Membersihkan Jok Mobil

Cara Membersihkan Jok Mobil di Masa Pandemi

Jok mobil adalah bagian penting dalam sebuah kendaraan atau alat transportasi. Komponen tersebut dapat mempengaruhi tingkat kenyamanan pengguna dalam mengendarai mobil. Di samping itu, komponen ini dapat dimodifikasi sehingga menghasilkan tampilan interior kendaraan lebih menarik.

Jok pada mobil dapat dimodifikasi melalui penggantian sarung. Sarung tersebut mempunyai berbagai macam jenis. Terdapat jenis permanen sampai semi permanen. Kamu dapat memilihnya sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Setiap jenis mempunyai kelebihan, kelemahan dan fungsinya masing-masing.

Setelah membeli kendaraan, merawatnya adalah hal yang wajib dilakukan. Apabila kotor, tentu harus dibersihkan. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang, membersihkan jok mobil wajib dilaksanakan untuk membunuh virus covid-19 dan mencegah penyebarannya. Kamu wajib rajin membersihkan barang-barang milikmu supaya terbebas dari penyakit mematikan tersebut.

Panduan Tepat Memilih Jok untuk Mobil Agar Kamu Merasa Nyaman

Saat membeli mobil, jok telah menjadi satu paket dalam produk tersebut. Namun seiring waktu, umumnya pengguna ingin menggantinya demi memiliki tampilan mobil yang lebih menarik atau lebih mewah. Selain karena penampilan, penggantian tersebut bertujuan agar kendaraan lebih nyaman ketika dipakai. Perjalanan panjang menjadi tidak melelahkan.

Sebelum mengganti jok mobil, pahami dulu jenis-jenis, model, tipe pemasangan, warna hingga jahitan pada komponen kendaraan tersebut. Dengan begitu, kamu mampu melekukan modifikasi interior kendaraan dengan tepat. Kendaraan kamu akan tampak indah dan nyaman dipakai.

Pertama, harus mengetahui jenis jok. Jenis yang beredar dipasaran terdiri atas beberapa macam, yakni kulit asli, kulit sintetik, tenun dan kain. Telah tampak melalui namanya, produk kulit asli diproduksi dari bahan kulit asli. Biasanya, tipe tersebut menggunakan kulit sapi. Sementara jenis kulit sintetik diproduksi dari bahan kulit sintetik atau buatan.

Viral :   Begini Cara Mudah Memilih Kaca Film Mobil Berkualitas

Jok kulit asli mempunyai kelebihan dari segi kualitas dan keawetan produk. Sementara produk kulit sintetik mempunyai kelebihan dari segi harga dan variasi warna. Kelemahan dari kulit asli adalah harga dan perawatan produk terbilang mahal. Sementara produk kulit sintetik rawan sekali tergores dan lebih cepat rusak.

Kedua, mengenai tipe pemasangan produk. Terdapat 2 tipe pemasangan, yakni paten dan sarung. Pemasangan tipe paten dilaksanakan melalui penggantian bahan pelapis jok. Dalam cara ini, bahan lama disingkirkan kemudian diganti dengan bahan baru. Selanjutnya, tipe sarung. Yakni dengan memasangkan sarung baru pada jok lama.

Ketiga, mengenai model jok. Model yang biasa dipakai adalah model standar. Sementara variasi yang lain adalah model kerut, garson, sporti dan lain-lain. Untuk memilih model, kamu harus menyelaraskannya dengan ukuran kendaraan dan tema interior. Hal ini dilakukan agar tampilan interior tampak cantik namun tetap mendukung kenyamanan.

Ketiga, mengenai warna. Sesuaikan warna jok dengan warna mobil kamu. Selain itu, sesuaikan pula dengan warna jahitan. Kamu bisa memilih berbagai paduan warna untuk berkreasi. Terakhir, mengenai model jahitan. Terdapat jenis double stich, lis dan selang. Sesuaikan tampilan jahitan dengan tampilan interior.  

Tips Membersihkan Jok Mobil Kamu dari Kotoran yang Mengganggu

Kendaraan harus senantiasa bersih baik bagian luar maupun bagian dalamnya. Terutama adalah bagian jok. Apabila komponen tersebut kotor, maka akan mengganggu penumpang sehingga merasa tidak nyaman ketika berkendara. Komponen tersebut seringkali menjadi kotor karena debu atau kotoran lain yang disebabkan barang-barang yang dibawa oleh penumpang.

Viral :   Apa Itu Nano Ceramic Coating & Kelebihan Kekurangannya

Pertama, cara membersihkan jok berbahan kulit. Kamu harus mempersiapkan vacuum cleaner, detergen khusus, ember dan kain. Singkirkan berbagai debu memakai alat vacuum cleaner. Setelah itu, masukkan air hangat dan detergen ke dalam ember. Kemudian, celupkan kain ke dalamnya. Lalu, gosokkan pada jok.

Gosok secara perlahan sampai bersih. Setelah itu, lap menggunakan kain basah untuk menyingkirkan sisa detergen. Setelah itu, lap menggunakan kain kering untuk menghilangkan sisa air pada komponen mobil tersebut. Jangan meninggalkan komponen tersebut dalam keadaan basah.

Kedua, cara membersihkan jok berbahan kulit sintetik. Gunakan campuran air dan larutan pembersih kaca atau sampo. Jangan memakai detergen apalagi alkohol. Masukkan campuran tersebut ke dalam botol penyemprot. Kamu bisa membeli botol baru di toko atau menggunakan botol bekas.

Semprotkan campuran tadi ke seluruh bagian jok lalu gosok memakai sikat gigi atau sikat halus. Lalu, lap memakai kain beberapa kali untuk menghilangkan sisa kotoran, residu cairan pembersih dan air. Pastikan seluruh permukaan kering.

Membersihkan bagian dalam dan luar mobil diperlukan untuk merawat kendaraan tersebut. Terdapat berbagai macam cairan pembersih sesuai dengan jenis bahan pembuat komponen mobil tersebut. Gunakan cairan pembersih dan cara pembersihan jok mobil sesuai bahan pembuatan komponen interior kendaraan kamu.

Kata Pencariancara reparasi jok mobil