Motor custom

Tips Bikin Motor Custom agar Semakin Keren

Motor custom ternyata semakin digemari di Indonesia, tidak hanya dari kalangan anak muda saja, tetapi berbagai kalangan juga menikmatinya. Bahkan Pak Presiden Jokowi juga pernah menunjukkan koleksi motor customnya. Bahkan dalam beberapa kesempatan pernah dipakai untuk mengunjungi berbagai daerah ketika sedang blusukan.

Salah satu sisi menarik dari kustomisasi adalah menjadikan barang atau kendaraan tersebut semakin eksklusif. Dalam artian tidak ada yang memilikinya selain orang tersebut. Selain itu melakukan modifikasi tertentu bisa meningkatkan performa serta manfaatnya. Terlebih apabila disesuaikan dengan kesukaan, postur tubuh, dan berbagai pertimbangan personal lainnya.

Selain unik dan eksklusif, juga memungkinkan kedekatan atau kecintaan terhadap barang atau motornya semakin tinggi. Dengan demikian kesadaran untuk merawat, menjaga, serta melakukan service rutin menjadi semakin kuat. Hal ini juga akan membuat ketahanan serta umur barangnya menjadi awet muda hingga bertahun – tahun.

Tipe – Tipe dalam Modifikasi atau Custom

Untuk merakit motor custom, tidak hanya sekedar memasang atau mengganti beberapa komponennya saja. Karena apabila demikian, tidak banyak perubahan serta mungkin hanya mempercantik penampilannya saja. Sedangkan tujuan dari customnya adalah meningkatkan berbagai performa sesuai personalisasi pemiliknya. Untuk itu perlu memahami beberapa tipe terlebih dahulu.

  1. Cafe racer

Sesuai dengan namanya, modifikasi ini mengupayakan ada motornya dioptimalkan dalam hal kecepatan layaknya seorang pembalap. Ciri utamanya pada posisi stank yang sedikit menunduk ke bawah. Ala – ala pembalap di masa lalu. Selain itu tempat duduknya dibuat single seat, dengan tangki bahan bakar memanjang untuk mengoptimalkan aerodinamisnya.

  1. Scrambler
Viral :   Cara Bayar Pajak Mobil atau Motor di Indomaret dan Alfamart

Berbeda dengan racer, modifikasinya ini lebih difokuskan pada persiapan berpetualang di jalanan bergelombang. Biasanya semi off road, berbatu, atau kondisinya jelek. Cirinya terletak pada roda yang memiliki motif kotak – kotak dengan ground clearencenya tinggi. Sehingga bisa melewati berbagai medan yang tidak datar.

  1. Chopper

Chopper sendiri dikhususkan untuk berkeliling serta menguasai jalanan besar yang memiliki tipikal halus dan datar. Ciri modifikasinya adalah ban depan sedikit lebih besar dengan stank agak tinggi. Rangkanya dibuat sedikit miring, sehingga menampakkan kegagahan pengendaranya. Biasanya ditambahkan aksesoris khas kesukaan pengendaranya agar semakin mencolok.

Tips Melakukan Custom Motor Sebagai Pemula

Apabila kamu tertarik untuk memiliki motor custom, perlu mengetahui terlebih dahulu bagaimana langkahnya. Agar ketika sudah dilakukan modifikasi tidak malah kecewa, merasa dirugikan, atau mengalami hambatan – hambatan tertentu. Salah satu langkahnya adalah memastikan kembali motif dalam melakukan modifikasi. Jangan sampai hanya karena mengikuti tren.

Pilihlah tipe modifikasi yang kamu inginkan, apakah menginginkan untuk off road, mengoptimalkan kecepatan, atau berjalan santai di kota – kota besar. Nantinya juga akan menentukan pilihan motor donornya. Selain itu juga mampu menghitung berbagai budgetnya untuk melakukan modifikasi. Jangan sampai over, karena akan membebani finansial.

Tak lupa siapkan berbagai aksesoris pilihan, tujuan dari merakit custom adalah semakin menonjolkan karakter penggunanya. Apabila bisa mendesain atau menggambar, alangkah baiknya menyediakan draf gambarnya sebelum mengonsultasikan ke pihak yang memodifikasi, dengan demikian akan ada kesamaan gambaran hasil custom motornya.

Viral :   Jangan Abaikan Perawatan Rantai Sepeda Motor

Hindari Hal ini Ketika Merakit Motor Custom

Meskipun ingin terlihat keren, eksklusif atau bergaya, tetapi tidak semua perubahan membawa dampak baik, entah bagi pengendaranya sendiri atau bagi orang lain di sekitarnya. Karenanya juga harus menghitung serta mempertimbangkan hal – hal yang merugikan tersebut. Seperti mengubah spion menjadi kecil, otomatis blind spotnya makin besar.

Mengganti beberapa komponen seperti roda yang sangat tipis atau mengubah bahan stank, juba bisa membahayakan. Terlebih apabila tidak dihitung sesuai dengan hitungan yang matang. Bisa jadi antara beban motor, tekanan ketika berkendara, serta kontur jalanannya bisa menyebabkan kecelakaan. Hindari hal seperti ini.

Selain itu juga hindari hal berpotensi merugikan orang lain, contohnya melepas spakbor di bagian belakang. Meski bentuknya seperti mengganggu, sebenarnya fungsinya sangat besar. Yaitu melindungi pengendara atau orang di belakangnya agar tidak terciprat air ketika melewati genangan. Apabila sampai dilepas tentunya merugikan orang lain.

Setiap orang tentu ingin merasakan spesial atau berbeda dari yang lainnya. Bahkan dari urusan baju hingga kendaraan. Salah satunya adalah melakukan modifikasi pada kendaraan bermotor. Namun perlu diperhatikan dan dihitung dengan baik. Sehingga motor custom yang dibuat tidak merugikan pengendara maupun orang lain.