Tambal ban tip top

Tambal Ban Tip Top, Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Tambal ban tip top kini sedang ramai diperbincangkan. Prosesnya penambalan yang cepat dan tidak ribet membuat tambal tip top menjadi alternatif pilihan. Apalagi saat antrean panjang di bengkel, tambal model tip top ini selalu jadi pilihan.

Sebagaimana diketahui, para pengguna kendaraan, baik itu motor maupun mobil pasti pernah mengalami masalah ban bocor. Meski sepele, namun masalah ini kerap membuat jengkel dan menyita waktu. Apalagi jika sudah ditambal namun bocor lagi. Waktu dan tenaga kita akan terbuang untuk menambal di bengkel.

Kini hadir cara baru dalam menambal, yakni tambal ban dengan metode tip top untuk kendaraanmu. tambal cara ini cukup mudah, yakni dengan cara menempelkan lapisan yang bernama patch ke titik yang bocor. Cara ini sangat mudah dan cepat dilakukan, sekalipun oleh orang yang belum berpengalaman.

Tambal Ban Tip Top, Kelebihan dan Kekurangan

Meski begitu, ada kelebihan dan kekurangan dari tambal ban dengan metode ini. Kelebihannya, pasti dalam soal waktu, tenaga, dan biaya. Karena cara pemasangannya mudah, yakni cukup ditempelkan di titik yang bocor, tambal tip top cenderung membutuhkan waktu yang singkat.

Soal harga, tambal ban ini juga lebih hemat biaya. Harga pacth tip top lebih murah dan tidak membutuhkan bahan bakar untuk pemasangannya. Sehingga pihak bengkel pun bisa memberikan harga terjangkau kepada para pelanggannya.

Tambal ban tip top biasanya dipatok dengan harga kisaran Rp 15 ribu hingga Rp 20 ribu. Sedangkan untuk tambal bakar dikenakan harga kisaran Rp 25 ribu. Tenaga yang harus dikeluarkan juga cenderung lebih sedikit. Karena tidak perlu memanaskan ban dalam seperti cara tambal bakar.

Viral :   Rekomendasi dan Harga Tape Mobil Layar Sentuh

Di sisi lain, tambal ban ini memiliki kelemahan, yakni dinilai kurang awet dibanding tambal bakar. Lapisan patch tip top dianggap tidak bisa menahan tekanan angin dalam waktu yang lama. Sehingga terkadang terjadi bocor lagi atau bocor halus di titik yang bocor sebelumnya.

Tips Agar Tambal Ban Tip Top Awet

Tambal tip top sebetulnya bisa tetap awet dan menahan tekanan angin dalam waktu yang lama. Ada dua hal penting yang harus diperhatikan agar agar tambal tip top kuat tahan lama. Cara pertama adalah memperhatikan kualitas material atau bahan tip top. Jika kualitasnya bagus, patch tip top bisa melekat kuat dan susah dilepaskan. Sehingga kecil kemungkinannya akan bocor lagi.

Hal kedua yang harus diperhatikan agar tambal tip top awet adalah dengan memasangnya secara benar. Sebelum menempelkan patch, sebaiknya permukaan ban dalam harus dibersihkan atau diamplas terlebih dahulu. Pengamplasan ini bertujuan untuk membuat permukaan jadi berpori, sehingga patch tip top bisa menempel kuat dan tahan lebih lama.

Rekomendasi Ban Dalam Sepeda Motor

Jika ban dalam sudah berkali – kali bocor, lebih baik diganti dengan yang baru. Karena kalau ditambal lagi, kemungkinan besar akan bocor lagi. Ban yang sudah bocor berkali – kali biasanya sudah tidak layak pakai dan sebaiknya diganti. Berikut ini rekomendasi merek ban dalam yang bagus untuk sepeda motor.

  1. IRC Tire

Merek pertama yang direkomendasikan adalah IRC Tire. Merek ini memiliki harga murah namun berkualitas jempolan. Harga IRC Tire berkisar Rp 35 ribu sampai Rp 45 ribu. Harga tersebut belum termasuk biaya pemasangan.

  1. Swallow

Rekomendasi kedua adalah merek Swallow. Mereka ini sudah familiar di telinga orang Indonesia. Swallow sudah terkenal dalam produksi barang – barang yang terbuat dari olahan karet, seperti ban sampai sandal. Untuk urusan harga, Swallow juga tergolong murah, yakni kisaran Rp 30 ribu hingga Rp 40 ribu belum termasuk biaya pemasangan.

  1. FDR

Selanjutnya adalah merek FDR. Merek FDR memiliki banyak varian ukuran. Tercatat ada 14 jenis ukuran yang disediakan oleh FDR. Harganya juga relatif murah, yakni kisaran Rp 35 ribu hingga Rp 40 ribu belum termasuk biaya pemasangan.

  1. Mizzle

Rekomendasi selanjutnya adalah Mizzle. Merek satu ini juga sangat familiar di kalangan pecinta otomotif. Soal kualitas, produk buatan Mizzle juga tidak kalah diadu. Saat ini ada 20 varian produk dari Mizzle. Harganya juga cukup murah, yakni Rp 35 ribu hingga Rp 45 ribu belum termasuk biaya pemasangan.

Viral :   Cara Memperbaiki Aki Kering Agar Tidak Menyebabkan Kerusakan Kendaraan

Dari empat merek di atas, yakni IRC, Swallow, FDR dan Mizzle memiliki kualitas yang hampir sama atau merata. Harganya pun juga tidak jauh beda. Kamu bisa membeli produk baru jika ban lamamu sudah rusak atau bocor berkali – kali. Namun jika kondisi ban masih bagus, lebih baik ditambal pakai tambal ban tip top maupun tambal bakar.