kompresor AC mobil

Menjaga Kompresor AC Mobil Mampu Digunakan Optimal

Salah satu bagian penting dari sebuah kendaraan adalah kompresor AC mobil. Bagian ini tentunya harus dijaga kualitas dan kinerjanya agar tidak sampai membuat tidak nyaman serta membahayakan saat kamu ada dalam kendaraan. Sehingga kamu juga perlu mengetahui bagaimana cara untuk mengatasi setiap masalah yang mungkin terjadi pada bagian ini.

Ternyata ada beberapa hal yang biasanya terjadi dapat membuat kompresor ini menjadi cepat rusak. Hal tersebut tentu saja perlu untuk kamu hindari sebisa mungkin agar penggunaannya juga bisa lebih tahan lama nantinya. Selain itu, meminimalisasi faktor penyebab juga membuat kamu tidak perlu melakukan perbaikan dengan pengeluaran besar untuk bagian kendaraan tersebut.

Perawatan yang tepat di kompresor AC mobil merupakan kunci untuk bisa menjaga kualitasnya tetap baik. Apalagi yang namanya bagian dari mesin tentunya membutuhkan maintenance tepat agar tidak sampai ada bagian menyimpan kotoran atau bahkan rusak. Sehingga melakukan pengecekan secara berkala memang jadi agenda rutin untuk kamu perhatikan dengan baik ketika menggunakan kendaraan.

Penyebab dari Rusaknya Kompresor AC

 Kinerja AC pada mobil di daerah yang beriklim panas dan sering macet tentunya sangat penting. Hal ini dilakukan untuk menjaga kenyamanan selama berada di dalam kendaraan tersebut. Namun ada beberapa kondisi yang bisa membuat kompresor AC mobil rusak dan mengganggu penggunaan pendingin di mobil tersebut. Hal ini penting untuk kamu mulai perhatikan dengan baik tentunya.

Viral :   Cara Aktifkan GPS Mobil Cukup 5 Menit

Ketika jumlah freon dalam AC tersebut sedikit maka kompresor akan bekerja keras untuk bisa mendinginkan kabin mobil. Jika kondisi ini dibiarkan terus-menerus maka nantinya tentu akan menimbulkan kerusakan. Begitu juga sebaliknya ketika freon yang diberikan terlalu banyak atau tipenya tidak cocok. Jadi kamu harus berhati-hati mengenai hal tersebut.

Gangguan atau sumbatan pada sirkulasi di bagian freon dapat menjadi penyebab adanya kerusakan komponen tersebut. Apalagi kendaraan ini sudah digunakan dalam waktu cukup lama. Sehingga perawatan rutin dan pengecekan secara menyeluruh akan jadi jawaban terbaik kamu lakukan agar rusaknya kompresor AC mobil tersebut dapat dicegah sebaik mungkin tentunya.

Jika komponen mobil jarang dilakukan pengecekan bahkan sampai oli pelumas di dalamnya kurang maka tidak heran kerusakan parah dapat terjadi. Pelumas yang tidak cukup akan menimbulkan beragam masalah pada kendaraan termasuk kompresor AC. Jadi pastikan bahwa kendaraan kamu tidak sampai kehabisan pelumas di berbagai bagian pentingnya.

Perawatan Kompresor AC yang Tepat

 Sama halnya dengan berbagai bagian mesin lainnya maka melakukan perawatan pada kompresor AC mobil akan membuatnya memiliki masa penggunaan lebih panjang. Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah menyalakan AC saat sedang memanaskan mesin mobil sebelum digunakan. Apalagi jika kendaraan tersebut sudah cukup lama tidak digunakan sehingga komponen di dalamnya bisa saja terjadi perubahan atau bahkan masalah.

Viral :   Tips Sebelum Sewa Bus, Ketahui Hal ini Mulai Sekarang

Perhatikan jika kamu memarkirkan mobil di tempat yang kurang teduh kemudian suhu di dalam mobil cukup tinggi atau terasa panas maka sebaiknya tidak langsung menghidupkan AC. Hal ini dikarenakan beban dari kinerja kompresor nantinya semakin besar dalam membuat kabin menurun suhunya. Jadi sebaiknya tunggu beberapa saat sampai suhu dalam kabin tidak terlalu panas.

Menjaga kebersihan di dalam kabin juga menjadi salah satu langkah penting untuk memperpanjang usia penggunaan dari komponen pada AC kendaraan ini. Jika kebersihannya terus dijaga maka nantinya tidak akan ada kotoran maupun debu yang akhirnya bisa mengganggu kinerja pada kompresor. Jika kamu melakukannya secara rutin maka tidak hanya kompresor, tetapi bagian lainnya juga akan ikut terjaga dengan baik kualitasnya.

Mengganti saringan udara pada AC mobil jadi agenda selanjutnya yang harus dilakukan juga secara rutin sesuai kebutuhan. Hal ini juga masih berkaitan dengan kotoran menempel dan menumpuk nantinya bisa menjadi beban tersendiri untuk kompresor dalam menjalankan tugasnya mendinginkan suhu di dalam kabin.

Jadi perawatan adalah langkah paling penting yang harus dilakukan dengan cara benar agar setiap komponen mobil bisa kamu gunakan untuk jangka waktu lama. Terutama kompresor yang juga jadi salah satu bagian vital pada sebuah mobil, akan dibutuhkan budget besar jika kamu harus menggantinya nanti. Oleh karena itu, menjaga kinerja kompresor AC mobil harus diperhatikan sebaik mungkin.