anti karat mobil

Cara Menghilangkan Karat dengan Anti Karat Mobil Buatan Sendiri

Adanya karatan di mobil tentunya bisa membuat tampilan mobil jadi kurang menarik, untuk mengatasi hal ini dapat dicoba dengan cara membuat anti karat mobil sendiri dari rumah. Dengan membuat sendiri di rumah tentunya akan lebih menghemat pengeluaran kamu. Simak caranya di artikel ini hingga selesai.

Karatan merupakan musuh utama besi, hampir sama dengan penyakit kanker di manusia yang mudah menyebar karatan pada mobil juga dapat menyebar dengan cepat. Selain membuat penampilan mobil kamu menjadi lebih kusam karat juga bisa membuat bagian-bagian pada mobil menjadi rusak, terlebih jika karatan tersebut berada pada mesin.

Karat merupakan hal yang harus cepat di atasi agar tidak menyebar ke bagian mobil lainnya. Namun, sebelum mengetahui cara untuk mengatasi dengan anti karat mobil ketahui terlebih dahulu apa penyebab dari karatan ini. Dengan mengetahui penyebabnya kamu dapat mencegahnya lebih cepat.

Penyebab Timbulnya Karat di Mobil

Adanya karatan pada mobil dapat menyebar degan cepat seiring bertambahnya waktu, disebabkan logam atau besi yang sering terpapar udara serta suhu lembab. Sebelum masalah ini muncul dan membuat tampilan kendaraan kamu menjadi kurang bagus, berikut faktor pendukung munculnya karat di mobil.

  1. Terkena air laut.

Ketika kamu pergi ke pantai menggunakan kendaraan kesayangan jangan sampai terkena air laut. Kandungan mineral garam pada air laut ini dapat membuat risiko karat menyebar dengan cepat lebih tinggi. Selain itu udara di pesisir pantai juga bisa menjadi faktor lain dari penyebaran karat.

  1. Sering terpapar air hujan.

Selain air laut ternyata air hujan juga bisa menjadi faktor risiko memperparah karatan lebih tinggi. Memang kandungan garam dari air hujan tidak setinggi air laut tapi kandungan mineral korosif dari air hujan dapat membuat lapisan cat terkikis dengan cepat. Jadi setelah hujan turun segera lap bagian yang kotor.

  1. Kotoran yang lama dibiarkan menempel.

Kotoran seperti tanah atau lainnya jika dibiarkan terus menerus bisa mempercepat penyebaran karat. Hal ini dapat terjadi akibat campuran dari mineral air hujan dengan kotoran membuat terciptanya karatan lebih cepat. Area yang sering terjadi karatan adalah di kolong mobil karena kotoran banyak menempel di area tersebut.

  1. Terdapat baret pada bagian bodi.

Baret sering kali dianggap sepele dan jarang sekali di atasi, padahal hal ini merupakan penyebab munculnya karatan di bodi kendaraan. Hal ini terjadi akibat oksidasi pada bodi kendaraan kehilangan lapisan proteksinya. Jadi ketika mengalami baret segera perbaiki dengan mengecatnya.

Viral :   Cara Membersihkan Dashboard Mobil Yang Kusam

Setelah mengetahui beberapa penyebab terjadinya masalah ini, selanjutnya ketahui cara mengatasinya. Ada beragam cara yang bisa kamu gunakan mulai dari membeli anti karat untuk mobil di supermarket atau membuatnya sendiri di rumah. Kali ini mari kita coba menghilangkan karatan dengan membuat anti karat di rumah.

Cara Membuat Anti Karat Mobil Sendiri di Rumah

Menghilangkan karat memang bukan hal yang mudah namun bukan berarti tidak bisa. Untuk menghilangkan karatan di bodi mobil sebenarnya sama seperti menghilangkan karatan di benda-benda logam lain. Berikut ini cara membuat anti karat pada mobil sendiri dengan mudah di rumah.

  1. Menggunakan cuka.

Cara membuat anti karat mobil pertama yang bisa kamu coba untuk menghilangkan karatan yaitu dengan cuka. Cuka ini memiliki kandungan zat asam asetat yang memiliki manfaat untuk menghilangkan karat. Cara menggunakannya sangatlah mudah rendam bagian pada kendaraan kamu yang berkarat pada air cuka selama 2 hari.

  1. Menghilangkan karat dengan lemon.

Selain memiliki rasa asam yang segar ketika dimakan ternyata lemon juga memiliki manfaat untuk menghilangkan karat. Cara menggunakannya taburkan terlebih dahulu garam pada bagian mobil yang berkarat, lalu rendam pada air campuran lemon. Kemudian gosok bagian yang berkarat menggunakan gosokan kawat.

  1. Karatan hilang dengan cepat menggunakan baking soda.

Jika kedua cara di atas sudah kamu coba tapi hasilnya masih nihil, cara terakhir yang bisa kamu coba adalah dengan baking soda. Baking soda ini memiliki sifat untuk menetralisir karatan pada mobil kamu. Caranya sikat area yang mengalami karatan dengan baking soda.

Viral :   Agar Aman, Begini Cara Kunci Stang Motor yang Aman

Karatan bisa membuat penampilan kendaraan kamu menjadi lebih kusam serta kurang enak dipandang. Oleh karena itu jika ingin bersih dari karat ketahui beberapa penyebabnya serta cara untuk membuat anti karat mobil dengan cara di atas.