cara pasang relay klakson

Jangan Salah, Inilah Cara Pasang Relay Klakson dengan Tepat

Sebelum mencari tahu bagaimana cara pasang relay klakson dengan tepat, maka kamu wajib mengenal tentang bagian-bagiannya lebih dulu. Seperti yang diketahui banyak orang, klakson merupakan elemen penting dalam setiap kendaraan bermotor. Sebab bagian ini merupakan standar dari sebuah kendaraan, baik mobil maupun motor.

Sedangkan untuk fungsi dari klakson ini sendiri ialah untuk memberikan tanda pada pengendara lainnya dengan suara. Bagian motor ini juga kerap dipakai untuk menyapa pengendara lain dijalan. Namun ternyata sistem dari klakson ini sendiri tidak mudah seperti yang dibayangkan. Kamu wajib tahu agar tidak salah.

Elemen kendaraan ini dapat berfungsi dan mengeluarkan bunyi karena bantuan dari aliran listrik didalamnya. Sementara itu, klakson sendiri memerlukan energi cukup tinggi agar dapat berbunyi. Karena daya yang kurang menyebabkan tidak dapat berbunyi. Hal tersebut sering kali dialami oleh para pengendara kendaraan bermotor.

Pastinya jika energi tidak dapat masuk dengan baik, saklarnya akan terpengaruh juga serta tidak berbunyi. Untuk kamu yang mau suaranya kencang, maka bisa memberikan relay klakson di motor atau mobil. Ini merupakan sebuah solusi tepat untuk dilakukan. Namun sebelum memasangnya, kamu perlu tahu tujuan serta fungsinya.

Tujuan Dipasang Relay yang Harus Diketahui

Sebelum kamu menemukan cara pasang relay klakson dengan tepat, maka sebaiknya kenali dulu fungsinya dulu. Relay sendiri merupakan saklar guna memutus serta menyambung arus kelistrikan berat. Saat memakai bantuan dari elemen ini, maka saklar kabelnya juga tidak harus yang besar ukurannya.

Viral :   Beragam Jenis Bahan Bakar Alternatif yang Perlu Diketahui

Bagian kendaraan ini memang kini semakin disukai oleh orang, sehingga akan selalu dicari. Untuk itu, jika kamu ingin menggunakannya tidak perlu khawatir. Sebab dipasaran dengan beragam jenis dapat dijumpai dengan mudah. Untuk itu, pastikan kamu tidak salah memilih yang palsu dan beli di bengkel terpercaya saja.

Dengan memasang relay dikendaraan, pastinya kamu akan mendapat lebih banyak keuntungan. Seperti membuat umur saklar jadi lebih panjang. Karena pasang elemen ini perlu arus yang besar, sehingga alirannya juga tidak lewat saklar seperti umumnya. Sehingga saat sistem listrik dinyalakan, percikan api besar tidak akan muncul, sebab telah diminimalkan. Bahkan untuk percikannya juga hilang.

Selain itu tujuannya ialah agar bisa meminimalkan hambaran di aliran listrik. Beberapa elemen yang memakai listrik akan menerima tenaga baterai langsung. Sehingga tidak perlu adanya saklar dan meminimalkan hambatan arus. Dengan memakai relay juga membuat aman semua elemen listrik jadi lebih aman.

Layaknya sekring, relay ini dipasang di bagian listrik dengan fungsinya yakni untuk mengamankan jika terjadi arus pendek. Apabila klakson belum dipasang relay, maka sebaiknya lakukan pemasangan agar lebih aman. Apabila telah dipasang, pasti pengguna jadi tau perbedaannya. Pastikan mengerti cara pasang relay klakson untuk kendaraan.

Memasang Sebuah Klakson dengan Relay

Mengetahui semua bagian dari relay, memang penting untuk dilakukan sebelum kamu mengerti cara pasang relay klakson sendiri dengan tepat. Pertama siapkan ring terminal dengan ukuran 10 mm. Setelah itu gunakan terminal connector serta socket yang mereknya bosch. Siapkan juga kabel yang ukurannya 5 mm.

Viral :   Tips Memodifikasi Motor agar Bebas Tilang

Jangan lupa siapkan relay yang mereknya juga bosch dengan kakinya sejumlah 4 buah. Pastikan untuk menyesuaikan antara kotak fuse serta connector terminal dengan besarnya arus dari kendaraan. Jika semua bagian yang diperlukan untuk memasang sudah dikumpulkan. Maka selanjutnya pemilik dapat memasangnya sendiri.

Harus kamu tahu jika relay ini memang perlu dua sistem, yakni positif serta negatif. Umumnya pada negatif, kamu akan memerlukan dua buah kabel agar dapat memasangnya. Sementara itu, pada positif hanya memakai satu kabel saja. Dimana nantinya akan dihubungkan ke saklar serta body kendaraan.

Lantas cara memasangnya juga tidak sulit. Pemasangan negatif dimulai dengan pasang kabel ujung 30 ke arah positif pada accu. Lalu pasang no 87 ke arah positif bel. Kemudian part 85 arahkan ke kabel klakson 1. Serta no 86 arahkan ke klakson 2.

Pasang kabel 86 maupun 86 bisa dibolak balik. Agar tidak salah, maka kamu wajib memperhatikan dengan baik nomor relaynya. Sebelum melakukan pemasangan, memang penting untuk mengetahui apa saja yang diperlukan serta tujuan dipasangnya. Dengan tahu cara pasang relay klakson secara tepat, maka akan sangat bermanfaat.

Kata Pencariancara merangkai relay,pasang relay lampu motor