Cicilan Mobil

Tips Mengelola Cicilan Mobil Agar Tidak Berat

Mobil menjadi pilihan bagi beberapa orang, meskipun masih mahal, metode pembelian dengan menggunakan cicilan mobil masih cukup diminati sebagai solusinya. Karena dengan mengandalkan cicilan secara berkala, maka bebannya bisa berkurang. Selain itu mobil sudah bisa dinikmati dan dimanfaatkan untuk berbagai keperluan pribadi maupun keluarga.

Namun terkadang meskipun sudah menggunakan metode mencicil, tetapi tetap terasa cukup berat. Bahkan cukup terbebani ketika diharuskan membayarkannya. Apabila hal ini terjadi pada Anda, maka ada kemungkinan metode mencicil yang digunakan masih belum optimal sesuai dengan kemampuan. Perlu mengubah metodenya sehingga tidak begitu membebani.

Pada dasarnya memilih cicilan berarti membayarkan dengan berkala sesuai dengan pilihan waktunya. Ada beberapa faktor yang akan mempengaruhi besarnya biaya cicilan. Mulai dari pemilihan rentang waktu pembayarannya, kemudian besaran bunganya, serta yang tidak kalah penting harga dari mobilnya itu sendiri. Semakin mahal tentunya semakin besar.

Ketahui Hal Berikut Sebelum Mencicil

Melakukan pembelian dengan cara memilih sistem pembayaran berupa Cicilan Mobil memiliki keunggulan di pembagian beban pembiayaan. Selain itu untuk mampu menggunakan atau memilikinya tidak harus membelinya secara utuh terlebih dahulu. Tetapi apabila tidak direncanakan, maka berpotensi memberikan beban tambahan, karenanya perhatikan hal berikut terlebih dahulu.

  1. Menentukan kebutuhan mobil

Mobil memiliki berbagai jenis dan varian. Tentunya harganya sangat beragam, terlebih mobil sport memiliki harga yang fantastis. Untuk meringankan beban cicilannya, maka pilihlah mobil sesuai kebutuhan dan pilihlah rentang harga yang memungkinkan untuk dibeli. Dengan demikian harganya tidak terlalu tinggi ketika bagi bebannya dalam bentuk cicilan.

  1. Menentukan besaran uang muka
Viral :   Tips Sebelum Sewa Bus, Ketahui Hal ini Mulai Sekarang

Sesuai anjuran pemerintah, cicilan dibatasi minimal 25% harga total. Apabila Kamu bisa membayar di atas itu, maka bisa beban biayanya bisa berkurang. Contohlah apabila Kamu bisa membayar sebanyak 40%. Maka Kamu hanya perlu membayar cicilannya sekitar 60% saja. Apabila dihitung tiap bulannya bisa lebih murah.

  1. Menentukan jangka waktu cicilan

Jangka waktu mencicil menentukan seberapa banyak frekuensi cicilannya. Semakin singkat, maka frekuensi pembayarannya semakin kecil pula. Sehingga besaran yang harus dibayarkan sangat besar. Apabila bisa memperpanjang waktu, maka besarannya juga akan turun. Tetapi perhatikan suku bunganya, jangan sampai membengkak.

Amankan Cicilan dengan Memanfaatkan Fitur Berikut

Cicilan mobil sebenarnya juga mengandung resiko, terlebih apabila terdapat suatu musibah seperti pandemi ini, ketika tidak siap maka resikonya cukup besar. Terlebih dapat mengganggu bagaimana arus finansial di keluarga. Mulai dari membengkaknya pengeluaran hingga hal – hal lainnya terganggu. Tentunya hal ini tidak ingin dialami.

Salah satu cara mengamankan dan menghindari kondisi tersebut adalah melakukan forecasting atau perhitungan dan prediksi. Dihitung terlebih dahulu beban bulanannya yang harus dikeluarkan. Kemudian menghitung berbagai sumber pendapatan serta berbagai potensi lainnya. Seperti tabungan, potensi bencana dan lain sebagainya.

Setelah perhitungan cukup lengkap, putuskanlah untuk mengambil asuransi. Memang asuransi masih belum populer atau terasa manfaatnya ketika situasi berjalan normal. Tetapi apabila ada kondisi mendadak dan tidak terduga, ini bisa menyelamatkan keuangan kamu. Selama masih dalam ketentuan, bisa melakukan klaim untuk meringankan beban cicilannya.

Viral :   Cara Mudah Membuat Knalpot Srigala di Rumah

Hindari Hal Berikut agar Cicilan Mobil Lancar

Setelah merencanakan serta memilih metode mencicil paling sesuai, perlu juga menghindari hal – hal berikut agar tidak menambah beban pengeluarannya. Pertama adalah perhatikan mengenai jenis mobilnya. Apabila membeli mobil baru, tidak masalah, tetapi apabila membeli second, perlu mengamati lebih dalam terhadap kondisi fisik serta mesinnya.

Jangan sampai ternyata kondisinya ada banyak kekurangan. Sehingga tiap bulannya juga harus mengeluarkan biaya lebih banyak untuk melakukan service. Bahkan bisa jadi kalau ditotal tidak ada bedanya dengan membeli baru. Karenanya perlu cermat terlebih dahulu ketika memilih mobilnya.

Berhutang memang bisa menjadi solusi apabila sedang kesulitan dalam melunasi pembayarannya. Namun cara ini Kami rekomendasikan untuk tidak dilakukan. Karena berhutang akan menambah beban finansial dikemudian hari. Kuatkan pada perencanaan di awal, apabila dirasa masih belum mampu, sebaiknya menunda atau menurunkan pilihan mobilnya.

Membeli mobil bisa membantu serta meringankan berbagai kegiatan. Terutama ketika memerlukan transportasi untuk bepergian jauh. Dengan mengendarai mobil sendiri, bisa lebih bebas serta privasi bisa terjaga. Namun harganya masih cukup mahal. Karenanya menggunakan pembayaran cicilan mobil masih diminati, tetapi harus direncanakan dengan hati – hati.