Cara Membersihkan Jok Mobil Yang Berjamur
Cara Membersihkan Jok Mobil Yang Berjamur

Cara Membersihkan Jok Mobil Yang Berjamur

Cara membersihkan jok mobil yang berjamur berikut ini, juga sangat mudah untuk Anda lakukan. Perlu Anda ketahui bahwasannya pada musim hujan seperti sekarang ini, tidak hanya bagian luar kendaraan saja yang perlu rutin dicuci, akan tetapi juga area joknya. Udara dan suhu dingin sangat berisiko meningkatkan pertumbuhan jamur di permukaan jok mobil. Alhasil, Anda perlu rutin membersihkan dan memastikannya agar tetap kering. Nah jika ternyata jok mobil Anda sudah terlanjur berjamur, maka Anda tak perlu khawatir, karena kami telah merangkum cara membersihkan jok mobil yang berjamur sesuai dengan model jok mobil dan jenis bahannya. Simak selengkapnya tentang cara membersihkan jok mobil yang berjamur berikut.

Cara Membersihkan Jok Mobil Yang Berjamur

  • Untuk Jok Mobil Berbahan Kulit Sintetis

Kursi mobil yang berbahan kulit sintetis sangat banyak ditemukan. Yang mana bahan ini dipakai pada banyak tipe mobil Toyota. Warnanya yang beragam serta teksturnya yang nyaman membuat pengagumnya semakin tertarik untuk menggunakannya. Kalau Anda memiliki mobil dengan jok yang berbahan kulit sintetis, maka untuk cara membersihkannya sangat mudah. Cukup bersihkan dengan kain halus yang telah dibasahi dengan air hangat, dan untuk jamur yang sulit dihilangkan bisa Anda gosok pakai sampo bayi.

  • Untuk Jok Mobil Bahan Kulit

Memang benar kalau bahan kulit menciptakan kesan elegan pada interior kendaraan. Akan tetapi, bahan premium ini sangat membutuhkan perawatan khusus, jadi jangan sampai tumbuh jamur. Jika sudah terlanjur berjamur maka Anda memerlukan cairan khusus yang harus disesuaikan dengan jenis kulitnya, untuk mengangkat jamur dari permukaan jok mobil. Ada baiknya lagi jika setelah pembersihan, jok mobil Anda diberikan leather coating atau leather protection untuk menghindari tumbuhnya jamur.

  • ​​​​Untuk Jok Mobil Beludru

Cara membersihkan jamur jok mobil yang berbahan beludru ialah dengan menggunakan cairan pembersih yang disemprotkan. Untuk mengangkat jamurnya, Anda bisa memakai sikat berbulu halus untuk menggosokkannya secara satu arah. Jangan sampai Anda menggosoknya 2 arah, karena itu akan merusak bahan beludrunya. Setelah jok mobil dibersihkan, maka keringkanlah jok mobil menggunakan lap kering, setelah itu jemurlah di tempat panas.

  • Untuk Jok Mobil Bahan Nilon

Dengan harga yang lumayan terjangkau dan juga berkualitas, akan tetapi jok nilon masih memiliki kekurangan, yaitu gampang kotor. Nah ini disebabkan karena pori-pori atau lubang pada bahan ini terlalu besar, sehingga kotoran lebih mudah masuk kedalam jok mobil. Apalagi kalau itu noda cair, pastinya akan lebih cepat meresap dibandingkan bahan jok lainnya. Sehingga jamurpun mudah tumbuh di jok nilon, apabila jika tidak rutin dirawat. Namun jika sudah terlanjur berjamur, maka untuk cara membersihkannya ialah dengan menggunakan cairan pembersih.

  • Untuk Jok Mobil Bahan Tenun

Untuk jok mobil yang berbahan tenun memang sangat jarang digunakan. Yang mana pengemudi biasa menggunakannya untuk modifikasi agar tampil beda dan juga lebih keren. Secara kualitas, bahan tenun hampir mirip dengan nilon, begitu juga dengan cara membersihkannya. Jika Anda menemui jok mobil berbahan tenun yang berjamur, maka Anda bisa menggunakan cairan pembersih yang disemprotkan ke permukaannya. Setelah itu gosoklah jok mobil secara perlahan menggunakan sikat bulu halus, sembari dibilas tiap menggosoknya. Jika ternyata jamurnya tidak juga hilang, maka Anda bisa coba gosok menggunakan kain yang direndam air hangat.

  • Jok Mobil Bahan Vinyl

Untuk membersihkan jamur dari jok mobil yang berbahan vinil sangatlah mudah untuk dilakukan. Untuk membersihkan jamur tersebut, Anda cukup menggunakan pembersih khusus jamur yang biasa dipakai untuk kendaraan. Alternatif lainnya ialah memakai campuran baking soda dengan air sebagai pembersihnya. Dan untuk cara kerjanya, Anda tinggal semprotkan terlebih dahulu cairan pembersih ke jok yang kotor. Setelah itu, Anda baru lap menggunakan kain halus atau sikat yang berbulu lembut sampai benar-benar kering.

Viral :   Rekomendasi Oli Mobil Terbaik untuk Semua Mobil

Nah, itulah tadi beberapa cara membersihkan jok mobil yang berjamur sesuai dengan bahannya. Pada sebagian besar bahan, cairan pembersih jok mobil sudah sangat cukup ampuh, dalam mengangkat jamur yang tumbuh di permukaan jok mobil. Namun jika ternyata jamurnya sudah sangat parah, maka sudah saatnya untuk mengganti jok mobil Anda.