kredit mobil

Kredit Mobil Vs Tunai Mobil, Perbandingan dan Rekomendasinya

Membeli mobil memang menjadi impian setiap orang, meskipun setiap orang memiliki preferensi memilih kredit mobil atau membayar langsung. Kedua pilihan tersebut tetap menunjukkan bahwa semangat memilikinya cukup tinggi. Baik untuk keperluan sehari – hari seperti transportasi ke kantor atau digunakan sebagai mode atau meningkatkan gaya hidupnya.

Namun seperti yang diketahui bahwa harga mobil masihlah cukup tinggi, masih berkisar puluhan juta hingga ratusan juta. Harga yang fantastis ini tentunya tidak semuanya bisa menjangkaunya. Karenanya dikembangkanlah metode pembayaran menggunakan kredit, sehingga meskipun belum bisa membayar keseluruhan, mereka mampu memanfaatkan mobilnya.

Tentu ini sangat membantu berbagai kalangan, terutama apabila kebutuhan mobilnya besar tetapi belum mampu mengalokasikan dana besar untuk melunasinya secara langsung. Namun akan dibebani biaya tiap bulan sesuai dengan jangka waktu yang disepakatinya. Kedua metode tersebut memiliki kelebihan serta kekurangannya. Sebelum memutuskan, cobalah menyimak ulasan berikut.

Kelebihan dan Kekurangan Kredit Mobil

Memilih kredit sebagai metode pembayaran bisa menjadi solusi bahkan memiliki kemanfaatan besar. Salah satunya adalah memberikan kesan psikologis lebih murah. Hal ini terjadi karena biayanya di bagi merata dalam jangka waktu tertentu. Sehingga tidak terasa ketika harus mengeluarkan uang besar, karena telah dicicil setiap bulannya.

Selain itu juga meningkatkan produktivitas, terutama ketika mobil tersebut digunakan untuk keperluan kerja. Dibandingkan dengan naik angkutan umum, kecepatan serta privasi bisa menghemat berbagai biaya tambahan. Dengan demikian pengeluaran bisa ditekan serta tingkat produktivitasnya bisa meningkat tajam. Dengan demikian tidak merugi justru menguntungkan.

Viral :   4 Langkah Membuat Kaca Mobil Anti Air

Akan tetapi memilih menggunakan kredit juga memiliki risiko tersendiri. Contohlah apabila kondisi sosial, ekonomi, politik tiba – tiba tidak stabil, bisa menjadi beban tersendiri. Bukan hanya terlilit biaya kreditnya tetapi juga bisa terlilit bunganya yang semakin besar. Seperti pada kondisi saat ini, ketika ekonomi sedang diguncang, cicilan sangat mengganggu kesehatan keuangan.

Selain itu juga mendorong untuk berhutang lagi. Terlebih apabila ternyata menghadapi kondisi sulit, tentu untuk mampu melunasinya harus mengambil biaya lainnya. Apabila tidak ada potensi berhutang bisa semakin tinggi. Hal ini memberikan dampak negatif pada kesehatan finansial dalam jangka panjang.

Kelebihan serta Kekurangan Tunai Mobil

Selain menggunakan metode kredit, bisa juga menggunakan metode tunai. Yaitu membayar secara penuh ketika membelinya. Berbeda dengan sistem kredit, yang akan dibebankan tiap bulannya, metode ini mengharuskan biayanya lunas ketika proses pembelian. Salah satu pertimbangannya adalah budget yang cukup serta menghindari potensi bunga.

Kelebihan menggunakan metode ini adalah segala proses telah selesai di awal. Sehingga ketika ada guncangan ekonomi ke depannya, tidak akan berdampak padanya. Tidak ada cicilan atau biaya pengeluaran tambahan per bulannya. Selain itu juga menghindari kenaikan harga tiap tahunnya. Diketahui harga mobil akan meningkat setiap tahun.

Kekurangannya terletak pada kebutuhan biaya yang besar di awal. Berbeda dari kredit mobil yang ringan (mulai dari 25%) saja tetapi tunai harus menyelesaikannya di muka. Biaya yang sangat besar ini apabila tidak disiapkan dengan baik, maka berpotensi mengganggu kebutuhan saat itu. Terlebih mengumpulkannya tidaklah mudah.

Viral :   Pemula Wajib Tau, Begini Tips Cara Pakai Kunci Torsi Yang Benar

Rekomendasi Pilihan Terbaik untuk Anda

Kedua pilihan antara membeli secara kredit mobil maupun tunai memiliki keunggulan serta kelemahannya masing – masing. Apabila kamu dihadapkan pada pilihan tersebut mulailah menghitung kembali kemampuan finansialnya. Pastikan berbagai kebutuhan primer lainnya sudah terpenuhi terlebih dahulu sehingga apa saja pilihannya tidak akan mengganggu.

Ketika membutuhkan kecepatan memiliki mobil, alangkah baiknya menggunakan metode kredit saja. Karena biaya persiapannya lebih sedikit. Tetapi pastikan memiliki sumber pendapatan stabil terlebih dahulu agar senantiasa mampu melunasi cicilannya secara rutin. Pastikan memiliki tabungan cukup untuk berjaga ketika terjadi musibah.

Namun apabila tidak begitu butuh cepat, alangkah baiknya menabung terlebih dahulu. Susunlah perencanaan dengan berinvestasi untuk tujuan spesifik beli mobil. Berkonsultasilah dengan orang ahli agar mendapatkan solusi terbaiknya. Karena sebenarnya dengan berinvestasi mampu mengurangi beban biaya yang besar tersebut. Selain itu juga menghindari situasi terburuk.

Membeli mobil memang menjadi impian setiap orang, terlebih apabila dibutuhkan dalam berbagai kegiatan. Mulai dari kerja maupun main bareng teman dan keluarga. Namun membelinya juga harus mempertimbangkan berbagai hal. Seperti kesiapan finansial. Memang pembayaran kredit mobil bisa menjadi solusi cepatnya.