Cara Membedakan Mobil Matic Dan Manual

Cara Membedakan Mobil Matic Dan Manual

Cara membedakan mobil matic dan manual perlu anda pahami terlebih dahulu  sebelum ingin membeli mobil. Pasalnya jika di lihat dari segi tampilan luar memang sama, namun pada bagian dalamnya tentu sangat berbeda hingga cara perawatannya pun berbeda. Mobil merupakan salah satu transportasi yang kini banyak diminati oleh banyak orang dan mudah memperolehnya. Apalagi di zaman yang serba modern saat ini, mobil banyak memiliki bebragama varisi dan teknologi yang akan memanjakan anda. Secara umum jenis mobil sendiri terdiri dari 2 jenis yakni mobil matic dan mobil manual. Lantas bagaimana cara membedakan antara mobil matic dan manual ini? Mari simak selengkapnya berikut ini!

Cara Membedakan Mobil Matic Dan Manual

Setiap mobil tentu mempunyai kelebih serta kekurangannya masing-masing. Adapun cara membedakan kedua jenis mobil (matic & manual) secara kasar bisa dilihat dari perbedaaan harganya, dimana biasanya mobil matic dijual lebih mahal dengan perbedaan Rp 5 jutaan hingga Rp 20 jutaan dari mobil manual. Bahkan untuk mobil bekas matic pun juga memiliki selisih harga yang lumayan tinggi dengan mobil manual yang bekas.

  • Cara Pengoperasikannya

Cara mengoperasikannya adalah cara untuk membedakan mobil matic dan manual Pada mobil manual biasanya terdapat 3 buah pedal rem yaitu rem, kopling dan juga gas. Sementara pada mobil matic hanya terdapat 2 pedal yakni rem dan gas. Untuk Indonesia sendiri pengemudi mobil umumnya selalu berada di sebelah kanan sehingga untuk mengoperasikan mobil tangan kanan untuk mengendalikan setir dan tanagan kiri untuk memindahkan gigi. Di mobil manual, perpindahan gigi ini dilakukan secara manual menggunakan pedla kopling dan tuas kopling, berbeda dengan mobil matic yang tidak ada kopling ketika mobil mengganti gigi tergantung pada kecepatan kita melaju serta kondisi jalan. Jika anda lihat pada bagian roda gigi yang umumnya hanya memiliki empat mode yaitu P (parkir), R (mundur), N (netral) serta D (drive).  Dimana hanya dengan melihat bagian ini anda bisa membedakan mobil matic dan manual.

  • Akselerasinya

Cara membedakan mobil matic dan manual juga bisa dengan melihat akselerasinya. Dimana mobil manual mempunyai transmisi yang lebih sederhana dari pada transmisi mobil matic dan ini membuat transmisi mobil manual menjadi lebih respomsif. Tentu ini sangat membantu anda terutama pada kondisi jalan yang menanjak sebab mobil manual dinilai lebih kuat dan lebih cepat dibanding mobil matic. Namun dengan perkembangan teknologi, kini ada juga mobil matic yang memiliki transmisi yang hampir sama seperti mobil manual. Biasanya mobil matic jenis ini sudah dibekali teknologi CVT.

  • Bahan bakar

Konsumsi bahan bakar juga dapat menjadi cara untuk membedakan andara matic dan manual. Dan biasanya matic yang lebih banyak mengkonsumsi bahan bakar dibanding mobil manual. Sebab kerja mesin mobil matic lebih berat dari pada mobil manual dan putaran mesin pada mobil. Matic tidak bisa di atur.

  • Kenyamanan ketika berkendara

Kenyamanan anda ketika berkendara bisa menentukan sebagai pembeda antara mobil matic dan mobil manual. Kebanyakan orang berasumsi lebih nyaman menggunakan mobil matic apalagi jika dikendarai sendirian. Namun anda juga bisa memilih mobil manual saja, jika memang sedang bersama sopir yang sudah handal mengensdarai mobil manual.

  • Perawatan

Jika melihat dari segi perawatannya anda juga sudah bisa membedakan mobil matic dan mobil manual. Dimana mobil matic sendiri memiliki perawatan yang cukup mahal dibanding mobil manual. Hal ini disebabkan harga suku cadang serta komponen mobil matic yang lebih mahal, bahkan mobil matic yang sudah dibekali transmisi CVT harus menggantinya setiap 50.000 km yang tentu membutuhkan biaya cukup besar.

Viral :   E-Toll Mandiri Menawarkan Beragam Kemudahan

Demikianlah beberapa cara membedakan mobil matic dan manual yang bisa anda cermati sebelum memutuskan untuk membelinya. Semoga informasi diatas bermanfaat bagi anda 🙂