cara bayar pajak motor

Cara Bayar Pajak Motor di Kantor Samsat

Jangan mengaku menjadi orang yang peduli dengan pembangunan bangsa jika cara bayar pajak motor saja tidak tahu dan tidak melakukannya. Membayar pajak merupakan kewajiban bagi setiap orang yang memiliki kendaraan baik itu motor maupun mobil. Pembayaran pajak juga tidak boleh telat karena akan mendapatkan denda.

Pembayaran pajak motor atau kendaraan di lakukan di kantor samsat. Pembayaran dilakukan setiap setahun sekali di waktu yang telah ditentukan. Jika telat dari tanggal yang telah ditentukan oleh kantor samsat, maka pemilik kendaraan akan dikenakan. Maka dari itulah, penting untuk mengecek STNK agar tahu kapan waktunya harus membayar.

Walaupun merupakan kewajiban, akan tetapi masih banyak orang yang belum taat untuk membayar wajib pajak. Padahal membayar pajak memiliki banyak manfaat karena anggaran yang didapatkan akan digunakan untuk biaya pembangunan insfrastruktur dan memberikan subsidi kepada masyarakat kurang mampu. Tidak hanya itu membayar pajak juga bisa menjadi jaminan asuransi jika terjadi kecelakaan saat menggunakan motor tersebut.

Untuk lebih memudahkan pemilik kendaraan, saat ini telah tersedia layanan e-samsat atau membayar pajak secara online. Namun untuk bisa menggunakan layanan ini, kamu harus melakukan registrasi dulu di kantor pelayanan pajak untuk mendapatkan e-Fin. Jika ingin lebih pasti, kamu bisa pilih cara bayar pajak motor melalui kantor samsat saja.

Daftar Isi

Langkah-Langkah Membayar Pajak Motor di Kantor Samsat

Banyak yang bilang bahwa mengurus pembayaran pajak di kantor samsat sangat ribet dan membutuhkan waktu lama. Hal ini membuat beberapa orang lebih memilih untuk menggunakan calo dibandingkan harus melakukan sendiri. Padahal proses membayar di kantor samsat sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu lebih dari 1 jam saja. Untuk tahu seperti apa caranya, simak langkah-langkahnya berikut ini :

  1. Siapkan dokumen

Langkah pertama jika ingin membayar pajak di kantor samsat pastikan siapkan dokumen yang dibutuhkan terlebih dahulu. Beberapa dokumen yang wajib dibawa adalah KTP asli pemilik kendaraan dan fotokopiannya, STNK asli dan fotokopi, BPKB asli dan fotokopi serta formulir pendaftaran pembayaran pajak.

  1. Isi formulir pendaftaran

Setelah dokumen siap, cara bayar pajak motor selanjutnya adalah datang ke loket dan minta formulir pendaftaran bayar pajak kepada petugas. Isi dengan identitas pemilik kendaraan dan juga data kendaraan yang akan dibayarkan pajaknya dengan benar. Setelah itu berikan dokumen persyaratan dan formulir pendaftaran kepada petugas samsat agar dilakukan pengecekan.

  1. Bayar biaya pajak di loket kasir

Jika dokumen dan formulir telah sesuai, selanjutnya berkas kamu akan dialihkan ke loket kasir. Disini akan dijumlahkan besarnya biaya pajak yang harus kamu bayarkan. Selanjutnya bayar sesuai dengan jumlah yang telah ditentukan kemudian STNK, BKPB dan bukti pembayaran akan dikembalikan oleh petugas kepada pemiliknya. Itu artinya proses telah selesai dan kamu telah melakukan wajib pajak dan menjadi warga negara yang baik.

Viral :   Cara Memperbaiki Fuel Pump Mobil Yang Rusak

Cara Bayar Pajak Motor Lima Tahunan

Pemilik kendaraan harus tahu, bahwa ada dua jenis pajak yang harus dibayarkan yaitu tahunan dan lima tahunan. Cara membayar tahunan dan lima tahunnya pastinya berbeda. Maka dari itu pastikan tahu perbedaannya agar tidak salah langkah saat datang ke kantor samsat nanti.

Untuk pajak lima tahunan, ada satu tahapan lagi yang harus dilakukan oleh pemilik kendaraan jika ingin melakukannya. Setelah menyiapkan semua berkas dan persyaratan, selanjutnya cari petugas samsat untuk gosok nomor mesin dan nomor rangka dari kendaraan yang akan dibayarkan pajaknya. Selanjutnya bawa dokumen dan hasil cek nomor mesin dan rangka ke petugas untuk dicek.

Setelah proses pengecekan dokumen dan membayar biaya, jangan langsung pergi akan tetapi tunggu sampai petugas memberikan plat nomor kendaraan yang baru. Di plat yang baru tersebut masa berlaku pajak lima tahunan telah diperbaharui sehingga kendaraan telah legal digunakan kembali selama lima tahun mendatang.

Sebagai warga negara yang baik telah menjadi kewajiban untuk taat pajak termasuk membayar pajak kendaraan. Dengan taat membayar kewajiban ini, pembangunan negara bisa digagas sehingga akan berdampak terhadap pertumbuhan dan perkembangan bangsa di mana mendatang. Maka dari itulah jangan hanya tahu cara bayar pajak motor saja akan tetapi juga lakukan sesuai aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.