Jadi tidak perlu menunggu sampai oli benar-benar berubah warna menjadi hitam.

Hal yang biasanya disarankan ketika ganti oli mobil mengikuti jarak tempuhnya. Pada kelipatan antara 5 ribu sampai 10 ribu kilometer menjadi waktu mengganti pelumas yang paling tepat. Namun ternyata sebenarnya hal ini bisa jadi tidak relevan karena bergantung pada penggunaan kendaraan kamu setiap harinya dalam memenuhi kebutuhan mobilitas sehari-hari.

Misalnya kamu menggunakan mobil setiap hari sering terkena macet maka kilometernya memang tidak berjalan, tetapi kondisi mesin kendaraan tetap bekerja. Jadi sebenarnya kilometer jarak tempuh kendaraan ini tidak bisa dijadikan sebagai patokan pasti kapan waktu paling tepat bagi kamu mengganti oli pada mobil tersebut.

Cari Tahu Waktu untuk Ganti Oli

 Terlambat ganti oli mobil bisa berakibat fatal terutama pada mesin mobil secara keseluruhan. Jadi kamu perlu tahu kapan memang sudah waktunya untuk melakukan rutinitas ini bergantung pada kondisi mobil masing-masing. Setiap jenis dan merek mobil berbeda bisa saja membutuhkan waktu yang tidak sama satu dengan lainnya. Apalagi adanya penggunaan berbeda untuk masing-masing penggunanya.

Viral :   Cara Mengatasi Kampas Kopling Mobil Habis

Sebenarnya, ada beberapa tanda yang akan muncul pada mobil kamu jika memang sudah waktunya untuk dilakukan perawatan. Saat oli sudah mulai berkurang kualitasnya maka akan menimbulkan getaran pada mesinnya. Selain itu juga ketika dilakukan akselerasi akan terasa berat. Tentunya kamu akan dapat merasakannya saat sedang berkendara.

Bisa juga terdengar suara mesin menjadi kasar saat digunakan karena usia oli sudah cukup lama digunakan. Jika hal ini terus dibiarkan terjadi maka gesekan pada berbagai komponen mesin mobil bisa menimbulkan kerusakan lainnya. Pastinya nanti juga akan merugikan untuk kamu jika tidak segera mengatasinya dengan baik dan tepat.

Biasanya waktu pakai oli yang paling umum adalah 6 bulan dan jarak tempuh sekitar 5 ribu kilometer. Namun hal penting untuk diperhatikan adalah mengutamakan waktunya, jadi walaupun belum mencapai angka kilometer tersebut, tetapi sudah dalam jangka waktu 6 bulan maka lebih baik segera diganti demi keamanan mesin kendaraan.

Jadi salah satu langkah tambahan adalah mengecek kartu ganti oli atau kamu juga bisa mencatat tanggalnya. Dengan begitu nantinya akan lebih mudah untuk mengetahui jika jangka waktu penggunaannya sudah hampir habis. Rutin ganti oli mobil akan memberikan performa mesin lebih baik dan tentunya tahan lama kamu gunakan.