motor matic terbaru

Tips Memilih Motor Matic Terbaru untuk Kegiatan Sehari-hari

Motor matic terbaru saat ini dibeli bukan hanya sekedar untuk kebutuhan transportasi sehari-hari saja. Ada beberapa orang membeli sebuah kendaraan roda 2 karena hobi atau hanya sekadar ingin di koleksi. Namun apapun itu alasannya, tentu tidak boleh sembarang membeli sebuah kendaraan bermotor tanpa pengetahuan.

Kamu perlu mempertimbangkan banyak hal sebelum benar-benar membelinya untuk dipakai sehari-hari. Apalagi, kendaraan matic roda 2 hampir setiap tahun selalu ada varian terbarunya. Membeli hanya dari tren yang sedang populer akan merugikan. Apalagi jika kamu masih belum sepenuhnya memahami dunia otomotif.

Namun, sebenarnya ada beberapa tips memilih motor matic untuk keperluan sehari-hari. Tentunya tidak semua orang bisa cocok dan nyaman dengan satu motor. Ada beberapa orang yang hanya nyaman mengendarai motor tertentu, misalnya matic. Oleh sebab itu, berikut adalah tips memilih motor matic.

Perhatikan Pengalaman Berkendara agar Sesuai Antara Motor dan Pengguna

Meskipun sama-sama motor matic terbaru, namun setiap pabrikan mengeluarkan dengan model dan tipe berbeda. Jika ingin kamu gunakan untuk keperluan sehari-hari, maka jangan beli motor yang susah dikendarai. Pada dasarnya ada beberapa jenis motor yang dibuat untuk pembeli pemula hingga ahli.

Perhatikan juga motor matic tersebut kamu beli untuk siapa. Apakah kamu pakai sendiri atau orang lain. Jika untuk diri sendiri, tentu akan lebih mudah menyesuaikannya. Namun jika untuk orang lain, maka setidaknya pahami karakter orang tersebut apakah cocok dengan motor tersebut atau tidak.

Viral :   Tips Memilih dan Mengganti Velg Mobil Ring 17

Pengalaman berkendara juga termasuk kesesuaian pengguna dengan motor. Misalnya postur tubuh yang kamu miliki tidak terlalu tinggi. Maka jangan memilih kendaraan yang tinggi karena akan sangat sulit mengendalikannya. Lebih baik menyesuaikan ukuran dan bodi motor sesuai dengan postur tubuh supaya lebih mudah.

Pahami Frekuensi Pemakaian dengan Benar

Maksud frekuensi pemakaian disini adalah seberapa sering kamu menggunakan motor matic terbaru tersebut. Ada beberapa orang membeli kendaraan keluaran terbaru hanya untuk koleksi atau mengikuti tren saja. Namun ada juga orang yang membeli kendaraan roda 2 untuk kebutuhan kerja atau sekolah.

Jika kamu ingin membeli motor untuk keperluan kerja atau sekolah, maka pastikan memiliki mesin yang prima. Umumnya untuk ukuran motor matic biasanya berada pada angka 115 cc hingga 225 cc. Penggunaan secara rutin setiap hari jelas membutuhkan kapasitas mesih tinggi sehingga bisa mencukupi kebutuhan.

Namun jika kamu hanya membelinya hanya karena ingin di koleksi, tidak masalah membeli dengan kapasitas mesin sedang. Tujuanya adalah supaya kamu tidak ketinggalan tren motor keluaran terbaru. Hal ini juga biasanya dipakai untuk kepentingan status sosial di lingkungan sekitar sebagai pecinta otomotif.

Hitung Juga Besarnya Biaya Perawatan

Jangan lupa ketika membeli sebuah motor matic terbaru kamu juga perlu memperhatikan biaya perawatan. Bukan berarti ketika biaya pelunasan sudah diberikan maka tanggungan biaya lain sudah tidak ada. Perlu diketahui bahwa kendaraan bermotor bisa dijalankan ketika ada bahan bakar yang diberikan.

Viral :   6 Aturan Peminjaman Tool Set dan Perkakas

Setiap jenis dan tipe kendaraan nanti akan berbeda juga biaya perawatan. Misalnya pemberian oli yang cocok untuk mesin supaya mesin tetap dalam kondisi prima. Bahan bakar apa yang sesuai dengan tipe mesin sehingga bahan bakar bisa lebih awet hingga berapa berapa harga onderdil aslinya.

Misalnya jika kendaraan ini kamu pakai setiap hari dengan jarak tempuh yang jauh, maka pasti perlu sering diservis. Hitung biaya berapa yang perlu dikeluarkan dalam sekali servis. Belum lagi jika nanti ada onderdil yang perlu diganti ketika rusak.

Ketersediaan Suku Cadang yang Resmi

Jika ada bagian kendaraan yang rusak dan perlu diganti, maka kamu membutuhkan suku cadang. Masalahnya adalah saat ini ada 2 jenis suku cadang, resmi dan tidak resmi. Keduanya sama-sama bisa dipakai untuk menggantikan bagian yang hilang. Namun kualitasnya tentu jelas ada perbedaan besar.

Suku cadang disediakan oleh dealer atau bengkel motor. Namun jika kamu membeli motor dan tidak ada bengkel resminya di sekitar rumah maka akan cukup menyulitkan. Kamu nanti hanya akan mendapatkan suku cadang yang bukan asli meskipun bisa dipakai.

Membeli motor baru memang sebuah cita-cita dari banyak orang. Namun bukan berarti kamu bisa sembarangan membelinya tanpa memperhatikan hal teknis. Setidaknya pemahaman terhadap otomotif bisa dipahami sedikit. Hal ini akan membantu ketika kamu akan membeli motor matic terbaru di dealer dekat rumah.