mengurus STNK hilang

Bingung Bagaimana Mengurus STNK Hilang? Simak Cara Berikut

Surat tanda nomor kendaraan atau sering disebut sebagai STNK adalah dokumen penting untuk kendaraan kamu saat berada di jalanan. Karena itulah penting untuk mengurus STNK hilang apabila sewaktu-waktu dokumen tersebut dibutuhkan namun masih dalam status hilang.

Apalagi peran dari STNK itu sangatlah krusial untuk sekarang ini karena sering sekali digunakan sebagai jaminan oleh beberapa orang. Apalagi diketahui bahwa STNK itu ternyata hilang memang diperlukan beberapa proses panjang untuk bisa mendapatkan STNK kamu kembali.

Mungkin di bayangan beberapa orang pasti akan menganggap bahwa mereka hanya perlu membuat surat baru, padahal tidak sesederhana itu. Karena itulah untuk bisa mengetahui bagaimana prosesnya apabila sewaktu-waktu nanti surat kamu hilang, bisa mendapatkannya kembali dengan membaca bagaimana cara mengurusnya seperti berikut.

Apa Saja Akibat Apabila STNK Hilang?

Apabila ternyata surat tanda kendaraanmu hilang dan tidak mencoba untuk mengurus STNK hilang tersebut, maka harus bersiap-siap apabila kedepannya akan merasa direpotkan karena akan teratasi saat melakukan apapun terkait dengan kendaraan bermotormu. Sebab perlu diketahui bahwa ada beberapa akibat yang harus diterima jika memang surat tersebut hilang dan tidak segera diurus dimana pastinya akan menyulitkanmu.

Salah satunya ialah akan membuatmu harus terkena tilang saat ada razia pengecekan kelengkapan surat kendaraan. Karena apabila saat ada razia seperti ini maka yang dicek itu adalah STNK kendaraan tersebut dan juga surat izin mengemudi dari pengendara.

Viral :   5 Rekomendasi Scooter Anak yang Nyaman dan Aman

Apabila salah satu syarat diatas tidak dapat ditunjukkan, maka mau tidak mau kamu harus mendapatkan tilang dari petugas tersebut dan bisa mengambilnya kembali besar memenuhi sidang dan membayar denda. Lalu akibat yang kedua apabila kendaraan kamu hilang maka tentunya tidak akan mampu melakukan pembayaran pajak tahunan karena tidak adanya dokumen asli tersebut.

Jika tidak segera mengurus STNK hilang maka tentunya kamu tidak akan bisa melakukan pembayaran pajak dalam waktu dekat dan berpotensi mengakibatkan pembayaran pajak menjadi tertunda sehingga mengalami penunggakan dan akhirnyapun akan menambah tagihan pada pajak selanjutnya.

Cara Mudah Mengurus Surat Tanda Nomor Kendaraan yang Hilang

Apabila sudah menyadari mengenai beberapa akibat di atas memang cukup krusial untuk ditanggung maka mau tidak mau kamu semua memang harus segera mengurus surat tersebut apabila hilang. Jika tidak tahu bagaimana cara mengurusnya dan apa saja syarat yang diperlukan, maka saya sarankan untuk semua informasi berikut ini untuk mendapatkan panduan sebagai referensi.

Proses pertama jika memang ini membuat STNK baru ialah dengan mencari surat pernyataan kehilangan terlebih dahulu melalui polres. Karena dengan adanya surat tersebut nantinya akan dijadikan sebagai lampiran persetujuan surat tanda kendaraan bisa dibuat ulang kembali. Sebab tanpa adanya surat ini tentu akan percuma mencoba mengurus STNK hilang di kantor samsat.

Viral :   Samsat Online Jakarta Berikan Fasilitas Kemudahan Akses

Apabila sudah mempersiapkan surat kehilangan itu maka bisa melanjutkannya dengan pergi ke kantor Samsat setempat dengan melampirkan beberapa persyaratan wajib seperti dokumen layaknya KTP dan fotokopinya dari pemilik asli kendaraan, lalu kopian STNK yang hilang, tidak lupa dan sangat wajib surat kehilangan dari kepolisian, dan terakhir adalah BPKB asli beserta fotokopian.

Saat sudah membawa persyaratan yang dibutuhkan maka masukkan ke dalam loket administrasi dan lalu selanjutnya adalah dengan mengecek fisik kendaraan tersebut untuk mendapatkan surat mengenai nomor rangka beserta nomor dari mesin kendaraan sesuai dengan bkpb tersebut. Jika sudah maka bisa melanjutkan untuk mengurus pembuatannya di loket BBN II. Jika sudah maka harus membayar tagihan untuk biaya pembuatan STNK baru sebesar rp50.000.

Jika sudah menyelesaikan proses pembayaran, maka kamu hanya perlu menunggu di loket di mana nama kamu akan dipanggil saat mengambil STNK baru beserta SKPD. namun untuk bisa melakukan hal ini maka jangan terlalu berekspektasi tinggi bahwa hal tersebut bisa diproses dalam sehari saja, karena di beberapa daerah ternyata untuk menyelesaikan proses ini dibutuhkan waktu yang cukup lama.

Dan bisa disadari bahwa mengapa untuk sekarang ini memang sangat penting apabila memiliki STNK terutama jika hendak bepergian menggunakan motor. Karena itulah jangan sampai menunda-nunda saat hendak mengurus STNK hilang karena hal ini akan berdampak buruk.