cara mengendarai mobil matic

Cara Mengendarai Mobil Matic dengan Mudah Bagi Pemula

Mobil ialah kendaraan paling tepat untuk digunakan pada musim hujan sehingga banyak yang merasa penasaran dengan cara mengendarai mobil matic. Mobil sendiri sudah terbagi kedalam dua jenis berdasarkan transmisinya yaitu antara manual dan juga automatic atau sering disebut sebagai matic.

Walaupun bentukan dari kendaraan roda empat ini memang sama dari luarnya tetapi jika saat dikendarai itu tentunya memiliki sistem yang berbeda. Dan tidak bisa dipungkiri bahwa memang untuk mengendarai mobil bertransmisi manual itu memang sudah menjadi fakta bahwa lebih rumit jika dibandingkan dengan otomatis.

Tetapi walaupun informasi ini memang menegaskan bahwa mobil automatic itu lebih praktis untuk dikendarai, tentunya masih ada beberapa informasi yang wajib dibaca oleh para pemula jika ingin mencoba mengendarai mobil tersebut.

Pahami Transmisi Matic Terlebih Dahulu

Apabila ingin mengungkap dan menguasai mengenai cara mengendarai mobil matic, maka setidaknya pertama-tama kamu harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana sistem kerja dari transmisi tersebut. Sehingga jika sudah memahami jenis transmisi ini maka kamu hanya perlu mengetahui bagaimana cara mengendarainya untuk kedepannya.

Untuk rincian dari transmisi ini maka simak informasi berikut. Pada transmisi automatic, kamu akan bisa melihat perpindahan gigi namun tidak serumit seperti mobil manual walaupun bentuknya hampir sama.

Pada kendaraan roda empat automatic maka kamu akan bisa menjumpai adanya panel bertuliskan P, N, 1, 2, D, R. Masing-masing dari panel tersebut tentunya memiliki fungsinya masing-masing. Karena itulah pahami terlebih dahulu sebelum mengendarai mobil tersebut.

Viral :   4 Langkah Membuat Kaca Mobil Anti Air

Bisa diketahui terlebih dahulu bahwa untuk memindahkan tuas ke setiap huruf tersebut bisa dilakukan dengan menekan tombol pada tuas tersebut sembari memindahkannya. Lalu mengenai huruf P itu berarti parking. Maksudnya ialah apabila mobil sudah berhenti dan ingin ditinggal, maka pastikan tuasnya berada pada posisi ini agar mesinnya terkunci dan tidak membuat kendaraan bergeser-geser.

Tuas lainnya adalah tuas N, untuk memahami cara mengendarai mobil matic maka hal ini bisa dipahami sebagai netral. Maksudnya ialah ketika kamu menginjak pedal gas maka mobil tidak akan melaju. Selanjutnya adalah tuas angka 1, tuas ini hampir sama fungsinya dengan transmisi manual yaitu dijadikan sebagai angkatan berat.

Lalu tuas 2, untuk angkatan yang lebih ringan pada tanjakan. Untuk D, sangat dianjurkan apabila berkendara di dataran rendah karena paling optimal untuk digunakan. Lalu adapun huruf R, berarti reverse atau digunakan untuk mundur.

Cara Mengendarai Setelah Memahami Tuas

Hal wajib untuk diingat saat ingin mengetahui cara mengendarai mobil matic ialah pertama-tama pastikan tidak dibiasakan injak pedal secara tiba-tiba karena mobil matic itu sangat sensitif terhadap gas apalagi angkatan.

Untuk bisa menghemat bahan bakar, dianjurkan untuk tidak selalu menginjak pedal gas tersebut saat melaju sehingga kamu bisa memainkannya dengan menginjak lalu melepaskannya karena tidak akan ada hambatan mesin saat melaju. Lalu yang kedua ialah pastikan untuk tidak membiasakan meletakkan kaki kiri pada rem lalu kaki kanan pada gas.

Viral :   Cara Mengatasi Setir Mobil Berat Tanpa Power Steering

Mengapa hal ini harus dilakukan? Hal ini dilakukan untuk menghindari agar tidak menjadi kebiasaan saat nantinya kamu menggunakan mobil manual. Sebab pada mobil manual kamu harus meletakkan kaki kanan pada gas lalu kaki kiri untuk rem dan kopling. Karena itulah saat menggunakan mobil matic maka biasakanlah untuk menginjak rem dan menginjak pedal gas menggunakan kaki kanan secara bergantian.

Lalu mengenai surat terakhir untuk bisa diperhatikan saat ingin mencoba mengendarai kendaraan roda empat automatic ialah memperhatikan posisi tuas saat menghadapi suatu medan. Apabila menghadapi medan yang suram dan tinggi maka hindari sebisa mungkin untuk menggunakan tuas huruf D karena tuas tersebut tidak cocok untuk medan tersebut.

Maka pastikan untuk menggunakan tuas sesuai dengan medannya seperti menggunakan tuas angka 1 pada medan yang curam. Walaupun stigma masyarakat saat mendengar mobil matic itu memang mengatakan bahwa mudah untuk dikendarai.

Dengan informasi di atas mungkin bisa mengubah stigma masyarakat bahwa memang ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tidak terjadi kesalahan saat menggunakan kendaraan dengan transmisi otomatis tersebut. Karena itulah memang harus dipahami secara detail mengenai bagaimana cara mengendarai mobil matic agar tidak mendapati kesalahan apapun.