cara jumper aki mobil

Cara Jumper Aki Mobil untuk Menghidupkan Mobil Kembali

Aki mobil yang tekor memang sangat merepotkan karena tidak akan membuat mobil tersebut bisa menyala. Maka dari itulah diperlukan informasi tentang cara jumper aki mobil agar bisa membuat mobil yang tidak bisa menyala sebelumnya dikarenakan lagi mereka tekor karena tidak digunakan akan bisa berfungsi kembali setidaknya untuk digunakan dalam sekali jalan.

Tetapi siapa sangka bahwa untuk sekarang ini masih ada banyak pihak belum mengetahui mengenai apa itu jumper aki. Fenomena seperti ini tentunya akan sangat banyak dirasakan oleh masyarakat mengingat untuk sekarang ini dengan ketetapan WFH atau PPKM akan membatasi setiap orang untuk pergi keluar rumah.

Sehingga hal tersebut membuat beberapa orang akan jarang menggunakan kendaraan terutama mobil mereka untuk bepergian. Dan hal inilah yang menyebabkan akhir dari kendaraan roda empat menjadi cepat tekor dikarenakan tidak pernah digunakan.

Apa Itu Jumper Aki Mobil?

Untuk mereka yang tidak pernah mengalami aki tekor mungkin tidak akan memiliki ketertarikan apalagi mengetahui mengenai apa itu jumper aki. Padahal bagi pemilik mobil hal ini sangat wajib diketahui apabila sewaktu-waktu kendaraan mereka tidak bisa digunakan dikarenakan masalah yang sama.

Karena itulah dengan memahami tentang bagaimana cara jumper aki mobil pastinya akan membantu kamu bagi calon pengguna mobil untuk kedepannya untuk mengatasi masalah tersebut jika memang terjadi kepada kamu.

Yang dimaksud dengan jumper aki itu adalah upaya untuk bisa menghidupkan mobil kembali ketika aki dari keterangan tersebut sudah tekor atau sulit untuk dihidupkan Sebab terjadi gangguan ataupun karena tidak pernah digunakan.

Viral :   Cara Mematikan Mesin Mobil Engine Start

Untuk bisa melakukan hal ini ternyata harus melibatkan mobil orang lain dengan aki normal agar bisa dijadikan sebagai pembantu untuk menghidupkan aki yang tekor. Harus diperhatikan juga bahwa untuk bisa melakukan hal ini memang harus dibutuhkan pengetahuan dan juga cara yang tepat agar tidak terjadi kesalahan ketika melakukan jumper tersebut.

Sebab jika melakukan kesalahan tentunya tersebut tidak akan bekerja dan tidak bisa membantu aki yang tekor untuk hidup kembali. Dan juga harus di ketahui bahwa cara jumper aki mobil ini hanya bisa diterapkan apabila accu tersebut tidak dalam keadaan kondisi rusak parah.

Terapkan Tutorial Jumper Aki Berikut dengan Mudah

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan istilah di atas, maka untuk sekarang ini tidak ada informasi lain yang masuk diketahui selain informasi mengenai tutorial bagaimana cara menerapkan hal di atas. Perlu diketahui bahwa hal ini harus dilakukan dengan benar dan tepat agar tidak terjadi kesalahan apapun yang mungkin akan menyebabkan konsleting.

Karena itu simak informasi berikut. Pertama-tama siapkan dulu benda yang dibutuhkan seperti kabel jumper dan mobil yang akan digunakan sebagai media sumber jumpernya. Jika sudah maka persiapkan ke-2 mobil lalu apabila mobil yang digunakan adalah automatic maka pastikan bahwa tuas ada di P, tetapi jika manual maka pastikan tuas berada di N.

Viral :   Ini Dia Tips Modifikasi Mobil Bekas agar Tetap Maksimal

Untuk bisa menerapkan cara jumper aki mobil berikut, pastikan juga sudah menghidupkan rem tangan. Lalu selanjutnya ialah menghubungkan kedua aki dengan menggunakan kabel jumper. Wajib untuk dipastikan bahwa kutub positif setiap accu harus saling bertemu dan tidak saling tertukar dengan kutub negatif.

Jika sudah maka hidupkan mobil ada accu yang bagus dan diamkan selama 2 menit. Jika sudah maka injak beda gas sampai putaran pada speedometer mencapai 2000 RPM. Setelah beberapa saat cobalah untuk menghidupkan mobil dengan aki yang soak. Jika kendaraan tersebut sudah bisa menyala dengan normal, maka diamkan selama 5 menit sembari menginjak pedal gas secara tipis.

Apabila sudah maka cabutlah kabel jumper tersebut. Nama perlu diketahui bahwa hal ini harus dilakukan dengan teliti juga dan tidak bisa sembarangan. Caranya ialah harus mencabut kabel negatif terlebih dahulu baru bisa melepas kabel positif. Setelah mengetahui bagaimana caranya, jangan sampai hal ini membuat kamu bisa menjaga hal tersebut untuk selalu melakukannya.

Tetapi kami sangat menganjurkan hal ini agar bisa dilakukan untuk membuat kamu bisa membawa mobil tersebut ke bengkel dan mengganti aki. Sebab walaupun sudah menerapkan cara jumper aki mobil dan berhasil, tentunya hal tersebut tidak akan bertahan lama karena itulah langsung ganti aki mobil untuk pemakaian normal kembali.