Cara Memperbaiki Aki Kering

Rahasia Cara Memperbaiki Aki Kering dengan Benar

Pecinta otomotif harus tahu cara memperbaiki aki kering agar tidak buru-buru untuk menganti dengan yang baru. Aki merupakan salah satu komponen utama kendaraan yang memiliki fungsi sangat penting. Aki menjadi penyuplai daya listrik untuk semua komponen sehingga kendaraan bisa dihidupkan dan dikendarai.

Aki kering biasanya terjadi jika kendaraan dipakai dalam waktu lama dan tidak pernah dilakukan perawatan. Hal ini membuat daya listrik lebih cepat terkuras sehingga accu menjadi kering dan tidak berfungsi. Kondisi ini cukup berbahaya karena bisa membuat kendaraan tidak dapat digunakan bahkan mengalami kerusakan yang lebih parah lagi.

Beberapa orang menganggap jika accu kering maka harus diganti dengan yang baru. Namun sebenarnya accu kering yang soak masih bisa diperbaiki dan digunakan kembali. Hanya saja untuk memperbaikinya memang diperlukan keahlian dan cara khusus serta harus dilakukan dengan hati-hati.

Memperbaiki accu yang rusak memang tidak menjamin akan bisa bertahan lama. Semua tergantung dari kondisi dan cara memperbaikinya. Untuk kamu yang ingin mencoba dan tahu cara memperbaiki aki kering, simak langkah-langkahnya berikut ini:

Langkah-Langkah Memperbaiki Aki Kering dengan Mudah

Memperbaiki accu kering yang telah rusak atau soak memang tidak mudah. Pasalnya ada banyak komponen yang harus diperhatikan agar aki bisa berfungsi lagi dengan baik. Agar tidak salah dan justru merusak aki, berikut langkah-langkah memperbaikinya yang bisa kamu coba:

  1. Siapkan peralatan

Untuk memperbaiki aki kering yang rusak, hal pertama siapkan dulu peralatannya. Kamu akan membutuhkan obeng minus, obeng plus, pisau atau gergaji, air accu dan juga solasi atau selotip dengan ukuran besar. Jika peralatan telah ada, selanjutnya pastikan kendaraan yang akan diperbaiki dalam kondisi dingin atau tidak habis digunakan.

  1. Lepas aki dan buka penutupnya

Setelah semua siap, lepaskan accu dari tempatnya dengan hati-hati. Selanjutnya buka penutupnya menggunakan pisau atau gergaji. Pastikan melakukan dengan hati-hati agar tidak merusak komponen atau melukai tangan kamu sendiri. Buka pada bagian atas aki yang terdapat tulisan “do not open”. Buka juga pada bagian samping serta belakang penutup tersebut.

  1. Isi air accu

Setelah penutup accu terbuka, cara memperbaiki aki kering selanjutnya adalah dengan mengisinya menggunakan air accu yang telah disiapkan sebelumnya. Di bagian dalam komponen accu terdapat 6 lubang sebagai tempat untuk mengisi air aki atau accu zuur. Masing-masing lubang kamu bisa isi dengan cairan tersebut sebanyak 15 ml kemudian tutup kembali penutupnya dengan rapat.

Viral :   Cara Memilih Jaket Touring yang Akan Sangat Bermanfaat

Saat proses perbaikan, hindari kontak langsung air accu dengan kulit dan mata. Hal ini karena air accu bisa menyebabkan reaksi terbakar jika terkena permukaan kulit secara langsung. Jika tidak sengaja terkena cairan tersebut, segera bersihkan menggunakan air dan sabun untuk mengurangi iritasinya.

Tips yang Dapat Dilakukan Agar Aki Kering Lebih Awet

Aki kering memang masih menjadi salah satu masalah yang kerap dialami oleh pemilik kendaraan bermotor. Kondisi ini bisa terjadi karena beberapa faktor khususnya pada cara menggunakan dan merawat kendaraan itu sendiri. Oleh sebab itulah selain harus tahu cara memperbaiki aki kering, kamu juga harus tahu cara merawat aki agar lebih awet.

Viral :   Cara Merawat Kaca Mobil Agar Terhindar dari Jamur dan Baret

Cara merawat agar aki kering lebih awet justru kamu harus sering menggunakan kendaraan tersebut. Kendaraan yang jarang digunakan justru berpotensi membuat aki lebih cepat soak dan rusak. Motor yang sering digunakan membuat aki bisa menyuplai aliran listrik dengan baik sehingga akan lebih bagus untuk komponen accu itu sendiri.

Jika ingin accu lebih awet dan tidak mudah soak, hindari penggunaan aksesoris yang butuh suplai listrik terlalu banyak. Aksesoris yang terlalu banyak akan membuat beban aki semakin berat. Maka dari itulah jika ingin melakukan modifikasi, lakukan seperlunya agar tidak membuat performa kendaraan menurun.

Aki merupakan salah satu komponen kendaraan yang memiliki fungsi sangat penting karena menjadi suplai listrik untuk kendaraan. Jika suplai listrik bermasalah maka kendaraan tidak akan bisa berfungsi secara maksimal. Oleh sebab itulah penting juga untuk mengetahui cara merawat dan cara memperbaiki aki kering yang soak agar bisa berfungsi dengan maksimal.