surat perjanjian jual beli mobil

Fungsi Penting Surat Perjanjian Jual Beli Mobil

Ketika membeli sebuah kendaraan roda empat adanya surat perjanjian jual beli mobil sangatlah penting, hal ini bertujuan untuk mengantisipasi adanya masalah di kemudian hari. Masih banyak orang yang belum mengerti apa fungsi dari surat ini serta cara membuatnya. Agar lebih paham simak artikel ini.

Ketika kamu ingin membeli atau menjual sebuah mobil perlu menyiapkan banyak hal. Kondisi fisik mobil serta dokumen-dokumen terkait kepemilikan kendaraan tersebut memanglah penting, tapi ada hal yang lebih penting lagi yaitu surat kesepakatan. Sayangnya banyak orang yang masih belum mengerti akan pentingnya hal tersebut.

Kebanyakan orang ketika ingin membeli atau menjual sebuah kendaraan, perjanjiannya hanya dilakukan secara lisan saja. Padahal ketika melakukan perjanjian merupakan hal yang vital, dalam bertransaksi. Oleh karena itu ketahui cara pembuatan surat perjanjian jual beli kendaraan.

Struktur Pembuatan Surat Perjanjian Jual Beli Mobil

Sebenarnya tidak ada format wajib untuk membuat surat kesepakatan ini. Namun, pada sebuah dokumen perjanjian terdapat beberapa hal yang perlu kamu isi agar perjanjiannya sah di mata hukum serta aman. Berikut ini struktur yang harus ada pada sebuah surat kesepakatan.

  1. Identitas kedua belah pihak.
  2. Detail keterangan terkait mobil.
  3. Rincian kesepakatan kerja sama atau pasal.
  4. Bukti pengesahan kesepakatan transaksi jual beli.
Viral :   Rekomendasi Tempat Duduk Bayi di Mobil

Untuk membuat surat perjanjiannya tidak perlu rumit asalkan memperhatikan struktur di atas. Untuk isinya disamakan dengan kesepakatan antara kedua belah pihak. Agar tidak bingung berikut di bawah ini contoh untuk pembuatan surat perjanjian jual beli mobil untuk dijadikan referensi.

Contoh Surat Jual Beli Mobil

Perjanjian Jual Beli Mobil

Pada tanggal,……………… telah diadakan sebuah perjanjian jual beli kendaraan berupa satu unit mobil, Kami yang bertanda tangan di bawah ini.

Nama lengkap             :

Alamat                                    :

No. KTP                        :

Di atas merupakan pihak pertama yang menjual kendaraannya kepada pihak kedua.

Nama lengkap             :

Alamat                                    :

No. KTP                        :

Di atas merupakan pihak kedua yang membeli kendaraan dari pihak pertama.

Melalui surat perjanjian jual beli mobil ini kedua belah pihak telah melakukan transaksi satu unit mobil dengan merek ………… . Kedua belah pihak sudah memutuskan untuk menyetujui pasal-pasal berikut ini.

PASAL 1

Pihak pertama melakukan penjualan satu unit mobil dengan merek…………., kepada pihak kedua. Pihak kedua selaku pembeli menyetujui untuk melakukan pembelian mobil tersebut dengan nominal harga RP…………, serta dengan spesifikasi singkat berikut ini:

Tahun pembuatan       :

Nomor rangka             :

Warna                         :

Bahan bakar                :

Nomor polisi               :

 

Nama Pihak Pertama                                                                                      Nama Pihak Kedua

 

…………………….                                                                                                …………………..

Fungsi Penting Surat Perjanjian Jual Beli Mobil Lunas

Di atas merupakan salah satu contoh surat perjanjian yang bisa kamu buat dengan mudah sebelum melakukan transaksi jual beli. Namun, sebenarnya untuk pasal-pasal di atas kamu dapat menambahkannya disesuaikan dengan kebutuhan serta kesepakatan yang disetujui oleh kedua belah pihak.

Viral :   Ini Dia Cara Bayar Pajak Kendaraan Melalui E Samsat Jakarta

Sebuah transaksi jual beli tentunya melibatkan kesepakatan kedua belah pihak baik dari sisi penjual serta dari sisi pembeli. Jual beli kendaraan berupa mobil tidak seperti membeli kacang yang tidak membutuhkan surat perjanjian, ketika membeli mobil risiko konflik kedua belah pihak sangat besar. Agar lebih mengerti berikut fungsi penting surat perjanjian.

  1. Membuat rasa tenang.

Ketika bertransaksi hal terpenting adalah ketenangan setelah melakukan transaksi tersebut. Ketika kamu menggunakan sebuah surat perjanjian saat akan melakukan sebuah transaksi maka rasa tenang ini akan muncul karena transaksi tersebut sudah memiliki kepastian dari kedua belah pihak.

  1. Menghindari perselisihan di kemudian hari.

Hal terpenting dari pembuatan kesepakatan ini adalah berguna untuk menghindari perselisihan di kemudian hari. Jika ada salah satu dari kedua belah pihak komplain tinggal tunjukan saja bukti perjanjian dengan begitu perselisihan dapat segera teratasi.

  1. Menghindari penipuan.

Fungsi terakhir adalah menghindari terjadinya penipuan dari penjual mobil. Ketika membuat surat atau akta kesepakatan akan dilengkapi dengan spesifikasi dari kendaraannya. Jika ada yang berbeda dari spesifikasi tersebut kamu dapat mengajukan komplain atau menggugat penjualnya.

Melakukan sebuah transaksi dengan nominal besar tentunya keamanan adalah hal penting. Fungsinya yang sangat penting ini membuat kamu perlu membuatnya dalam setiap transaksi dengan nominal besar. Setelah mengetahui fungsi serta contoh surat perjanjian jual beli mobil, konflik setelah transaksi akan lebih diminimalisir.