Tambal Ban Tubles

Tambal Ban Tubles Punya Teknik Khusus agar Lebih Aman

Penggunaan berbagai jenis ban pada kendaraan memang disesuaikan kebutuhannya, tetapi ternyata untuk tambal ban tubles memiliki teknik tersendiri. Mungkin kamu sudah sering melihat ada bengkel khusus untuk menambal jenis tubles ini ketika terjadi kebocoran. Namun memang caranya agak berbeda dengan teknik tambal biasa pada umumnya.

Memang pada proses perbaikan ini dibutuhkan keahlian tersendiri karena jika sampai terjadi kesalahan maka bisa berakibat fatal. Kesalahan saat sedang menambal bagian roda ini apalagi jenis tubles bisa meningkatkan risiko pecah dan tentunya berbahaya jika hal itu terjadi saat sedang berkendara. Jadi memang dalam melakukannya juga harus sangat berhati-hati.

Mempercayakan pada orang yang sudah ahli tentu saja akan jadi hal yang sangat penting untuk kamu perhatikan dengan baik. Jika memang bisa melakukannya sendiri dan tahu bagaimana cara yang tepat maka boleh saja dilakukan. Namun sebenarnya tentu akan lebih aman jika menggunakan jasa profesional dalam melakukan perbaikan satu ini.

Risiko Menambal Tubles Menggunakan Teknik Tusuk

 Mungkin cara paling umum diketahui masyarakat salah satu teknik saat tambal ban tubles adalah cara menusuk dari bagian luarnya. Hal tersebut dilakukan menggunakan alat khusus serta menutup area ban yang terbuka atau bocor menggunakan karet atau komponen khusus. Sehingga nantinya udara di dalamnya tidak akan terus keluar dari bagian bocor tersebut.

Sebenarnya cara ini boleh saja dilakukan jika kondisi bocornya yang ada tidak terlalu besar apalagi adanya pada ban di area crownnya. Bagian ini merupakan area penting yang memang bersentuhan langsung dengan permukaan jalanan. Jika memang kebocorannya cukup parah maka cara ini memang sebaiknya tidak dipilih untuk mengatasi masalahnya.

Viral :   Aman Dan Sederhana. Inilah Cara Bersihkan Mesin Mobil Sendiri

Penggunaan teknik tusuk saat tambal ban tubles memang dapat menimbulkan risiko kerusakan kalau memang tidak dilakukan secara tepat sesuai standarnya. Selain bisa saja nantinya ban menjadi pecah juga dapat membuat kawat baja yang ada di bagian dalam ban jadi rusak. Jika sampai hal tersebut terjadi maka nantinya akan semakin besar budget perbaikan harus dikeluarkan.

Oleh karena itu, kamu juga perlu untuk menghindari kesalahan ini dan mengetahui cara melakukan proses penambalan untuk jenis tubles dengan cara yang tepat. Dengan begitu keamanan dan kenyamanan selama berkendara juga akan lebih optimal didapatkan. Selain itu, tentu saja akan membantu dalam menjaga kualitas ban tetap baik meskipun sudah lama digunakan.

Akan sangat disayangkan jika kerusakan parah terjadi karena kesalahan kecil saat sedang menambal bagian ini. Memang pecahnya ban atau misalnya terkena benda tajam di jalanan tidak bisa diprediksi. Namun menjaga keamanan dan kualitas komponen ini agar dapat digunakan jangka panjang tentunya lebih penting untuk kamu perhatikan sebaik mungkin.

Teknik Tepat Menambal Ban Jenis Tubles

 Selain menggunakan teknik ditusuk, ada teknik lain yang dapat diaplikasikan agar aman saat akan tambal ban tubles. Biasanya teknik ini disebut dengan nama tiptop atau melakukan penambalan dari dalam. Proses tersebut nantinya akan menggunakan yang disebut dengan rubber patch untuk menambal bagian bocor pada ban.

Viral :   Cara Menebus Mobil Yang Ditarik Leasing

Teknik tersebut paling cocok digunakan terutama pada kebocoran berukuran besar. Selain itu, melakukannya akan menjaga agar struktur dasar dari ban tubles tidak menjadi rusak. Langkah ini lebih banyak disarankan karena memang minimal risiko yang bisa ditimbulkan nantinya, apalagi jika sampai terjadi kerusakan tidak terlihat akan sangat berbahaya.

Meskipun begitu, teknik ini masih jarang ditemukan karena memang dibutuhkan kemampuan secara khusus untuk bisa melakukannya. Tidak sembarang bengkel bisa melakukan teknik ini dengan benar. Jadi kamu harus mencari tempat yang tepat dan dapat tambal ban tubles secara tepat dan optimal untuk mengurangi risiko kerusakan jangka panjang.

Memang akan membutuhkan waktu cukup lama jika menggunakan teknik tiptop, tetapi jauh lebih aman karena tidak melakukan tusuk dari bagian luar ban. Penambalan di bagian dalam juga tidak meninggalkan risiko adanya kerusakan lagi dalam waktu dekat. Jadi mulailah untuk memperhatikannya hal ini dengan baik.

Namun jika tidak ada yang memberikan jasa melakukan teknik tersebut dan dalam keadaan mendesak maka masih boleh mengaplikasikan teknik tusuk seperti biasa dilakukan. Pastikan bahwa langkah tambal ban tubles ini juga tetap dilakukan secara hati-hati sehingga tidak sampai merusak bagian penting di dalam bagian jenis tubles pada kendaraan kamu nantinya.